Monday, 28 January 2013

Manisnya Warisan???

Sebenarnya agak riskan nulis tentang warisan. Karena aku sendiri ga tau tentang ilmunya. Tapi entah kenapa warisan selalu saja mengambil banyak korban. Banyak silaturahmi yang terputus karena warisan. Aneh bin ajaibnya kadang tanah cuman semeter aja kok mpe ngototan gitu ya.

Jadi kurang lebih dua tahun yang lalu kakaknya mbah putri meninggal, kami memanggilnya mamih. Kebetulan beliau memang ga punya anak. Beliau mengangkat anak dari mbahku alias bu likq. Waktu suaminya mbah mamih sakit - sakitan beberapa saudara sudah menyarankan agar membalik namakan tanah atas nama bu likq. Karena kalau mereka meninggal bu likq yang selama ini mengurus mereka ga akan dapat apa - apa. Orang masih hidup aja banyak yang ribut masalah warisan. Waktu mau atas namain tanah paka nama bu likq pun ada sodara yang sirik dan ga setuju. sampai akhirnya pak dhe q turun tangan hadep ke pak camatnya. Pak dheq sampai bilang apa salah kasih tanah yang ga seberapa buat anak yang selama ini ngurusin mereka tanpa pamrih?" akhirnya pak camat tanda tangan dan urusan jadi gampang. bahkan aslinya sech bu likq juga di suruh mbalik nama rumah mereka biar ga rebutan sodara - sodara yang rese. tapi bu likq ga mau karena takut nanti masalah di bilang serakah.

beberapa waktu setelah meninggal mamih aku baru sempat pulang dan heran karena ayahku pulang larut malam. usut punya usut ternyata bahas warisa, Hah?????? kata ibuq hari pertama bahas warisan ayah malah pulang jam tiga pagi!!!busyet!!! besoknya pulang jam 1 pagi!!!aku cuman melongo aja dech. Aneh nya kata ibuq sodara yang waktu mamih sakit ga nengok sama sekali tiba - tiba aja datang. Woi!!!waktu lebaran ente kemane ajeee!!!!ajaibnya masih ada yang nanyain emas - emasnya mamih. Etttdaaahhh!!!emang mamih berobat pake duit siapa?????abah mukmin pas sakit dulu pake apa?????setiap kontrol satu juta bertahun2. kebangetan banget emang!!!

Setelah hampir dua tahun akhirnya rumah lama nya di bongkar. yang bikin nyesek nich ye masa jalan yang biasa bolak balik ditutup!!!duuhhhh peliitt amaattt yaaa....itu harta warisan bukan beli sendiri khan yaaa????itu juga di bongkar karena di desak2. bu likq sebenarnya pengin banget ngebeli rumah lama tapi duitnya ga ada. mau bongkar juga ga asal bongkar. Untungnya bagian mbahq ga di apa2in. Mbah emang minta nya kamar mamih aja biar ga usah di bongkar.

Akhirnya kemarin mulai di bongkar. Sekalian bikin dapur baru buat rumah yang lama karena dapur lama di bongkar. Ajaib ya...seberapa nikmat ya dapet warisan????padahal tadinya mamih ga mau tuch hartanya di bagi2 buat keponakan - keponakan yang ga tau diri itu!!yang lebaran ga pernah dateng!yang sakit nengok aja enggak. heelloooo tukang ayam bakar depan rumah aja mpe kaget. dulu pas sakit yang dateng itu - itu aja, eh pas bagi warisan tu halaman penuh banget motor.

Harta yang paling berkah adalah harta yang di peroleh dengan keringat sendiri. Harta yang berkah, bukan harta yang ga geunah. Jadi inget haji muhidin. Busyet dah kayak gitu dah sodara - sodaraq yang resek.  eitss yang resek sodara jauhhh yaaa.. kalo kayak pak dhe, bu lik , pak lik, bu dhe ga da yang rese dong...hihihi.


3 comments:

  1. glek. miris liatnya. jadi inget rumah simbah yang akhirnya dibeli bapak gara-gara sodara yang lain maunya dapet duit aja. padahal kenangan di rumah lama itu harusnya yang dijaga. -.-" sabar-sabar aja, mba

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. sangat disayangkan jika hanya harta persaudaraan akan rusak. Belajar hidup sederhana dan menjadi besar atas usaha sendiri jauh lebih baik :)

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text