Monday, 29 July 2013

Kuliah Ramadhan #17 Adab menjadi Imam



            Kuliah subuh kali ini (26/7/2013) di isi oleh ust. A. Fauzi. Sebenarnya beliau sempet bercerita sesuatu tentang Imam Ghazali, tapiii ada insiden yang cukup membuat kuliah subuh sempat terhenti. So, aku juga jai ga konsen lagi denger ceritanya.
            Maksud dari isi ceramah kali ini adalah agar merka para lelaki yang menjadi imam punya ilmunya. Karena ada adab – adab yang harus bisa dilaksanakan untuk menjadi imam. Oke dech yuk kita cek bareng – bareng.
1. Imam dalam memimpin sholat tidak boleh terlalu lama. Kenapa? Karena barangkali ada makmum yang punya urusan lain. Tidak boleh terlalu lama bukan berarti harus ngebut lho bukan berarti ga khusyuk juga. Rasulullah sendiri mengajarkan saat menjadi imam. Tidak terlalu lama tapi tidak terlalu cepat, ringan tapi sempurna. Kalau ingin berlama – lama alangkah lebih baik bila sholat sendirian.
2. Tidak boleh Takbiratul ihrom sebelum iqamat selesai.
3. Imam tidak boleh takbiratul ihrom sebelum shafnya bener. Nah!makmum juga harus tahu diri. Saat iqamat segera merapikan shaf.
4. Imam takbirnya harus keras agar terdengar oleh makmum. Sedangkan makmum takbir suaranya untuk dirinya sendiri.
5. Imam harus niat jadi imam. Kalau ada makmum masbuk terus ada yg ngikutin dari belakang dan member tanda untuk menjadi imam (dia ga tahu kalau ternyata yg dia ikutin itu makmum masbuk) ya ga papa. Di perbolehkan.
6. Baca Iftitah dengan pelan.
7. Imam membaca surat Al- Fatihah dan surat lain harus keras bila sedang sholat subuh dan 2 rakaat awal sholat maghrib dan isya. Kenapa? Karena supaya makmum tidak ngantuk.
8. Amin harus keras bila Al- Fatihahnya keras.
9. Idealnya Imam sehabis membaca Al- Fatihah harus menunggu makmum untuk membaca Al-Fatihah. Tapi bila tidak memungkinkan cukup beri jeda sebentar.
            Itu tadi adab – adab menjadi imam menurut ceramah kuliah subuh yang aku ikutin. Semoga bermanfaat apalagi buat para lelaki yang akan menjadi imam bagi keluarganya. Terima kasih ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text