Saturday, 13 July 2013

Kuliah Subuh #3 Cerita Sahabat Rasulullah



            Kuliah subuh kemarin (12/7/2013) sebenarnya lebih banyak cerita sech. Tapi cerita yang sangat bermanfaat dan selalu menjadi sesuatu yg baru buat aku. Ketahuan dah jarang ngaji hehehe. Kebetulan yang mengisi kuliah subuh adalah ust. A.Fauzi beliau adalah salah satu pengajar di MDA Al-Banin.
            Ramadhan seharusnya sudah di persiapkan jauh – jauh hari oleh kamum muslimin pada bulan syaban dan Rajab. Dimana di sunahkan berpuasa agar badan nanti tidak terlalu kaget. Di biasakan lagi membaca Al-Quran agar pas Ramadahan bisa lebih baik lagi. Yang punya hutang puasa biar segera di bayar. Ibarat rumah yang lagi beres – beres karena mau kedatangan tamu agung.
            Oiya, ada sebuah cerita yang di kisah kan di sebuah kitab (aku lupa ga nulis habis takut salah susah namanya) tentang syech Lukman Hakim. Suatu hari syech Lukman disuruh oleh majikannya untuk menyembelih kambing. Lalu majikannya bilang ambilkan organ yang paling baik untukku. Sisanya terserah mau di bagi – bagi kemana. Coba organ apa yang diberikan oleh syech Lukman Hakim ke majikannya? Organ tersebut adalah Al-qolbu wa lisan yaitu Hati dan Lidah.
            Kemudian majikannya menyuruh Syech Lukman untuk menyembelih kambing lagi. kemudian majikannya bilang “sisakan organ yang paling buruk untukku”. Lalu apa yang di berikan Syech Lukman? Tetap sama Hati dan Lidah! Hati dan Lidah bisa menjadi baik bila kita terus berprasangka baik dan mengucapkan hal – hal yang baik. Tapi bisa menjadi sumber penyakit bila kita selalu berprasangka buruk yang menyebabkan penyakit hati, dan selalu berbicara jelek.
            Ada lagi sebuah cerita tentang salah satu sahabat nabi. Suatu ketika nabi sedang berkumpul dengan semua sahabatnya. Tiba – tiba nabi berkata “akan ada ahli surga yg datang” tiba – tiba saja sahabat Saad bin Abi waqosh datang. Rasul pun tersenyum. Tiga hari nabi mengucapkan hal yang sama dan selalu saat sahabat Saad bin Abi Waqosh yang datang. Sahabat nabi Abdullah pun langsung menemui Saad ddan bertanya apakah di ijinkan ia menginap disini selama tiga hari?karena Abdullah sangat ingin mengetahui apa sebenarnya amalan yg dilakukan Saad hingga nabi mengucapkan ia ahli surga.
            Selama tiga hari disana tidak ada yang istimewa. Apa yang dilakukan Saad menurut Abdullah biasa saja, bahakan banyak sahabat yang amalannya lebih dari Saad. Abdullah pun bertanya sebenarnya amalan yang membuat Saad di sebut oleh Rasulullah sebagai ahli surga?
            Rupanya sebelum tidur Saad selalu mengingat apakah hari ini ada orang yang ia sakiti lewat mulutnya?apakah hari ini ia pernah berprasangka buruk kepada orang lain? Jika ada org lain yang menyakiti maka ia akan memafkan tulus ikhlas,jika ia yang menyakiti orang lain maka ia memohon ampun kepada Allah dan mengirimkan Al-fatihah, bila esok hari bertemu lagi maka ia akan meminta maaf.  Itulah yang membuat ia di sebut sebagai ahli syurga oleh Rasul karena berusaha menjaga lidah dan hatinya.
            Setiap muslim yang rajin sholat dan mengaji maka rumahnya akan terang di lihat dari langit seperti bintang terang. Para malaikat pun akan tahu rumah siapa yang penghuninya selalu mengaji karena betapa terangnya sinar rumah itu.
            Ust. A. Fauzi pun menyebutkan beberapa puasa sunah yang mulia diantaranya adalah :
a.  Puasa Arafah : bagi kaum muslimin yang sedang berhaji memang tidak berpuasa. Tapi bagi mereka yang sedang berhaji maka di sunnahkan untuk berpuasa.
b.10 Muharam
c. 10 hari di bulan muharam dari tanggal 1 – 10
d. 10 dzulhijah
e.  Syaban
f.  Rajab
Itu tadi kuliah subuh yang kemarin, mudah – mudahan bermanfaat ya..sekali lagi aku hanya berusaha membagi apa yang aku terima di kuliah subuh. Kalau ada yang berbeda pendapat mohon jangan jadi ajang debat. Terima kasih ya sudah mampir…

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text