Friday, 12 July 2013

Kuliah Subuh #2 Sunah Jumat dan Serba - serbi Syahwat



            Kuliah subuh hari kamis (11/7/2013) di isi oleh ust Solichun. Kalau kalian tinggal di daerah debong kidul Tegal Selatan pasti kenal hehehehe. Atau yang aktif di madrasah di seluruh kota tegal harusnya juga tahu beliau. Beliau ini ketua FKMD kota Tegal. Ketuanya para madrasah di Tegal. Kebetulan madrasah di tegal lagi mau bangkit dari tidurnya yg terlalu panjang. Oke baiklah mari kita mulai.
            Pernah ada yg mendengar puasa putih? Jadi ini puasa sunnah yg dilakukan setiap tgl 13,14,15 bulan hijriyah bukan masehi. Aku juga baru tau puasa ini. Sayang pas di ceritain puasa ini aku keburu kebelet pengin pipis. Oiya, ada yang tahu kenapa puasa Ramadhan 30 hari?selain karena bulannya lho ya. Jadi hal ini dikarenakan nabi Adam merasakan buah khuldi sampai 30 hari. Setelah 30 hari itu Allah baru menerima taubatnya nabi Adam.
            Ada waktu – waktu dimana Allah akan mengampuni dosa – dosa kita
1. jika kita sholat lima waktu dengan benar maka Allah akan mengampuni dosa – dosa kita. Itu baru sholat wajib gimana kalau sunnah – sunnahnya juga di lakuin ya?
2. Ada dosa yang di ampuni satu minggu sekali, yaitu bila mengerjakan Sholat Jumat. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Berangkat kalau bisa sebelum adzan mengumandang, di sunnahkan memakai pakain putih dan memakai wewangian. Sholat jumat merupakan hajinya bagi mereka yang tidak mampu. Terus kalau cewe gimana? Bisa dilakukan dengan mandi tapi niatnya sunah mandi jumat. Buat laki – laki kalau sekiranya ga bisa mandi dulu sebelum jumatan, maka saat mandi pagi di niatin aja sunah mandi jumat jadi bisa dapet pahalanya contohnya : buat pekerja, siswa yg sholat jumatnya di sekolah.
3. Allah mengampuni dosa orang muslim pada bulan Ramadhan. Musuh utama manusia itu adalah syaiton. Karena syaiton itu mencuptakan syahwat dan puasa menyerang syahwat kita. Karena syahwat membuat kita lupa akan ibadah.
a. syahwat memperbanyak makanan dan minuman.
            Puasa terkadang malah memperbanyak makanan. Suka kalap kalau melihat makanan. Padahal cukuplah berbuka dengan hal yg manis dan makanan berat yg biasa saja juga sudh kenyang ya. Kalau kekenyangan maka sholat taraweh pun akan jadi berat karena perut yg terlalu penuh. Kalau sperti ini kita belum bisa menahan syahwat makanan dan minuman.
b. Jimak atau berhubungan suami istri.
            Pada saat bulan ramadhan jimak di ijinkan saat berbuka puasa sampai waktunya subuh datang. Jadi kalau sudah ada imsak maka lebih baik suami istri untuk tidak melakukan jimak karena nanti terkena Kifarat. Oleh karena itu bila memang saat puasa akan tidur dan jika merasa imannya lemah maka dipisah saat tidur dalam kondisi puasa. Oiya, bila sang istri tidak sengaja memegang suami missal di tangannya kulit dengan kulit dan suami langsung mengekuarkan sperma, maka hukum puasanya batal. Tapi bila ada penghalang di kulit maka tidak batal.
c. syahwat tidur.
            Sebenarnya di ijinkan tidur atau di sunahkan tidur bagi mereka yg berpuasa bila menghidupkan malam – malam di bulan Ramadhan.
            Bulan Ramadhan tidak seharusnya menjadi kita bermalas – malasan. Kalau pun tidur orang puasa dapet pahala bagaimana kalau kita beraktivitas. Bekerja juga ibadah kalau di mulai dengan bismillah, sekolah juga ibadah kalau dimulai dengan bismillah. Mungkin memang lemes, wajar tapi jangan sampai menurunkan semangat, tidur boleh tapi jangan sampai membabi buta banget lah.
            Itu kuliah subuh kemarin. Maaf ya baru di posting hari ini. Mudah – mudahan bermanfaat bagi teman – teman yg mampir kesini. Terima kasih…

3 comments:

  1. hehe, kasian yang udah nikah. godaan puasanya lebih berat ya, mba :D

    oya, aku baru tau tentang yang kisah 30 hari buah khuldi. berarti syaitannya kuat banget ya bisa menggoda Adam sampe selama itu. -.-a

    ReplyDelete
  2. iya mba..makanya harusnya pengantin baru habis lebaran aja kali ya hwakakakka..atau jauhhh sebelum puasa hwakakak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. tapi ada temen yang nikah sebulan sebelum puasa :D

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text