Wednesday, 31 July 2013

Kuliah Subuh #22 Lailatul Qadar dan Persiapan Lebaran



            Maaf harus ngelewatin beberapa posting kuliah subuh. Soalnya materi hari ini kayaknya pas banget dech. Yup! Materi kuliah subuh kali ini (31/7/2013) ust. Saefudin membahas tentang Lailatul Qadar. Pasti dong pada pengin mendapatkan malam seribu bulan.
            Lailatul qadar bisa di bilang merupakan salam malaikat kepada mereka ahli masjid dari maghrib sampai dengan datangnya fajar. Jadi Lailatul Qadar tidak harus tengah malam, oleh karena itu minimal kita sholat isya berjamaah plus taraweh di masjid. Kenapa? Sholat isya berjamaah sama seperti sholat separuh malam. Sedangkan sholat subuh berjamaah sama seperti sholat sunnah dari jam 12 malam sampai fajar. Kita bisa mendapatkannya tapi dalam porsi paling sedikit yaitu dengan sholat isya jamaah dan niat mau sholat subuh berjamaah.
            Asal usul Lailatul Qadar itu sendiri berasal dari orang yg berasal dari Bani Israil taat beribadah selama 1000 bulan. Lalu Rasulullah berdoa agar umatnya yang berumur pendek dibandingkan umat yang lain dan amalan yg sedikit itu bisa beribadah selama 1000 bulan. Maka Allah mengabulkan dengan memberikan Lailatul Qadar.
            Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan bila merasa sudah terlewati? Perbanyaklah baca ayat – ayat Al-Qur’an yang banyak pahalanya. Yaitu:
            1. Ayat Kursi
            2. Ayat terakhir surat Al-Baqarah.
3.Surat Az- Zalzalah pahalanya sama seperti separoh Al-Quran. Berarti kalau     menginginkan pahala satu Al-Quran maka harus membaca dua kali.
4. Surat Al-Kafirun pahalanya sama seperti seperempat Al-Quran. Jadi bisa di baca empat kali.
5. Surat Al-ikhlas.
6.Surat Yasin yang merupakan hatinya Al-Qur’an.
7. Surat At- Qadr pahalanya mendapatkan ganjaran puasa plus Al-Qur’an
            Bagian di atas yang ga aku tulis pahalanya karena pas itu aku ketinggalan dang a berani nulis andai – anadai sependengaran.



            Setelah kita melewati Lailatul Qadar, akhirnya kita harus mempersiapkan hari yang fitri. Bukan beli baju baru atau beli banyak banget makanan. Ini dia persiapannya :
1. Perhatikan Zakatnya.
        Kenapa kita harus perhatikan zakatnya? Karena sesungguhnya puasa kita masih menggantung di langit. Dan hanya lewat zakat bisa mendorong pahala puasa kita. Tapi inget! Saat zakat itu harus pakai beras yang memang biasa kita makan. Jangan kita makan sehari – hari pake beras yang harganya mahal, pas zakat malah pake yang raskin.
2. Takbiran.
        Takbiran itu di sunnahkan di mulai sehabis maghrib.
3. Makan atau minum sebelum sholat Ied.
Kenapa? Karena sunnah rasul agar bukti bahwa kita sudah tidak berpuasa.
4. Pertengahan sholat Ied di sunnahkan membaca Subhanallah wal hamdulillah wala ila ha illah huallahu akbar (maaf kalau ejaan)
5. Saat khotbah buat perempuan jangan di copot dulu.
6. Siapa yang melakukan maksiat saat Idul Fitri sama seperti berbuat maksisat di hari kiamat.
Ini materi kuliah subuh tadi pagi. Sengaja aku kebut buat posting siapa tahu bermanfaat. Kalau di posting besok takutnya di bilang basi lagi heheheh. Mudah – mudahan bermanfaat ya. Terima kasih udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text