Saturday, 10 August 2013

Kuliah Subuh #23 Empat Hari yg di rindukan Surga



4 hari yang di rindukan Syurga
            Kuliah subuh 23 Ramadhan (1/8/2013) di isi oleh Ustad  Solichun. Kuliah subuh terakhir akan di sampaikan tanggal 28 Ramadhan. Kali ini beliau membahas tentang hari – hari yang di rindukan oleh surga. Kalau di rindukan surga, Insya Allah doanya di ijabah.
            Ada empat hari yang di rindukan oleh surga.
            1. Hari Jumat.
Hari yang sangat spesial karena termasuk waktu yang di ijabah untuk berdoa. Baik untuk urusan dunia maupun akhirat. Hari jumat kita dilarang untuk berpuasa, kecuali Ramadhan pastinya. Orang yang akan berpuasa hari Jumat harus ada temannya contoh. Puasa kamis – jumat atau jumat – sabtu. Kecuali kalau ia sedang melaksanakan puasa daud. Kenapa kok ribet? Karena hari Jumat hakikatnya adalah Idul Fitri bagi kamum muslimin.
            2. Hari Arofah.
Allah mengampuni orang yang berangkat ke tanah Arofah. Bagaimana kalau belum bisa berangkat kesana? Maka perbanyaklah dzikir, sedekah dan puasa saat hari Arofa. Sedangkan mereka yang berada di tanah Arofah ber haji dilarang untuk berpuasa. Puasa sunnah di antaranya adalah puasa senin – kamis atau puasa sunnah tanggal 12,3,14 tiap bulan Hijriyah. Masih banyak puasa sunnah yang lain.
            3. Hari Raya Idul Adha.
Apabila ada orang yang muslim yang melaksanakan kurban, maka setiap tetes darah kurban tersebut akan menghapus dosanya. Padahal darah dalam tubuh hewan itu ber liter – liter ya, ini setiap tetes menghapus dosanya.
            4. Hari Raya Idul Fitri
Salah satu hal yang menjadi penyebab kenapa Idul Fitri menjadi hari yang di rindukan oleh surga adalah karena kita telah berpuasa sebulan penuh kecuali mereka yang berhalangan. Salah satu yang harus di ingat adalah orang tua yang sudah sepuh tidak bisa melakukan apa – apa menjadi tanggungan anaknya.
Pada malam Idul Fitri malaikat akan menagih janji Allah untuk memberikan pahala bagi mereka yang berpuasa dan telah menunaikan zakat fitra bagi yang mampu. Ironisnya kadang ada yang mampu tapi jadi pengemis dadakan minta – minta zakat fitra. Padahal yang di utamakan tetangga dan anggota keluarga apa yang ada kekurangan atau tidak.
            Itu tadi kuliah subuh pada hari ke 23 ramadhan. Yah sangat amat telat mungkin basi ya, tapi mudah – mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin.

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text