Sunday, 6 July 2014

Godaan Manusia



Kuliah Subuh #4 : Godaan Manusia 

            Assalamualaikum wr.wb
Kuliah sabu hari rabu (2/7/2014) di sampaikan oleh ust.H.Rohmani. beliau adalah pembimbing haji di KBIH Mambaul Ulum. Biasanya orang Tunon pasti mengenal beliau.
            Nabi Muhammad SAW berkata bahwa setiap akan datang bulan suci Ramadhan, surga berhias sepreti akan menerima tamu agung. Bahkan penduduk surga yaitu para bidadari pun bertanya “apakah akan ada tamu?” karena surga yang sudah indah di hias kembali. Allah pun bersabda bahwa surga di hias untuk menyambut Ramadahn dan menyambut para manusia yang sedang berpuasa.
Tidak ada manusia di surga. Mereka para wali Allah berda di teras surga. Karena surga akan di buka saat kiamat sudah datang. Oleh karena itu seharusnya saat Ramadhan masjid ataupun rumah di hias atau di bersihkan. Bukan pada saat lebaran.
Tujuh pinti surga di buka bagi mereka yang berpuasa. Kenapa puasa? Karena puasa merupakan ibadah yang lama. Contoh : sholat paling lama mungkin lima belas menit, ngaji mungkin paling lama sejam dua jam. Tapi puasa spesial karena ibadah yang lama.
Syech Imam Ghozali mengatakan bahwa masih di goda oleh tiga hal yaitu
Setan. Setan merupakan penggoda manusia nomer satu. Oleh karena itu agar jangan di goda oleh setan maka harus dekat dengan Allah. Perumpamaannya seperti ini : kalau kita tidak ingin di gigit anjing, maka kita harus kenal dengan pemilik sang anjing. Semakin kenal dengan pemiliknya maka sang anjing pun akan jinak dan tidak akan menggit. Jadi kita harus dekat dengan Allah karena setan merupakan makhluk Allah.
Nafsu. Menurut nabi Muhammad SAW perang badar itu masih kecil dibandingkan dengan perang melawan nafsu. Nafsu itu macem – macem yang paling berat adalah nafsu untuk pamer ibadah (selalu pasang status tentang ibadah itu riya juga ya???taakuutt).
Dunia atau Harta. Terkadang manusia karena terlalu mengejar dunia, lantas lupa bersosialisasi dengan masyarakat. Gak pernah ikut pengajian. Karena berhalanya umat Nabi Muhammad SAW adalah uang atau harta.
Dunia itu hanya fasilitasi bukan tujuan. Dunia bisa bermanfaat apabila di gunakan di jalan Allah.
Saat malam hari di bulan Ramadhan, Allah mencari hambanya yang memohon ampun dan meminta dunia kepadanya. Jangan malah nonton bola sampai lupa tahajud heheheh.
“celakalah Ramadhan sudah lewat tapi dosanya belum di ampuni”
Itu tadi kuliah subuh yang isi oleh ust.H.Rohmani. agak telat postingnya karena keterbatasn waktu (aalaasaaaaannnn!!!!). mudah – mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Oiya, bagi yang melihat kuliah subuh #3 bisa di lihat disini.
Wassalamualaikum.wr.wb

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text