Wednesday, 16 July 2014

Kuliah Subuh : Manfaat Puasa



            Assalamulaikum. Wr wb
            Kuliah subuh hari Minggu (6/7/2014) di isi oleh ust.Solichun. sudah di jelaskan ya siapa beliau. Maaf banget terlambat seminggu ngepostnya heheh. Kali ini beliau memberikan ceramah tentang manfaat puasa.
            Rasulullah pernah berkata  bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh kesabaran. Sabar dalam hal apa? Salah satunya adalah sabar dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Salah satu contoh adalah dalam melaksanakan sahur. Kita bersusah payah bangun jam 3 untuk makan sahur melawan rasa kantuk hanya ada di bulan Ramadhan.
            Sholat taraweh pun bisa menjadi bukti Ta’wadhu kenapa? Karena salah satu cara Ta’wadhu adalah dengan melakukan banyak sujud. Sedangkan dalam taraweh banyak sekali kita melakukan sujud di bandingkan bulan – bulan yang lain. hal ini juga sebagai pembelajaran agar tidak takabur kepada Allah SWT.
            Puasa merupakan ibadah SIri agar tidak menjadi orang yang riya. Kenapa siri? Karena hanya kita dan Allah saja yang tahu apakah kita puasa atau tidak. Terkadang di rumah puasa tapi diam – diam makan dan minum.
            Salah satu ciri orang yang riya atau suka pamer adalah apabila sholat sendirian cepet banget tapi kalau jamaah suka di lama – lain dalam hal doa misalnya. Atau misalkan sengaja memelankan suaranya agar terlihat wibawa. Mungkin kita tidak mengetahui kalau dia riya, tapi Allah tahu maksid hatinya.
            Riya yang paling kecil adalah orang yang beribadah tapi niatnya bukan karena Allah tapi karena orang lain (karena mertua misalnya heheheh)
            Segitu dulu ya kuliah subuhnya..mudah – mudahan bisa bermanfaat buat kita semua. Terima kasih yang udah mampir syukur – syukur bisa meninggalkan jejak heheheh

2 comments:

  1. hehe, ngebayang puasa karena takut ama mertua itu kek mana :D
    kalo ramadhan mungkin ga bisa siri ya, mba. tp kalo puasa biasa, yang hari senin kamis, itu baru bisa.

    ReplyDelete
  2. berarti kalau di rumah puasa kalau di luar ya ga puasa..tadi pas aku beli maksi mba ada cowo cerita ke temannya kalo di rumah dia puasa kalau di luar ya makan..geleng - geleng kepala dech...
    iya ya mba...kalau puasa sunnah itu yg kadang gimana gitu..

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text