Thursday, 28 August 2014

Al-Qur'an dan Inovasi




            Setelah kemaren membahas tentang buku, sekarang kita akan bahas tentang kitab umat islam di seluruh dunia yaitu Al-Qur’an. Saya agak lupa kapan pertama kali memiliki Al-qur’an sendiri. dan setelah di ingat – ingat ternyata Al-qur’an pertama yang saya beli dari uang sendiri adalah dua tahun yang lalu Azalia dari Syaamil Qur’an.
            Al-qur’an sendiri dari masa ke masa memgalami perubahan yang sangat pesat. Jaman dulu Al’quran berbentuk mushaf yang gede banget. Hal ini tentu saja mempermudah orang tua kita yang mungkin kondisi matanya sudah tidak fit lagi. Lalu kemudian mulai ada terjemahan yang membantu umat muslim untuk mengerti artinya. Walaupun karena begitu bagusnya bahasa Al’quran akan lebih baik bila menggunakan tafsir tidak hanya terjemahan.
            Perkembangan Al-Quran pun mulai terlihat dalam ukurannya. Ada yang sangat kecil seukuran saku baju. Ada yang di sertai Tajwid, ada yang berbentu e-pen dan bahkan saat ini ada Al-Qur’an mobile yang bisa di baca dalam gadget. Sehingga benar – benar mempermudah umat islam yang mobile. Syaamil Qur’an termasuk produsen yang aktif mengeluarkan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
            Saya pribadi sangat nyaman dengan Azalia. Ukurannya yang pas bisa di bawa kemana saja dan tulisannya pun tidak membuat mata menjadi lelah. Banyak yang suka meminjam Qur’an saya ketika tadarusan di dalam masjid. Rata – rata memuji bentuk ukurannya yang pas tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ditambah ada sleting yang membuat Azalia semakin bagus. Saya sudah cukup senang dengan Azalia, tapi ingin rasanya memiliki Al-quran yang di sertai Asmaul Husna beserta fadhilah dan maknany, Al Ma’tsurat, dan sejarah dari masing – masing surat.

            Masyarakat memiliki kebutuhan yang berbeda – beda dalam menggunakan Al-Quran. Ada yang ingin membaca sambil belajar tajwid, ada yang butuh mushaf yang besar, ada yang butuh mushaf yang kecil, bahkan ada yang senang apabila sampul Qur’an menarik. Banyak sekali produk Qur’an yang ada tentu kita sudah tidak punya alasan lagi untuk tidak membacanya.
            Banyaknya Inovasi terhadap Al-Qur’an tentu saja jangan sampai menghilangkan nilai dan fungsinya. Jangan sampai udah di beli mahal – mahal tapi jarang di baca. Belilah Al-Qur’an sesuai dengan kebutuhan kita. Al-Qur’an yang membuat kita serasa ingin terus membaca. Karena apabila sudah tidak ada lagi lantunan ayat – ayat suci, maka sudah di pastiakan kimat akan terjadi.
            Lomba Blog #PameranBukuBdg2014

1 comment:

  1. Aku sukaaa azalia ini, nyaman buat dibawa. Apalagi ada 3 tali pembatas, jadi enak kalo dipinjem temen masih bisa buat nandain punya kita juga.

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text