Wednesday, 27 August 2014

Buku Anak :Selamatkan anak kita!



            Sebanarnya kalau ditanya tentang bukua anak, bakalan angkat tangan dech. Sumpah ya!aku ga inget sama sekali waktu kecil pernah baca buku anak – anak apa enggak. Lupa – lupa inget pernah baca buku lima sekawan atau gak ya?. dulu jaman kecil lebih suka baca komik sech hehehe. Paling banter ya kisah dongeng nusantara sama kisah para nabi Mungkin karena waktu itu buku anak – anak tidak se colourful sekarang sehingga ya agak malas bacanya. Anak kecil khan biasanya suka yang ada gambarnya ya hehehe. Apalagi ditambah sekolah yang tidak memiliki perpustakaan yang memadai. Sehingga kurang merangsang baca anak.
            Sebenarnya criteria bacaan anak itu seperti apa sech?apakah buku anak tentang khayalan atau tentang moral – moral kehidupan. Paling banter ya tentang fabel. Saya bukan ahli banget sech dalam hal buku anak, tapi alangkah baiknya memberikan buku anak tanpa embel – embel khayalan. Salah satu contoh adalah apabila ada unsur peri. Peri tersebut membantu si anak. Kalau menurut saya pribadi itu berarti mengajarkan anak untuk meminta bantuan kepada makhluk lain bukan dengan TUhan.
            Buku anak selain harus gampang di cerna juga harus membuat si anak jadi mengerti maksud cerita tersebut. Sayangnya, buku anak yang berkualitas sekarang ini harganya sangat mahal. Sehingga bagi mereka keluarga yang kurang beruntung akan sulit mendapatkannya. Bahkan perpustakaan daerah pun terkadang tidak bisa memyediakan buku – buku anak yang benar.
            Saat ini memang sudah seharusnya orang tua mulai peduli dengan bacaan anak. Karena terkadang bacaan yang anak baca tidak sesuai dengan umurnya. Orang tua sekarang harus peduli dengan bacaan anak, Apalagi saat ini anak – anak menjadi perhatian karena berbagai kasus tentang pelesehan.
            Yuk, selamatkan anak – anak kita dengan bacaan anak yang berkualitas. Tidak ada salahnya membacakan buku anak sebelum tidur. Atau mendongengkan pahlawan - pahlawan. Atau memberikan buku tentang sahabat - sahabat Nabi dengan warna warni. lebih baik lagi bila orang tua menemani anak membaca buku. Hal ini juga dapat merangsang si anak dan merekatkan hubungan dengan orang tua. kenapa? karena pasti si anak akan banyak bertanya kepada orang tua.
Lomba Blog #PameranBukuBdg2014



3 comments:

  1. aku jg krg suka buku anak ttg cerita pangeran tampan n putri cantik. itu bukan buat anak2. cerita anak yg baik mengajarkan keteladanan, boleh sedikit fantasi tp tidak mengabaikan kebesaran Tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya uni..ternyata harus seleksi ya buat cari bacaan anak...makasih ya uni...

      Delete
  2. Buku anak yang nabi2 itu naksir deh, nabung lagi ah. Nanya ke fifi harganya jeti2an. Heuheu :D

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text