Friday, 29 August 2014

Gengsi atau Kebutuhan?


            Perkembangan gadget saat ini memang sangat luar biasa pesatnya. Hampir setiap bulan selalu saja ada produk – produk baru yang di luncurkan. Semua perusahaan seakan – akan berlomba untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Handphone android, tablet, blackberry dan lain – lain. Apalagi saat ini sangat mudah mendapatkan gadget tersebut dengan harga yang terjangkau. Tentu sja ada harga ada kualitas dan hal ini tidak bisa di pungkiri. Tak jarang gadget tersebut sudah di bundling dengan konten – konten yang menarik. Ada konten games, social media, konten islami dan lain sebagainya.
            Namun yang menarik apakah semua konten tersebut sesuai yang kita butuhkan? Ibu saya sendiri yang memiliki gadget android pun tidak memaksimalkan konten – konten tersebut. bagi beliau yang penting bisa sms dan telpon. Bahkan beliau baru sadar bahwa dalam gadget terdapat aplikasi note. Tentu aplikasi ini bermanfaat bagi beliau yang sering ikut rapat PKK. Kalau sudah begini tentu tak penting lagi konten – konten yang ada di gadget tersebut. Karena hanya mementingkan fungsi dari gadget tersebut. Tak jarang juga beberapa orang memiliki gadget canggih hanya untuk gengsi agar bisa di sebut update. Padahal pemanfaatan gadget tersebut mungkin tidak samapai 80 %. Kalau sudah seperti ini tentu menjadi sayang sekali.
            Saya pribadi kalau memiliki gadget yang canggih, tentu ingin memiliki konten yang sesuai kebutuhan. Tidak hanya social media tapi juga konten – konten yang pas untuk beribadah. Salah satunya konten Islami seperti Al-qur’an mobile. Tentu konten tersebut sangat bermanfaat daripada melamun tentu akan lebih baik memanfaatkannya untuk mengaji. Karena salah satu kelebihan Al-Qur’an mobile adalah kita tidak perlu berwudhu dulu. Tentu saja aplikasi note juga di perlukan. Toh, ide menulis ada di mana – mana sehingga harus segera di tulis.
            So, gadget mahal seharusnya bisa di manfaatkan sebaik – baiknya oleh pengguna. Jangan sampai membeli mahal hanya untuk gengsi semata. Hanya untuk memenuhi keinginannya supaya sama dengan yang lain. Padahal setiap orang memiliki kebutuhan gadaget yang berbeda. Mulai lah dengan bijak dalam memilih gadget.
           
           
Lomba Blog #PameranBukuBdg2014

1 comment:

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan aja ya, mba. Ada juga temen dari Blogger Buku yang lebih suka beli gadget khusus buat baca ebook, lupa aku namanya apa. Tapi worth it to buy, bisa buat nampung ebook sampai ribuan, hehe. Jadinya hemat tempat buat nyimpen buku :D

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text