Jajanan Khas Bandung



            Setelah liburan lebaran, akhirnya bisa ngeblog lagi. Kali ini pengin bahas tentang jajanan khasBandung. Gara-gara kemaren ga bisa mudik ke Bandung hiks. Padahal kalau ke Bandung itu banyak banget jajanan yang harus dan wajib di coba. Aku tulis jajanan favoritku selama di bandung. Siapa tahu ada yang ke Bandung dan butuh referensi.
1.      Kue Balok.
Ada yang suka nonton preman pensiun? Salah satu tokohnya yaitu kang komar biasanya nyuruh anak buahnya buat beli kue balok. Nah! ini termasuk jajanan khas Bandung yang paling aku kangenin. Jajanan ini kebtulan di jual dekat rumah nenek. Yaitu di sekitar pasar astana anyar Jl.Panjunan. Biasanya pagi hari udah penuh sama pembeli yang notabene lagi pada nungguin para ibu-ibu belanja sambiol ngopi. Jajanan ini memang pas banget buat menemani kopi di pagi hari. cukuplah empat kue balok buat mengganjal perut. Jajanan ini paling enak kalau di santap hangat-hangat. Oiya saya juga pernah bahas kue ini disini
.


2.      Mipan.
Agak susah mendeskripsikan kue ini. Kenyel-kenyel di siram dengan gula merah rasanya manis dan adem di tenggorokan. Biasanya kalau saya ke Bandung bukan dalam liburan lebaran, pasti nenek pagi-pagi sudah beliin. Kebetulan beliau tahu kontrakan yang jualan mipan. Mipan ini biasanya di jual pake gendongan dan jarang banget mangkal.
3.      Batagor Kuah
Kayaknya kalau batagor kuah udah pada tahu kali ya. Kalau ke Bandung belum makan batagor kuah kayaknya kok kurang mantap. Saya sendiri pertama kali mencoba jajanan khas Bandung ini sekitar dua tahun yang lalu di kaki lima daerah masjid Agung Bandung. Tapi jajanan ini juga bisa kamu temuin di Jl.panjunan namanya Batagor ihsan. Saya biasanya suka nambah dua porsi hehehe.
Pertama kali menikmati batagor kuah langsung nambah heheeh

4.      Kue Ape
Kue Ape ini juga banyak di temui di sekitar masjid Agung Bandung. Bentuknya mirip serabi solo tapi warnanya ijo dan lebih manis. Harganya juga murah waktu itu seribu dapat dua tangkep. Lumayan buat nemenin jalan-jalan.
5.      Surabi
Makanan yang satu ini pasti semua sudah pada tahu ya. sayangnya, rasa kangen sama kue ini belum bisa terobati. Susah cari surabi tradisional yang masih eksis. Rata-rata pasti sudah di modifikasi. Padahal makanan ini kesukaan saya dari jaman TK. Surabi telor oncom wah lumayan bisa buat sarapan.
Sebenarnya banyak jajanan khas Bandung yang wajib di coba. Tapi menurut saya Jajanan inilah yang membuat saya rindu dengan kota Bandung. So, kalau ke Bandung jangan lupa buat coba jajanan ini ya.
Kalau di kota kalian ada jajanan apa aja?

11 komentar

  1. Catet ah. Kali aja bisa nyicip pas ke bandung lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hwuaaa kalo ke bandung siapin perut kosong dan dompet tebel hihihih

      Hapus
  2. mipan tuh yang sudah jarang aku makan sekarang... dimana ya belinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan yang jualan mipan ngontrak deket rumah nenek..jadi kalau ke Bandung pagi-pagi udah sedia mipan hehehe...makasih udah berkunjung..

      Hapus
    2. Info dooonk...
      Yg jualan kue mipan dimana....?
      Klo pun musti hunting di daerah mana dan jam brp biasanya beredar... Hikkkss PR bgt nie suruh cari kue mipan... Please info.... Thanks 🙏

      Hapus
    3. kalau aku belinya di jl. Panjunan gang hidayah coba aja tanya yang jual mipan dimana. soalnya saya dibeliin nenek dan belinya langsung sama yang bikin.

      Hapus
  3. duh kue ape di tasik jugaada dan paling sering belii :D .. enaak yang ijo itu kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hehehe...maklum taunya di Bandung..soalnya di tegal ga ada hehehe

      Hapus
  4. Kak kalau boleh tau yang jualan kue mipan ada di daerah mana ? Boleh minta alamatnya kak?

    BalasHapus
  5. Kak kalau boleh tau alamat lengkap yang jualan kue mipan dimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap baru bales...di jl. panjunan gg hidayah tanya aja disitu

      Hapus

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih