Wednesday, 5 August 2015

Cara Membayar Pajak Motor



            Buat yang punya kendaraan bermotor pasti sudah familiar dengan pajak motor. Nah! kebetulan hari ini saya harus bayar pajak kendaraan bermotor yang sudah jatuh tempo. Kebetulan sudah dua tahun ini saya membayar sendiri pajak motor tahunan tanpa melalui calo. Ternyata gampang dan mudah lho! Jadi postingan kali ini bakalan sharing tentang cara membayar pajak motor.Oiya! Sebelum ke samsat jangan lupa ya bawa Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK) dan KTP asli atas nama STNK tersebut. Soalnya itu syarat wajib untuk melakukan pajak motor tahunan.
            Fotocopy. Hal yang harus dilakukan pertama kali saat sampai ke Samsat adalah fotocopy STNK dan KTP. Saya pribadi lebih senang fotocopy di Samsat karena beliau yang paham itu kertas mana yang di jepret dengan KTP mana yang harus di pisah. Setelah itu dimasukin ke stofmap merah. Kita merogeh kocek sekitar Rp 2.500.
            Pengambilan Formulir SPOPD. Setelah urusan Fotocopy selesai kita harus mengambil formulir SPOPD. Kita tinggal menaruh stofmap merah di depan petugasnya. Kira-kira lima menit formulir SPOPD sudah di masukin ke stofmap dan nama kita di panggil. Oiya kita dapet dua formulirnya.

            Pajak Tahunan dan pengambilan nomer. Setelah urusan formulir selesai lanjut ke bagian pajak tahunan dan mengambil nomer untuk membayar di kasir. Sebentar kok ga ada tiga menit buat ambil nomer. Stofmap di tinggal dan kita hanya memegang nomer antrian dan formulir SPOPD.


            Pembayaran. Nah! disini kita nunggu agak lama sekitar sepuluh menit sampai nomer antrian kita di panggil. Mungkin di lakukan proses kali ya berapa map baru deh nomer antrian jalan. Ada baiknya sudah di siapkan uangnya biar ga terlalu lama di kasir. Oiya formulir SPOPD kita serahkan untuk di cap LUNAS. Jumlah nominal pajak motor tertera di formulir SPOPD ya.

            Pengambilan STNK. Setelah pembayaran pajak motor kita duduk anteng di bagian pengambilan STNK. Lama menunggu sekitar sepuluh menitlah tergantung antrian juga ya. Jadi nanti antrian dipanggil dan akan diserahkan STNK dan KTP yang asli. Selesai deh!

            Sebenarnya saat kita mengantri pun ga terasa boring seh soalnya di sediakan tayangan chanel National Geografi. Kebetulan saya suka jadi malah penginnya lama-lama hehehe. oiya! Kalau yang butuh plastik baru untuk STNK bisa beli di fotocopian yang tadi harganya seribu perak aja. Hal yang paling unik di Samsat Kota Tegal adalah ada ruang untuk ibu menyusui lho!!! Jadi buat para busui bisa memanfaatkan ruangan tersebut.

            Oiya! Kalau ragu dan masih kurang paham tentang cara membayar pajak motor, bisa kok tanya satpam yang ada disitu. Beliau ramah dan membantu buat yang baru bayar pajak. So, ga ada lagi kata ribet lah, inilah, itulah hehehe. Kecuali kalau STNK yang kita pegang harus pake KTP orang lain itu beda urusan hehehe.


            Yuk, coba bayar pajak motor sendiri tanpa harus menggunakan calo. Jangan memancing oknum lain untuk meminta pungutan liar. Kalau teman-teman sendiri ada pengalaman bayar pajak motor juga ga?

2 comments:

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text