Friday, 11 December 2015

Terima Kasih BPJS



            Jadi beberapa waktu yang lalu sempat melihat status salah seorang teman yang kecewa dengan pelayanan BPJS. Belum lagi ada saudara yang masih pikir-pikir untuk ikut dalam kesertaan BPJS. Kalau bagi saya BPJS sangat menolong keluarga kami dalam hal kesehatan. saat mama harus masuk rumah sakit dan opname sampai tujuh hari dan saat saya melahirkan, BPJS sangat membantu. 

            Saya dan keluarga ikut BPJS sudah hampir tiga tahun kalau tidak salah. Berawal dari si bontot yang harus masuk rumah sakit dan menghabiskan banyak biaya, mama pun diberi saran oleh temannya untuk ikut BPJS. Tadinya hanya kedua adik saya saja yang akan di daftarkan (waktu itu tidak harus seluruh KK). Tapi ayah bilang, sekalian saja satu keluarga anggap saja sedekah.
            Saya sendiri sangat terbantu karena bisa menghemat dalam pengobatan Kista. Sedangkan kedua adik saya pun lumayan bolak balik periksa karena penyakit kulitnya. Sampai akhirnya mama sakit dan harus di opname di Rumah Sakit. Kebetulan mama menggunakan faskes kelas 1. Tetapi karena kelas satu full maka ayah pun inisiatif  naik kelas ke VIP. Hal ini juga supaya saya bisa nyaman dalam menjaga mama (saat itu saya sedang hami lima bulan).
            Saat waktu pulang kami berhitung biaya yang tidak di cover oleh BPJS. Nyatanya saat saya ke bagian administrasi, coba tebak berapa biayanya? Enam ratus lima puluh rupiah!!!!!! Iya Rp.650. bukan enam ratus ribu ya. saya cuman bisa melongo aja hwakakak. Alhasil kata bagian administrasi gratis!!! Tidak perlu bayar lagi!!! Alhamdulillah. Terima Kasih BPJS.
            Saat saya hamil periksa pun hampir sebagian besar menggunakan BPJS, kecuali saat bulan terakhir saya sedikit mengalah menggunakan dokter kandungan yang ada di klinik pratama tersebut.
            Saat saya melahirkan pun bila menggunakan BPJS klinik Pratama maka akan ditangani oleh Bidan. Tapi Allah benar-benar sayang sama saya. Saat saya bileng ke dokter kalau saya menggunakan BPJS, beliau menawarkan diri agar di rujuk di sebuah rumah sakit swasta tempatnya dinas. Rumah sakit tersebut bisa menggunakan BPJS. Akhirnya saya pun melahirkan disana dengan proses Caesar karena ada masalah dalam kandungan. Coba bayangkan kalau saya tidak menggunakan BPJS hiks. Lagi- lagi saya harus mengucapkan Terima KasihBPJS 
baca juga : Selamat Datang, Umar !part 2.
            Banyak yang mencibir, sakit kok dipersiapkan. Kalau bagi saya BPJS anggap sajalah sedekah. Kalau sehat terus ya Alhamdulillah, itu berarti uang kita bermanfaat untuk orang lain. Tapi kalau harus disuruh istirahat karena sakit ya BPJS ini bener-bener membantu.
            So, buat teman-teman ada yang mau sharing tentang BPJS?

16 comments:

  1. Program pemerintah ini sebenarnya bagus. Banyak org yg yg tdk mampu tertolong dan tujuan pemerintah agar semua warga dpt fasilitas kesehatan yg memadai harus didukung.Saya yg sdh py asuransi privat pun masih ingin ikut BPJS krn preminya benar2 murah.Kan lumayan tuh. Istilahnya "memanfaatkan" --> dr kacamata konsumen kesehatan

    Tp sayangnya tdk ditunjang dl dg pengadaan fasilitas kesehatan yg memadai dl dan jg premi ini kalkulasinya perlu dikaji ulang sehingga banyak penyedia jasa medis yg mglmi kerugian (pajak alat2 kesehatan di indonesia mahal lho). Dan itu sebabnya mungkin akan ada biaya2 tambahan (sebab bnr2 g nutut) dan untuk mensiasatinya mkn mybbkn pasien krg nyaman. Misal u pasien yg py Diabetes kan bolak-balik per 7 hri krn kemampuan tanggungan segitu. Agak tdk efisien krn biasanya pasien u pykt spt itu bs lsg 1 bln. Dan u yg PNS mkn ada kerugian bbrp yg dlnya dicover jd g 100% dicover. Dan spt 1 kasus di atas yg hrus nambah 650rb.memang g bs lg di cover (jd jgn hy salahkan pihak RS) --> Kalau sy jd pasien "ngapain sy mikirin pihak RSnya :D"


    #Saya orang yg berusaha netral dan memanfaatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba katanya kadang pihak rumah sakit "rugi", jadi kadang suka kurang beres pelayanannya buat pasien BPJS..Alhamdulillah keluargaku selalu dimudahkan dan nyaman pake BPJS..terima kasih sudah mampir mba..

      Delete
  2. Program pemerintah ini sebenarnya bagus. Banyak org yg yg tdk mampu tertolong dan tujuan pemerintah agar semua warga dpt fasilitas kesehatan yg memadai harus didukung.Saya yg sdh py asuransi privat pun masih ingin ikut BPJS krn preminya benar2 murah.Kan lumayan tuh. Istilahnya "memanfaatkan" --> dr kacamata konsumen kesehatan

    Tp sayangnya tdk ditunjang dl dg pengadaan fasilitas kesehatan yg memadai dl dan jg premi ini kalkulasinya perlu dikaji ulang sehingga banyak penyedia jasa medis yg mglmi kerugian (pajak alat2 kesehatan di indonesia mahal lho). Dan itu sebabnya mungkin akan ada biaya2 tambahan (sebab bnr2 g nutut) dan untuk mensiasatinya mkn mybbkn pasien krg nyaman. Misal u pasien yg py Diabetes kan bolak-balik per 7 hri krn kemampuan tanggungan segitu. Agak tdk efisien krn biasanya pasien u pykt spt itu bs lsg 1 bln. Dan u yg PNS mkn ada kerugian bbrp yg dlnya dicover jd g 100% dicover. Dan spt 1 kasus di atas yg hrus nambah 650rb.memang g bs lg di cover (jd jgn hy salahkan pihak RS) --> Kalau sy jd pasien "ngapain sy mikirin pihak RSnya :D"


    #Saya orang yg berusaha netral dan memanfaatkan

    ReplyDelete
  3. Senang baca ceritanya mbak. Diantara suara suara yg tidak sreg dgn BPJS, tyta program ini juga membantu ya. Semoga kedepannya pihak berwenang biaa memperbaiki fasilitas, aturan dllnya. Itu hrus dibayar setiap bulan ya, kalau boleh tahu berapa mbak?

    Sharing saja. Kelihatannya seperti model asuransi kesehatan disini. Setiap orang wajib punya paket basic dari asuransi kesehatan (banyak pilihan asuransinya). Lalu, bisa nambah dgn tunjangan kesehatan yg sekiranya kita butuh (misal kalau saya tahu saya perlu k dokter gigi), jadi nanti nambah bayarnya.

    Setiap bulan bayar, kadang ya mikir walah buang duit karena uangnya ga akan kembali (dlm bentuk yg sama) tp toh kalo tiba tiba sakit dan butuh ke dokter, utg banget... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya pakai faskes kelas satu setiap bulan bayar b59.500
      iya kalau lagi sehat memang berat tapi kalau pas lagi kena sakit kerasa banget..terima kasih mba sudah mampir..

      Delete
  4. Saya sedang hamil juga, selalu pakai BPJS. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwuaaa mudah-mudahan lancar persalinannya ya mbak...sehat terus bunda dan dedenya...amiiin

      Delete
  5. keren layanannya ya, mba. kalau diringankan pembayarannya jadi ga terbebani waktu sakit. apalagi kalo bolak-balik ke rs biayanya besar, pasti bikin makin kepikiran. heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling kerasa ya pas sc mba...kalau pake umum biayanya khan sama kayak harga satu motor heuheuheu...Alhamdulillah banget...

      Delete
  6. Ada plus minus nya sih bpjs bagi bbrp kalangan. Sy sendiri alhamdulillah belom pnh pake layanan bpjs meski terdaftar. Mudah2an sy gak pnh pake bpjs karena sehat trs. Jd setuju kata mba.. anggap aja sedekah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...memang ada plus minusnya...bahkan ada dokter yang ngeluh ke saya kalau bpjs itu kakean administrasi kalao salah diagnosis ga di ganti sama BPJSnya...iya lebih enak sehat...jadi ya anggap sedekah aja heheh..makasih sudah mampir mbak..

      Delete
  7. Mungkin tergantung pihak yang menanganinya, ya, mbak. Kebetulan yang kurang setuju dengan BPJS mendapat pengalaman kurang menyenangkan. Alhamdulillah banget kelas VIP cuma kena biaya Rp650. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan mama memang dirawat di rumah sakit pemerintah jadi memang secara hitungan mungkin lebih murah vipnya dibandingkan yang rumah sakit swasta...tapi ya Alhamdulillah...makasih sudah mampir ya mba...

      Delete
  8. sebetunya tgt siapa yg menangani makanya ada yg berbeda ada yg merasa bagus , ada yg merasa dirugikan. makanya pihak rumah sakit hrs benar2 siap menerima pasien bpjs begitu pula semua karyawan rumah sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..kadang juga karena memang mereka kelelahan kali ya...jadi kadang suka jutek...tapi selama ini rujukan dan administrasi beres biasnya mudah...makasih sudah mampir mbak..

      Delete
  9. saya juga sangat terbantu banget, tiap bulan mama selalu check dokter karena post stroke. Semoga selalu bermanfaat untuk semua masyarakat

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text