Monday, 30 May 2016

Belanja Nyaman saat Ramadhan



            Tidak terasa bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu dalam hitungan hari akan segera datang. Bulan dimana umat muslim berlomba-lomba beribadah dan mencari pahala sebanyak mungkin. Karena saat Ramadhan seseorang yang tidur pun akan mendapatkan pahala. Jadi rasanya sayang bila Ramadhan terlewat begitu saja.
            Salah satu kebiasaan yang ada di Tegal saat akan menyambut Ramadhan adalah adanya tradisi Unggah-unggahan. Tradisi untuk mengirimkan sesuatu ke saudara atau tetangga sebagai sedekah sebelum Ramadhan. Biasanya memang berupa makanan dan lauk-pauknya. Ada juga yang memberi sedekah apa yang dia jual. Misalnya, dia berjualan sayuran maka untuk unggah-unggahan akan memberikan sayur-sayuran kepada tetangga atau saudara.

            Beberapa waktu yang lalu seorang ustad menyarankan agar unggah-unggahn tidak selalu berbentuk makanan jadi. Karena terkdang saat mepet mendekati Ramadhan biasanya satu rumah mendapatkan unggah-unggahan sampai sepuluh. Saya pun pernah merasakan di rumah berlimpah makanan. Tentu saja akan menjadi mubadzir bila makanan tersebut memang cepat basi. Jadi ada baiknya unggah-unggahan tidak selalu dalam bentuk makanan dan lauk-pauk bisa juga dalam bentuk yang lain. toh intinya adalah bersedekah.
            Salah seorang teman saya yang berada di Jakarta pun pernah curhat bahwa dia ingin memberikan sesuatu kepada orang tuanya sebagai unggah-unggahan. Karena Ramadhan ini merupakan pertama kalianya teman saya jauh dari orang tua karena bekerja di Jakarta. Akan tetapi dia juga bingung mau membelikan apa dan belinya dimana. Karena dia sendiri belum terlalu mengenal Jakarta. Sempat juga menyuruh saya yang membelikan keperluan Ramadhan dan baju muslim untuk orang tuanya dan uangnya akan dia transfer. Akan tetapi saya terpaksa menolak, karena ada Umar yang masih bayi.
            Akhirnya saya sarankan kenapa tidak membelikan Peralatan sholat dan baju muslim melalui situs belanja online. Tentu akan lebih mudah berbelanja secara online daripada harus muterin mall. Apalagi kalau mau beli cinderamata saat mudik, tentu akan tidak nyaman dalam berbelanja karena dalam keadaan puasa. Jangan sampai karena nafsu berbelanja jadi batal puasanya. Apalagi saat ini ada Ramadhan sale di Lazada.co.id. Ada banyak sekali keperluan sholat, baju muslim pria,anak dan juga wanita yang di harganya di diskon. Tinggal pilih sesuai dengan selera.
Ramadhan sale di Lazada
            Program Ramadhan sale di Lazada ini mulai berlaku tanggal 1 Juni – 11 Juli. Rasanya waktu yang sangat pas ya. Jadi bisa berbelanja keperluan Ramadhan dan juga untuk berbelanja baju muslim untuk keperluan lebaran dengan diskon yang lumayan. Ada beberapa keunggulan saat berbelanja secara online.
  1. bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jadi kita tidak perlu takut terkena macet atau berjibaku dengan pembeli lain untuk mendapatkan produk sale.
  2. Hemat bensin. Karena kita tidak perlu ke luar rumah melakukan perjalanan ke tempat perbelanjaan. cukup santai di rumah buka gadget atau laptop.
  3. Barang bisa dikirim ke kampung halaman. Jadi kita bisa menghemat tenaga untuk membawa barang-barang saat mudik kita. Karena belanjaan untuk sanak saudara sudah dikirim langsung ke kampung halaman. 
     Jadi www.lazada.co.id bisa membuat kita belanja nyaman saat Ramadhan tanpa harus meninggalkan  ibadah – ibadah wajib dan sunnah. Apalagi bila tidak memiliki iman yang kuat, berbelanja saat puasa disiang hari biasanya memiliki potensi batal karena tidak tahan dengan godaan haus. Karena biasanya saat Ramadhan tiba pas sekali dengan cuaca yang sedang panas-panasnya. Jadi akan lebih baik bila kita menghindari sesuatu yang akan membuat puasa menjadi batal.
            So, buat teman-teman ada yang mau sharing pengalamannya berbelanja nyaman saat Ramadhan?

2 comments:

  1. Enaknya belanja online tuh ya gitu :D Gak perlu keluar rumah

    ReplyDelete
  2. Berbelanja di bulan Ramadhan memang uji uji sabar dan energi. Kalau ada yang bisa online, kenapa enggak?

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text