Wednesday, 28 September 2016

Momen Hari Pertama Masuk Sekolah



            Beberapa waktu yang lalu saudara saya sempat galau karena anaknya akan dimasukan ke PAUD. Galau karena sang anak memang sehari-harinya rewel luar biasa. Ada juga teman saya yang sangat exited anaknya akan masuk Sekolah Dasar dan mengajak saya berbelanja segala keperluan sekolah. Saya sendiri masih jauh karena Umar baru berusia dua belas bulan. Hari Pertama Masuk Sekolah mungkin jadi salah satu momen yang ditunggu para ibu-ibu ya. Apalagi ananda benar-benar baru masuk sekolah. Ada perasaan “duh anakku udah gede”, perasaan sedih karena bakalan ada rasa kehilangan atau malah deg-degan tau anak rewel. Sebenarnya kita sebagai orang tua bisa banget lho mempersipakan anak untuk menghadapi sekolah pertamanya. Apa aja yang bisa kita lakukan?
Pilihlah Sekolah Sesuai Dengan Kondisi Orang Tua
            Maksudnya adalah jangan memaksakan mencari sekolah yang bagus tapi jarak antara rumah dan sekolah sangat jauh. Meskipun searah dengan perjalanan kantor, jarak yang jauh akan membuat sang anak menjadi kelelahan di jalan. Anak yang kelelahan tentu akan berpengaruh dengan moodnya. Tapi bukan berarti seadanya juga ya. Tetaplah berikhtiar mencari sekolah yang sesuai dengan kondisi anak.
Ceritakan Tentang Sekolahnya
            Ada baiknya bila orang tua mulai menceritakan apa itu sekolah. Bagi yang akan masuk PAUD tentu harus dengan bahasa berbeda ya. Ceritakan kalau sekolah itu tempat bermain yang menyenangkan dan akan memiliki banyak teman. Intinya biar sang anak menjadi penasaran sekolah itu seperti apa. Terus lah bercerita agar alam bawah sadar sang anak mulai terbentuk tentang sekolah.
Ajak anak ke sekolah barunya
            Ada baiknya bila sebelum mulai kegiatan sekolah, sang anak diajak ke sekolahnya terlebih dahulu. Hal ini agar sang anak mengetahui kondisi sekolahnya. Siapa tahu dengan banyaknya mainan ia menjadi tambah bersemangat ingin sekolah. Anak pun saat akan memulai kegiatan sekolah tidak akan merasa asing karena sudah mengetahui terlebih dahulu tentang sekolahnya.
Manfaakan program percobaan.
            Ada beberapa sekolah yang memiliki program masa percobaan. Kita bisa memanfaakan program ini untuk melihat cara guru mengajar dan juga melihat kondisi anak kita. Biasanya program seperti ini dilakukan selama satu minggu- satu bulan tergantung kebijakan sekolah. Karena bila anak cocok dengan sekolahnya, tentu hal ini akan membuat tumbuh kembang anak menjadi optimal.
Asupan gizi anak
            Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah asupan gizi sang anak harus seimbang. Apalagi bila ananda sangat aktif tentu akan banyakk energy yang dibutuhkan. Siapkanlah sarapan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan anak. Sarapan akan menjadi sempurna bila ditutup dengan minum susu terbaik yang akan membantu perkembangan ananda. Salah satu susu yang bisa menjadi pilihan adalah Frisian Flag Karya. Dalam satu gelas susu Frisian Flag Karya terdapat kalsium, Vitamin D3, Vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya yang sangat penting bagi pertumbuhan Anak. Asupan Gizi yang memadai akan membantu anak kita dalam berkreasi dan berkarya.


            Nah mudah-mudahan postingan kali ini membantu ya buat para ibu yang sebentar lagi mengalami momen pertama kali anak sekolah. Saya pun pasti bakalan deg-degan kalau saatnya datang. Jadi ga usah galau bin baper ya, karena bila sang ibu happy dan semangat Insya Allah akan menular ke anandanya.
            Oiya, yuk sharing barangkali ada yang sudah merasakan momen Hari Pertama Masuk Sekolah anandanya. Siapa tahu bisa bermanfaa bagi yang lainnya.

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text