Sunday, 3 December 2017

Cara Rawat Inap pakai BPJS di RS Kardinah Tegal




            Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
            Lama banget ga ngeblog sampai lumutan ni blog padahal kemaren bayar perpanjangan domain lumayan juga*eh. Akhirnya memberanikan diri untuk segera mengakhiri Hiatus yang berkepanjangan. Tadinya sech ya mau ngepost curhat geje ala emak emak. Tapi tiba – tiba inget mau ngepost tentang Cara Rawat Inap pakai BPJS di RS Kardinah Tegal. Panjang bener judulnya yak. Kebetulan beberapa minggu yang lalu Umar harus Opname lagi hiks sedih. Jadi posting ini sekedar sharing aja sech. Berharap mungkin ada masyarakat kota Tegal yang pengin tahu caranya Rawat Inap pakai BPJS di Rumah Sakit Kardinah.
            Kebetulan Umar sendiri masuk rawat inap bukan melalui UGD tapi kebetulan Umar dapat rujukan dari faskes pertamanya yaitu klinik Siti Hajar. Nah setelah melalui banyak pemeriksaan akhirnya Umar di haruskan opname. Kebetulan untuk perawatan Umar naik kelas. Harusnya kelas dua, saya sengaja masuk kelas satu. Harapannya agar Umar bisa menjadi lebih nyaman. Saat melakukan proses rawat inap ada beberap surat yang harus di siapkan.
1.      Fotocopy BPJS
2.      Fotocopy KTP Orang tua.
3.      Fotocopy Kartu Keluarga.
4.      Surat Rawat Inap.
5.      Kartu BPJS
            Nah kalau semuanya sudah siap, biasanya suster akan menyuruh kita mengurus segala administrasi ke ruang BPJS. Ruangan ini ada dekat dengan ruang Informasi yang sebelahan sama UGD. Ruang BPJS sendiri kayaknya tutupnya malam dech. Saya masih inget ngurus hampir maghrib tapi masih buka. Setelah mengambil antrian petugas akan mengambila dokumen yang sudah kita siapkan dan memberikan selembar kertas.  Selembar kertas itu nanti akan di serahkan ke ruang Informasi. Dan kartu BPJS kita akan ditahan.

            Nah di ruang Informasi ini kita akan mengisi beberapa formulir tentang pelayanan perawatan yang dipilih dan bakalan dapat beberapa kartu temple untuk keperluan perawatan. Setelah selesai bawa aja ke ruang perawatan untuk diberikan kepada perawat. Nah karena Umar naik dari kelas dua ke kelas satu, maka saya pun harus menandatangani surat kenaikan perawatan. Selesai dech. Simple banget kalau menurut saya dibandingkan rumah sakit yang ada di Randu gunting hehehe.

Persiapan Saat Pulang


                Nah hari yang ditunggu datang hehehe. iya lah ya seenaknya rumah sakit mah paling enak rumah sendiri. jadi setelah kondisi Umar stabil, dan dokter mengatakan boleh pulang. Jangan lupa juga untuk mengurus administrasi pulang. Saat diijinkan pulang, kita akan menerima selembar surat yang harus diserahkan ke bagian ruangan BPJS.  Dan mendapatkan surat kekurangan bayar. Jadi kalau ga salah sech ya waktu itu harus nambah sekitar empat ratus ribuan. Setelah kekurangan di bayar balik lagi ke ruang BPJS untuk mengambil kartu BPJS. Setelah administrasi selesai, serhakan kembali ke ruang perawatan dan kita kan diberi surat control dan hasil lab (bila ada cek darah). REMINDER!!!CEK DULU SURAT KONTROLNYA ADA GA DALAM AMPLOP WARNA KUNING.  Soalnya waktu Umar kemarin ga di cek dan pas control harus bolak balik minta surat control lagi. terus pulang dech hehehe.
                Ada yang bilang BPJS itu ribet pelayanannya ga maksimal dan segudang negative lainnya. Tapi buat saya pribadi, asal sudah tahu alur nya dan syaratnya ikutin saja dan nikmati.  Memang dibandingkan dengan umum akan jauh lebih gampang. Tetapi tentu saja setiap orang tentu berbeda dalam hal keluangan ya. Ada juga yang ikut BPJS tanpa menggunakannya karena sudah diniatkan untuk sedekah.
                Alhamdulillah ada BPJS bisa sangat amat membantu apalagi Umar alergi dan kadang suka bolak balik ke dokter. Mudah – mudahan Umar selalu sehat. Berharap juga aka nada banyak orang yang mendaftar BPJS. Supaya lebih banyak lagi saudara – saudara yang kita bantu. Semoga bermanfaat ya..

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text