Posts

Showing posts from June, 2012

Primbon Jawa sebuah Kearifan Lokal

Image
Indonesia merupakan sebuah Negara yang multi etnik. Salah satunya adalah suku jawa. Suku jawa sendiri terdapat sebuah kearifan lokal yaitu primbon jawa. Bagi masyarakat suku jawa, primbon merupakan patokan dalam menjalankan berbagai aspek kehidupan. Menentukan pembangunan rumah, buka kaki ( buka toko pertama kali), menentukan jodoh, menentukan tanggal baik pernikahan, mitoni (tujuh bulanan), adat pernikahan, mitung dina (7 hari)  dan masih banyak lagi. Pengertian weton sendiri  merupakan gabungan dari tujuh hari tahun masehi dengan lima hari pasaran jawa yaitu legi, pahing, pon, wage dan kliwon. Masing – masing hari mengandung arti yang sangat berbeda. Bahkan seorang bayi yang lahir pada bulan tertentu dengan weton tertentu bisa menjadi anak yang luar biasa. Weton juga dapat membaca karakter anak tersebut, bahkan meramal masa depannya.             Pemberian nama pada bayi pun terkadang di pengaruhi oleh weton. bila si anak sakit- sakitan , tandanya nama yang terlalu berat sehingga perl…

My Family

Entah karena hari ini saya memang sedang melankolis atau apa tapi baca tulisan mba Ila rizki Nidiana membuat saya menangis lagi. Saya anak pertama merasa sangat tidak sempurna. Saya yang selalu asyik dengan dunia sendiri. Saya yang selalu mereka anggap galak luar biasa. Semuanya hanya karena Saya ingin mereka bisa lebih baik.
Baru sekarang saya bisa mengenal adikku Azra. Si bontot yang manja, yang penakut tapi tergila - gila dengan Barcelona apalagi Messi. Itupun saya masih harus belajar banyak dari mama bagaimana menghadapi Azra.
Bahkan mungkin saya sama sekali tidak mengenal Aji. Adik saya yang sekarang ada di Pondok Kempek cirebon. Saya hanya tahu dia sangat pendiam di rumah tapi anehnya banyak sekali temannya.
Sungguh rasanya saya tertampar! Betapa saya sangat banyak kekurangan..
Kadang saya ragu, apakah bisa menjaga amanat orang tuaku kelak. Mungkin benar kata mba Ila titipkan saja kepada Allah..DIA yang akan selalu menjaga kedua jagoanku. Saya sangat terharu saat aji pernah bil…

Renungan Siang Hari

" Loh sekarang kerja dimana?" tanya ibu itu. " Jaga toko material aja tante," jawabku sekenanya. Kenapa harus bertemu dengan ibu itu di tempat suplierku. " Loh padahal kamu khan sarjana ekonomi khan? kok cuman jaga toko? pas di Semarang jadi tukang bakso khan ya? Duh eman - eman ilmunya dong..Tika aja sekarang kerja di Bank padahal cuma D3 " jwab ibu itu. Sumpah aku pengin banget nangis! Sayang saya inget kalo ini bukan tempat yang tepat untuk menangis. Untung saja mama tidak mendengar perkataan salah seorang ibu teman saya. Saya hanya tersenyum menahan amarah. Tak perlu lah saya jelaskan semua kenapa memilih semuanya dari nol.
Saya sudah terbiasa dengan komentar - komentar seperti itu, Bahkan ada yang menganggap kalau IPK saya di bawah 3 jadi ga bisa kerja di kantoran. Saya pun hanya bisa mengucapkan istigfar sebanyak mungkin. mencoba menenangkan hati yang siap meledak.
Memang benar saya pernah berjualan bakso kerja sama dengan salah seorang teman. Gaga…

Juni yang spektakuker

Duh, entah mau bilang apa tentang bulan Juni ini. Semuanya sangat spektakuler. Kayaknya perlu saya tulis kenapa spektakuler hehehehe..ntar dech postingan yang lain. Bermula dari perkenalanku dengan perpustaakaan kota. Serius dah kalo mba Ila ga bilang kayaknya aku ga tau kalo Tegal punya perpustakaan. Perlu waktu yang agak lama untuk membuat kartunya, salah aku juga sech. Setelah jadi akhirnya bisa pinjem 2 buku an lagi lagi spektakuler banget aku bisa pinjem 2 buku yang keren. Buku pertama novel historical fiction (mudah2an ga salah nulis ya..hehehe) judulnya SAMITA kisah pendekar muslimah murid dari Laksamana Cheng HO. Aku langsung tertarik karena aku suka silat dan penasaran isinya. sedangkan buku ke dua adalah My Stupid Boss 3 ! beda banget khan??? hehehe..Kapan - Kapan aku bahas dech,,hehehehe
Setelah acara peminjaman itu slesai mba ila bikin aku suprise minjemin novel - novelnya #peyuk mba ila yang kenceng!!!! dan ternyata itu adalah Sunshine Become Younya Ilana Tan yang selama…

Pantai Baron Jogja

Image
Jogja! itulah tujuan Saya dan Rani. Saya  sangat terobsesi dengan Jogja karena provokasi Rani, sedangkan Rani sangat terobsesi dengan pantai Baron. Tanggal 3 Mei kami nekat ke Jogja dengan uang seadanya. Layaknya pengelana kami berdua naik motor tentu saja Rani yang di depan. Sempat terpikir akan mampir ke Gua Kerep Maria salah satu tempat wisata spritual di kabupaten Semarang karena saya rindu dengan suasana disana, namun kami urungkan karena mengejar waktu. Sesuai rencana kami akan mampir di Magelang untuk sholat dan untuk wisata kuliner Magelang yaitu  bakso kerikil. Yup! saya sangat penasaran dengan bakso kerikil gara - gara cerita heboh Rani yang kebetulan berasal dari magelang. 2 mangkok bersarang dalam perutku cukuplah untuk melanjutkan perjalanan.
Sesampainya disana hari sudah gelap, Indah teman Rani sudah menunggu di tempat yang kami tentukan. Karena sudah malam kami akhirnya makan malam di sebuah warung nasgor dekat D3 Teknik Elektro UGM (Ga tau dech sekarang masih apa ga) …