Wednesday, 21 March 2018

Amalan - Amalan di Bulan Rajab



Merinding rasanya menulis postingan Amalan – Amalan di Bulan Rajab karena itu tandanya semakin dekat dengan bulan yang penuh kemuliaan yaitu bulan Ramadhan. Ada yang mengatakan bahwa bulan Rajab adalah bulan pembersihan diri untuk bersiap menghadapi bulan Ramadhan. Saya juga pernah membaca postingan di IG @putriamalliyah tentang Bulan Rajab yang disampaikan oleh ustadzah Halimah Alaydruz.
            Ada empat bulan mulia dan berada di tiga bulan berturut – turut dan salah satunya adalah bulan Rajab. Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bulan dimana sudah begitu dekat dengan bulan Ramadhan. Bulan Rajab pun diperumpamakan dengan bulan untuk menanam. Banyak para ulama yang menganalogikan menanam karena bulan untuk menanamkan kebiasan baru saat Ramadhan. Misalnya mulai dibiasakan lagi baca Al- Alquran secara intens, atau mulai untuk belajar puasa sunnah agar tidak kaget saat bulan Ramadhan datang.
            Bulan Rajab pun disebutkan sebagai bukan pembersihan diri. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus di siapkan saat bulan Rajab datang. 

1.      Perbanyak Taubat dan Istighfar.
Ustadzah Halimah Alaydrus menyampaikan bahwa istighfar pagi 70 kali dan ba’da Maghrib 70 kali “ Allahummaghfirly Warhamny Watub Alayya”
Setelah salam setelah sholat maghrib ini, sambil mengangkat tangan, dan sebelum merubah posisi duduk.

Perbanyak Puasa
Puasa satu hari dalam bulan Rajab pahalanya seperti puasa 30 Hari.
Imam Ghozali berkata "jika kalian ingin berpiasa di bulan Rajan satu bulan full maka sisakan satu hari untuk tidak berpuasa. Agar tidak serupa dengan bulan Ramadhan.

Menghidupkan Malam untuk Ibadah
Ada 2 malam istimewa di bulan Rajab yaitu malam satu Rajab dan malam dua puluh tujuh Rajab. Tapi menghidupkan malam selain tanggal tersebut juga bagus ya. Bahkan Habib Umar bin Hafidz menekankan untuk memperbanyak sholat sunnah yang mungkin jarang sekali di kerjakan di bulan lainnya. Untuk yang sudah istiqomah sholat Tahajud dan sholat Witir maka bisa diperbanyak Rakaatnya. Sholat dan beristighfar di sepertiga malam pun bisa menjadi waktu ijabah untuk berdoa. Karena saat waktu sahur, Allah mencari hamba - hambanya yang berdoa dan meminta.

Perbanyak Sholawat
Habin Umar bin Hafidz memberikan amalan untuk membaca sholawat bulan Rajab sebanyak 5000 kali bahkan boleh lebih asal tidak kurang. Kesannha banyak banget ya padahal kalau di hitung cuman sekitar 35 kali sehari. 



Kalau boleh menyimpulkan bulan Rajab benar benar akan melatih kesiapan kita di bulan Ramadhan ya. Secara tidak langsung kalau di bulan Rajab ini sudah terbiasa bekerja dengan berpuasa, maka di bulan Ramadhan harusnya sudah lebih mudah.
Kalau sudah terbiasa berdzikir di waktu saur dan menghidupkan malam dengan berdzikir, seharusnya bukan lagi hal yang berat untuk melakukannya saat Ramadhan datang.


Jadi yuk bismillah pelan pelan kita mulai Amalan - Amalan bulan Rajab untuk membersihkan diri dan melatih mental dan Iman kita dalam menghadapi Ramadhan.
Harap - harap segala istighfar kita dapat diterima oleh Allah SWT. Amiiin

Mudah - mudahan bisa memberikan manfaat buat yang membaca ya..

Allahumma bariklana fi Rajaba wa Syabana
Wa Balighna Romadhon
Yasir lana umurona..

3 comments:

  1. Gak kerasa udah di bulan rajab aja yaa. Betul banget kalau bulan ini adalah latihan untuk bulan rahmadhan nanti. :)

    ReplyDelete
  2. Aamiin, terimakasih untuk sharingnya Mbak. aya jadi lebih semnagat lagi untuk berpuasa nih.

    ReplyDelete
  3. Wah, sudah bulan rajab aja. Saya jadi gak sabar untuk menanti bulan rahmadhan nih.

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih