Monday, 16 April 2018

Saat Kau Bimbang Istikharahlah





            Beberapa waktu yang lalu ada salah seorang teman yang sudah saya anggap sendiri bertandang ke rumah. Setelah urusan selesai tiba – tiba dia bercerita tentang kegalauannya menjelang pernikahan. Menurutnya dia galau apakah memang ini waktu yang tepat untuk menikah tahun ini. Ia bercerita kalau sering bertanya kepada pada ustadz tentang kegalauan yang ia rasakan. Urusan pernikahan memang bukanlah urusan yang main – main ya. tidak boleh ada keraguan. The problem is menjelang pernikahan justru makin banyak keraguan yang menghinggap di hati para calon pengantin.
            Sholat Istikharah menjadi salah satu jawaban dari segala kegundahan manusia. Dalam ceramahnya ustadzah Halimah Alaydruz mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah berkata kepada para sahabat tidak pernah merugi orang yang melaksanakan Sholat Istikharah. Sholat Istikharah pun tidak hanya karena urusan jodoh, tapi urusan apapun yang berkenaan dengan kehidupan kita. Saat bingung pekerjaan manakah yang harus kita ambil, atau rumah mana yang harus kita ambil karena sama – sama menarik dan lain sebagainya. Tapi sayangnya umat islam terkadang lupa saat PILKADA tidak melaksanakan sholat Istikharah. Karena Allah mendesain kita untuk kembali bersandar dan berserah kepada Allah SWT.
            Sholat Istikharah pun sebenarnya sangat bisa dilakukan dalam hal memilih pemimpin sebuah daerah. Hal ini sebenarnya sangat penting karena memilih pemimpin bukan hal yang mudah. Kita harus memastikan kelak pemimpin tersebut akan melindungi dan memberikan manfaat bagi daerah yang kelak akan ia pimpin.

Apa itu Sholat Istikharah?

            Sholat Sunnah Istikharah adalah shalat yang dilakukan untuk memohon kepada Allah agar
 memberikan pilihan yang terbaik dari dua pilihan yang baik, atau menghilangkan keraguan hati dalam memilih diantara beberapa pilihan supaya tidak menyesal di kemudian hari. yang dimaksud istikharah ialah memohon kepada Allah, manakah yang terbaik dari urusan yang mesti dipilih salah satunya (Dahsyat Shalat Sunnah hal 172).

Waktu dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Istikharah

                Ustadzah Halimah Alaydruz pernah menyampaikan bahwa Sholat Istikharah dilakukan sebanyak dua rakaat dan dilakukan sebelum tidur. Jadi usahakan memang dilakukan saat mulai mengantuk dan akan segera tidur. Karena tanda Istikharah bisa saja lewat mimpi atau mungkin kemantapan hati dan jalan keluarnya.
                Setelah sholat dua rakaat maka duduk dan berdoa kepada Allah SWT. Sebelumnya bersholawat dan beristighfar sebelum berdoa. Yang saya tunjukkan adalah doa yang ada di buku Dahsyatnya Sholat Sunnah halaman 174.


                Setelah baca doa tersebut bisa doa dengan bahasa kita sendiri contohnya saat galau memilih jodoh bisa di tambahkan “Ya Allah bila pernikahanku dengan si Fulan atau Fulanah baik bagiku bagi nya, baik bagi duniaku dunianya, baik bagi akhiratku dan akhiratnya, baik bagi keluargaku dan keluarganya, baik bagi lingkunganku dan lingkungannya maka mudahkanlah”.  Ini bisa jadi salah satu doanya. Jangan lupa untuk menyebut nama pilihannya ya mbak mas. Berdoalah sedetail mungkin karena pernikahan adalah sesuatu perkara yang sangat penting. Bahkan saya pernah diberi nasehat untuk terus Istikharah sampai menjelang akad nikah. Karena untuk menghindari godaan syaitan.
                Begitu pula dengan urusan yang lain. Misalnya untuk memilih pemimpin dalam pilkada pun harus seperti itu. Sebutkan saja siapa calon pemimpinnya. Dan berdoa siapakah yang bsia amanat dalam memimpin daerah tersebut. bayangkanlah kalau missal satu kota atau bahkan satu negara maka sepertinya tidak perlu lah adanya Politik Uang. Karena masyarakatnya menyerahkan segala urusan pemimpin kepada Allah SWT.
                Salah satu hal kenapa sholat Istikharah harus dilakukan karena sebagai manusia kita tidak akan pernah tahu hal yang ghaib. Karena memang sesungguhnya Manusia tidak di desain untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. kita tidak di ciptakan untuk mampu menyelesaikan masalah kita sendiri. Tapi kita di ciptakan oleh Allah SWT untuk berserah kepada Allah SWT dan mengembalikan segala urusan kepada Allah SWT.

                Mudah – mudahan postingan kali ini bisa bermanfaat buat teman – teman yang mungkin sedang bingung memilih jawaban untuk segala persoalan hidup. Mudah – mudahan yang lagi galau tentang jodohnya bisa segera mendapat jawabannya. Jadi Saat Kau Galau Sholat Istikharahlah

Sumber
1. Dahsyatnya Shalat Sunnah penerbit Zikrul
2. Ceramah Ustadzah Halimah Alaydruz

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih