Telat Bayar Iuran BPJS? Ini Perhitungan Denda BPJS


 Adakah teman – teman disini yang kadang Telat Bayar Iuran BPJS? Ini Perhitungan Denda BPJS yang baru saja saya alami saat mengurus adik yang harus operasi. Tadinya saya mengira tidak akan ada masalah yang berarti dengan BPJS karena toh saat perawatan rawat jalan tidak ada masalah yang berarti. Memang untuk iuran BPJS, ayah saya sempat telat selama tiga bulan. Saat adik saya pulang karena sakit, baru dibayarkan. Dan ternyata ada peraturan baru tentang denda BPJS.
          Hal yang saya ingat saat baru memiliki BPJS sekitar tahun 2014 atau 2015 agak lupa, masalah denda BPJS biasanya akan di ikutsertakan saat akan melakukan pembayaran BPJS. Dan jumlahnya pun tidak begitu banyak. Tapi karena kasus ini, saya baru baca – baca peraturan BPJS di aplikasi JKN tentang denda BPJS.

 

Denda BPJS

          Jadi saya sendiri baru tahu tentang denda BPJS pertama kali dari perawat ruang Wijaya Kusuma rumah sakit Kardinah ruang dimana seharusnya adik saya opname. Jadi bila kita Telat bayar Iuran BPJS dan sempat menunggak maka kita akan terkena denda BILA RAWAT INAP. Tetapi bila rawat jalan denda tersebut tidak perlu dibayarkan. Lumayan terpecahkan saat perawatnya menjelaskan seperti itu. Hanya saja perawat kurang tahu besar dendanya. Untungnya adik saya masih bisa masuk siang itu, jadi ya ga usah pulang lagi.
          Akhirnya saya ingat ada aplikasi JKN untuk BPJS saya, akhirnya di cobalah saya gunakan dengan nomor BPJS Adik saya. Oiya Insya Allah saya review kan juga aplikasi JKN ini ya. Nah, setelah utak – atik ternyata memang di kolom peserta ada catatan merah kalau adek saya dan satu KK orang tua dalam masa denda.


          Akhirnya saya baca juga di kolom sanksi di aplikasi JKN tentang peraturan ketidakpatuhan pembayaran Iuran.

          Alhamdulillahnya hari senin saya bisa mengurus ke kantor BPJS Kota Tegal. Alhamdulillah mendapat penjelasan dari petugas BPJS dengan ramah. Petugas juga menghitungkan lewat aplikasi jumlah dendanya. Oiya, denda yang saya bayar adalah hanya denda adik saya, bukan untuk seluruh keluarga ya. sayangnya kertas perhitungannya hilang jadi ga bsia saya foto. Tapi saya coba ilustrasikan  agak mirip dengan kasus adik saya :
          Ilustrasi Perhitungan denda BPJS
          Jadi Ayah saya tiga minggu yang lalu baru membayar BPJS untuk tiga bulan kebelakang. Dan di komputerisasi menunggak 2 bulan. Rumus denda nya adalah
2,5% x biaya pengobatan x bulan tertunggak
          Untuk kasus adik saya, Pihak BPJS menyediakan biaya perawat kurang lebih Rp 6,000,000. Jadi dendanya adalah
2,5 % x 6,000,000 x 2 bulan = Rp 300,000
          Biaya denda bisa dibayarkan di kantor pos, Mandiri atau pun agen pembayaran lainnya. Dan satu hal yang harus diketahui adalah besarnya denda bisa saja bertambah bila, biaya dari pihak rumah sakit lebih besar dari plafond yang di sediakan oleh BPJS. 

baca juga : Terima Kasih BPJS

Alur Mengurus Denda BPJS

          Nah, terakhir saya bakalan share alur untuk mengurus denda BPJS bila peserta BPJS harus rawat inap. Sekali lagi KALAU RAWAT JALAN DENDA TIDAK DI BAYARKAN. Dan Alur ini insya Allah bisa di gunakan di Rumah Sakit Kardinah Tegal. Mudah – mudahan saja belum berubah pas teman – teman baca ya hehehe.
1.   Konfirmasi ke Kantor BPJS terdekat dengan membawa persyaratan rawat inap yaitu : Fc kartu BPJS, fc KTP, FC KK dan FC Surat Rujukan.
2.   Tulis surat pernyataan kesanggupan membayar denda (kalau ga salah ya, pokoknya ada surat pernyataan yang harus di tulis). Jangan lupa bawa materai 6000 dan pulpen buat jaga jaga kalau pas penuh ga ada pulpen. Foto copi berkas – berkasnya untuk jaga – jaga.
3.   Ambil nomor antrian.
4.   Setelah nomor di panggila maka petugas akan menjelaskan dan juga menghitungkan dendanya.
5.   Pembayaran denda maksimal 2 x 24 jam.
6.   Bukti pembayaran denda jangan lupa di fotocopi.
7.   Konfirmasi ke ruang BPJS yang ada di rumah sakit dengan membawa berkas – berkas tadi dan Foto copi Bukti Pembayaran.
8.   Ruang BPJS akan memberikan surat Rawat Inap.
9.   Laporkan ke bagian Informasi Pendaftaran Rawat Inap.
10.  Lapor ke Ruang Perawat bahwa denda sudah di urus.

REMEMBER : SELALU FOTOCOPI SETIAP BERKAS MINIMAL TIGA. Apalagi surat Rujukan di setiap tempat entah kenapa meminta yang asli. Padahal sudah diberikan saat mendaftar rawat Inap., Jadi buat jaga – jaga ada baiknya memiliki arsip yang banyak.
          Salahsatu alasan tentang denda ini setahu saya karena ada banyak peserta BPJS yang sehabis mendapatkan pelayanan BPJS lantas tidak mau membayar Iuran BPJS lagi. Denda lama dirasa kurang efektif memberikan rasa jera. Padahal BPJS sendiri bersifat gotong royong saling membantu antara yang kuat dan yang lemah.
          Kalau lagi sehat memang akan terasa berat membayarkan iuran tersebut. akan tetapi saya sendiri merasakan banyak manfaat dari BPJS ini. Gara – gara kasus adik saya, jadi lebih paham tentang Denda BPJS dan Insya Allah lebih ketat lagi dalam urusan keuangan agar Iuran BPJS bisa tepat waktu.
          Ribet memanng, tapi kalau di ikuti semua prosedur dan sabar, Insya Allah akan mendapatkan pelayanan yang maksimal. Sejauh yang saya tahu memang lebih mudah prosedur BPJS Rumah Sakit Daerah dibandingkan swasta.
          Mudah – mudahan  sharing tentang Denda BPJS ini bisa memberikan manfaat buat teman – teman yang membaca. Mudah – mudahan kita semua selalu diberikan kesehatan. Amiin.
          Adakah yang mau sharing tentang denda BPJS? Barangkali ada yang memiliki pengalaman yang berbeda.

 


Comments

  1. Ak baru tau mbak alurnya bpjs. Karena selama ini masih pake asuransi. Ternyata pake bpjs juga sama mudahnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau sudah paham insya Allah mudah alur nya..

      Delete
  2. Keluarga sy pernah berbulan² telat bayar bpjs dan bayarnya jutaan huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kah mba?setauku denda maksimal hitungnya 12 bulan

      Delete
  3. Thanks infonya mbak..kebetulan pernah ada saudara yang telat bayar BPJS, jadi tau hitungan dendanya.

    ReplyDelete
  4. Besar juga ya dendanya, untung adik mba masih bisa masuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..memang lebih enak kalau tepat waktu..Alhamdulillah..terima kasih sudah mampir..

      Delete
  5. thanks untuk infonya mbaaa..semoga ngga telat lagi yaaa

    ReplyDelete
  6. Sekarang BPJS jadi wajib yaa...
    Dan sepertinya, kami sekeluarga pun kena denda berlipat-lipat karena tidak begitu memperhatikan kewajiban yang satu ini.

    Semoga diberi kemudahan untuk adiknya yaa..
    Sayafahullah...

    ReplyDelete
  7. Ternyata denda di bpjs bisa terlihat lngsung yaa mbak. Noted ah, perlu berhati-hati juga

    ReplyDelete
  8. Wah aku baru tau ini BPJS ada dendanya, berarti bagus juga ya jadi membuat kita sadar juga atas kewajiban kita sebagai pengguna BPJS

    ReplyDelete
  9. Aku pernah kena denda nih dulu tapi. Bayar dendanya 2%perbulan. Tapi udah lama sih itu sekitar 3tahun yang lalu

    ReplyDelete
  10. Dulu aku sempet bayarin denda keluarganya Kakakku. Lumayan banyak hehe tapi akhirnya sekarang bayar di muka aja biar ga lupa lagi. Atau autodebet ke bank sekalian. 😁

    ReplyDelete
  11. Untuk pembayaran BPJS ini bisa potong langsung dari rekening ga ya mba? Kalau bisa kan jadi lebih enak setting misal tanggal abis gajian gitu bayarnya :D

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu nih untuk denda BPJS memang ada perhitungannya ya mba.

    ReplyDelete
  13. Eh aku baru tahu kalau nelat bayar BPJS ada dendanya hehe. Soalnya selama ini yg urusin kantor suami mbak. Enak ya kalau ada aplikasinya dan petugasnya pun ramah menjelaskan :D

    ReplyDelete
  14. wah makasih banget sharingnya. aku selama ini dibayarin kantor sih kalau iuran bpjs jadi baru tahu nih soal denda ini

    ReplyDelete
  15. Waaah. Ada aplikasi, ya. Jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  16. Wihh aku baru tahu kalau BPJS ada dendanya, thanks infonya mbak. Jadi kalau telat bayar bisa tahu dendanya ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton