6 Amalan di Bulan Muharam




          Alhamdulillah tidak terasa sudah ada di penghujung tahun 1439 H. Itu artinya bulan Muharom sudah ada di depan mata. Bulan Muharam sendiri merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Karena termasuk bulan Mulia, ada beberapa amalan – amalan di Bulan Muharam yang bisa kita ikuti. Kebetulan saya mendengarkan ceramah ustadzah Halimah Alaydruz. Beliau menerangkan keistimewaan bulan Muharam dan saya sendiri merangkumnya menjadi 6 Amalan di Bulan Muharam.

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

                Doa Akhir Tahun bisa di baca saat selesai sholat ashar dan boleh dibaca berjamaah. Di sunnahkan di baca tiga kali.

1

2
          Doa Awal Tahun di baca selepas Maghrib juga sama di baca tiga kali.

1
 
2
3

 

Puasa di Bulan Muharam

                Ada banyak hadis yang menyatakan bahwa berpuasa satu hari di Bulan Muharam setara dengan berpuasa 30 hari di bulan yang lain. Bahkan untuk tanggal 10 Muharam faedahnya adalah akan di ampuni dosanya selama satu tahun. Puasa Asyura atau 10 Muharam merupakan salah satu dari dua puasa sunnah yang afdhol. Jadi puasa Asyura diperkenan dilakukan oleh para istri tanpa ijin suami. Karena seharusnya suami pun ikut berpuasa di hari Asyura. Puasa sunnah Afdhol lainnya yaitu puasa Arofah.
          Ada sebuah kisah Rasulullah di tahun akhir hayatnya berpuasa Asyura. Akan tetapi dia pun melihat kaum Yahudi berpuasa juga. Rasulullah pun bertanya kenapa mereka berpuasa. Kaum Yahudi pun berkata bahwa mereka berpuasa untuk merayakan saat Nabi Musa di selamatkan dari Firaun. Mendengar penjelasan kaum Yahudi tersebut Rasulullah berkata “ Andai usiaku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa bukan hanya di hari Asyura tetapi juga di hari lainnya yaitu tanggal 9 Muharam”. Oleh karena itu di sunnahkan juga untuk berpuasa pada tanggal 9 Muharam. Agar tidak sama dengan kaum Yahudi.

Baca Ayat Kursi 365 kali

                Ustadzah Halimah Alaydruz menambahkan amalan lain yang bisa dilakukan pada tanggal 1 Muharam ataupun 10 Muharam adalah membaca Ayat Kursi sebanyak bilangan hari yaitu 365 Hari. Faedahnya adalah setiap ayat kursi akan melindungi kita per hari nya. jadi bila di baca sebanyak 365 Hari Insya Allah kita akan di lindungi selama setahun dari mara bahaya.

Perbanyak Dzikir


                Salah satu dzikir yang ustadzah Halimah Alaydruz contohkan adalah membaca dzikir Hasbunallah wa nikmal wakil nikman maula wanikman Nasir sebanyak 70 kali dan lepas itu membaca doa tentang keselamatan dan perlindungan dari bisikan setan.

Melebihkan Nafkah Keluarga


          Nah, ini dia amalan yang disukai oleh para istri di tanggal 10 Muharam adalah dilebihkan nafkahnya oleh suami. Anak – anak pun dilebihkan uang sakunya atau lebih di bahagiakan oleh sang ayah. Insya Allah rejekinya pun akan di lapangkan.

Perbanyak Sedekah Kepada Anak Yatim


          Nah, karena di sunnahkan untuk lebih membahagiakan anak – anak kita, maka jangan lupa pula dengan anak Yatim. Karena anak Yatim sudah tidak memiliki seorang Ayah yang akan membahagiakannya. Itulah kenapa 10 Muharam juga di sebut dengan lebarannya anak Yatim. Tidak lupa juga untuk mengelus rambut kepalanya karena di sunnahkan demikian.


          Itu tadi beberapa Amalan – amalan di bulan Muharam. Tentu saja selain keenam amalan tersebut kita juga harus memperbaiki ibadah kita dibandingkan tahun yang lalu. Misalnya mulai istiqomah membaca Al-quran, atau menambahkan dzikir dan sholat sunnah. Perlahan tapi istiqomah dan lebih baik dari tahun kemarin.
          Mudah – mudahan postingan tentang 6 Amalan – Amalan di Bulan Muharam ini bisa membantu teman – teman muslim lainnya. Nah, berkaitan dengan Tahun Baru Hijriyah, adakah resolusi untuk ibadah kita untuk Tahun ini? Share yuk

Comments

  1. Blognya sangat bermanfaat sekali, terimakasih sudah membuat blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..terima kasih sudah mampir mba..

      Delete
  2. Subhanalloh, saya langsung ingin meghafal doa-doa akhir dan awal tahun setelah membaca blognya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...kalau di hafal berat di baca aja mba hehehe

      Delete
  3. Sangat bermanfaat isi blognya.

    ReplyDelete
  4. Melebihkan Nafkah Keluarga, saya paling suka banget dengan amalan ini hehe

    ReplyDelete
  5. Subhanalloh isi blognya sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih sudah share doa-doa akhir dan awal tahunnya, sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  7. Wah, berarti tanggal 9-10 September ini termasuk akhir tahun ya Mbak?
    Saatnya introspeksi diri, apakah banyak beribadah atau semakin jauh?

    ReplyDelete
  8. InsyaAllah, terima kasih mba sharingnya, semoga ibadah kita lebih baik lagi dengan semakin meningkatkan amalan

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sudah diingatkan, Mbak. Untung masih ada waktu nih untuk melakukan beberapa amalannya.

    ReplyDelete
  10. melebihkan nafkah buat keluarga juga termasuk ya mba, supaya makin berlimpah juga rejekinya jadi jangan pelit buat keluarga sendiri ya

    ReplyDelete
  11. Wah, udah tahun baru lagi. Mudah-mudahan apa yang belum tercapai dengan baik di tahun ini, bisa berlanjut untuk diraih di tahun mendatang, ya, Mba. Yuk, mulai lagi..., sambut tahun baru Islam dengan penuh sukacita. Thanks untuk info amalannya, Mba. :)

    ReplyDelete
  12. Semoga kita semua menjadi hamba yang selalu melakukan amal salih, dan berlomba dalam kebaikan. Aamiin

    ReplyDelete
  13. Makasih Mba Wid, selalu mengingatkan untuk jadi lebih baik dan mendkatkan diri kepadaNya

    ReplyDelete
  14. terima kasih atas info di post nya mba,
    selama ini aku cuma tau perbanyak dzikir aja :)

    ReplyDelete
  15. Selamat tahun baru mbak. Makasih info2 amalan2nya, semoga tahun ini segalanya lbh baik lagi aamiin

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah semoga kita menjadi lebih baik lagi ya di tahun baru Islam ini. Amiin.

    ReplyDelete
  17. Duh..jadi inget pengen ngerutinin puasa Senin Kamis..dan amalan Sunnah lainnya..., Dan berdzikir selalu....biar gak terprovokasi time line yg panas.. he2

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah.. Sudah tahun baru islam aja ya. Banyak amalan positif yg bs diamalkan ya. TFS mba..

    ReplyDelete
  19. Barakallahu fiik, mba Widhie.
    Selamat Tahun Baru 1440 H.

    Semoga Allah memudahkan kita untuk istiqomah berada di jalanNya.
    Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak sudah diingatkan yaaa Mba...semoga kita makin takta pada-Nya

      Delete
  20. Alhamdulillah diingatkan ya mba. Smoga tahun depan ini kita makin penuh berkah dan dilindungi oleh Allah ya mba. Ami

    ReplyDelete
  21. Aaah terima kasih sudah diingatkan mbaaa

    ReplyDelete
  22. Mudah-mudahan kita bisa mengamalkan semua amalan tersebut dan mengambil hikmah dari peristiwa penetapan tahun baru hijriah ini ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton