Musim HUjan, Waspadai Flu pada Bayi!




          Jadi beberapa hari ini cuaca di tegal memang boleh dibilang sangat tidak terprediksi. Kadang panas menyengat tapi beberapa waktu juga hujan gerimis. Pancaroba peralihan ke musim hujan ini lumayan membuat saya pusing. Salah satunya adalah karena Umar lebih rentan terkena Flu yang cukup mengganggu. Apalagi bila memang di Day Carenya ada yang terserang flu. Tentu lebih mudah penularannya, karena imunitas anak – anak yang masih belum stabil

Penyakit Saat Musim Hujan


          Untuk musim Hujan ada beberapa penyakit yang harus di waspadai oleh kita sebagai orang tua diantaranya adalah :
          Cacar Air
          Cacar Air ini merupakan penyakit yang menyerang imunitas tubuh.penyakit ini gampang banget menular. Apalagi bila imunitas tubuh anak sedang drop. Penyakit ini yang sedang melanda day care Umar dan juga beberapa anak yang ada di Tegal. Dokter Umar juga mengatakan bahwa musim peralihan ke Hujan ini memang banyak sekali anak – anak yang sakit.
          Demam Berdarah
          Waspadai segala genangan air yang ada di rumah ayah dan ibu. Karena tidak mungkin genangan air tersebut dapat menjadi tempat sarang jentik – jentik nyamuk dan menjadi nyamuk Aedes Aegypte.
          Flu
          Kayaknya penyakit flu ini menjadi penyakit anak – anak yang tidak akan berkunjung selesai. Ada banyak hal kenapa anak – anak bisa terserang flu. Tapi salah satu hal yang harus menjadi perhatian kita adalah Cara mengatasi Flu tersebut. Apalagi bila yang terkena flu adalah bayi, sungguh kasian karena bisa sangat rewel. Jadi postingan ini akan membahas tentang Cara Mengatasi Flu pada Bayi.

Cara Mengatasi Flu pada Bayi


          Waktu Umar masih bayi, saya sempat kelimpungan gara – gara Umar kena Flu. Kebayang kan gimana rewelnya karena hidung Umar mampet. Saya aja kalau kena Flu suka Uring – uringan miring kanan dan kiri karena hidung mampet. Selain menemui dokter, ada beberapa cara mengatasi Flu pada Bayi yang saya lakukan.
          Gempur dengan ASI.
          Karena Umar masih Bayi dan daya tahan tubuhnya lemah, saya berusaha untuk terus memberikan ASI kepada Umar. Jadi tambah rajin makan – makanan sehat supaya ASI juga bagus. Pengalaman saat Umar sakit flu saat masih Asi, ia selalu menempel untuk minta menyusui. Dan itu lumayan menguras tenaga bundanya. Jadi buat para ibu secapek apapun harus tetap menjaga asupan gizi, agar ASI untuk bayi bisa berkualitas.
          Penguapan Alami.
          Cara Mengatasi Flu pada Bayi yang kedua yaitu Penguapan secara alami. Jadi kalau bayi kena Flu bisa dipastikan orang tuanya akan begadang karena bayi ga bisa tidur. Masalahnya di hidung mampet. Sempat ngobrol dengan salah seorang teman, ia menyarankan untuk menaruh air panas dan di tetesin minyak kayu putih. kalau bayi belum bisa tengkurap di dekatkan saja supaya menghirup uapnya agar nyaman. Tapi bila sudah cukup besar, sang anak bisa di tengkurapkan dan mengarah ke uap tadi. Agar lendir dalam hidung bisa keluar.
          Sabar
          Aneh ya, tapi saya sempat membaca postingan di facebook salah satu dokter anak yang menyebutkan bahwa ketika anak terserang flu yang harus dilakukan oleh orang tua adalah sabar. Karena anak pasti rewel dan minta di gendong. Wajar karena merasa ada sesuatu yang salah di tubuhnya. Maka obat terbaik cara mengatasi Flu pada Bayi adalah pelukan orang tua.

          Flu memang menjadi penyakit yang banyak di alami oleh bayi dan anak – anak saat musim hujan tiba. Oleh karena itu ada baiknya untuk melakukan pencegahan. Salah satunya bila ada satu orang rumah terkena flu, ada baiknya menggunakan masker dan cuci tangan saat akan menyentuh bayi.
          Semoga ulasan singkat Cara Mengatasi Flu pada Bayi ini bsia membantu para ibu dan ayah yang mungkin sering bingung dan panik saat bayi nya terkena flu dan rewel. Kalau teman – teman sendiri adakah punya cara lain dalam mengatasi flu pada Bayi? Share yuk..
         

Comments

  1. Sangat bermanfaat sekali tipsnya. Kadang saya suka panik kalau anak sudah rewel karena sakit flu. Saya juga tidak tega kalau melihat anak-anak di rumah susah nafas karena hidungnya mampet, jadi berasa saya sendiri yang sakit mbak :(

    ReplyDelete
  2. Betul banget mbak, kalau anak sudah terkena flu, pasti rewel-nya mintak ampun. Kalau sudah gitu kadang kepala suka mau pecah rasanya. Mau tidak mau ya kita harus sabar ya mbak dengan kondisi seperti ini :)

    ReplyDelete
  3. Wah... sedia payung sebelum hujan kayaknya lebih baik ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Wah bener banget tuh mbak, mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Jadi ya paling tidak mencuci tangan sebelum menyentuh si kecil itu perlu diterpkan ibu-ibu di rumah. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton