Adab - Adab dalam Buka Puasa


    Adab – adab dalam buka puasa salah satu isi ceramah yang pernah saya dengar Ramadhan tahun lalu di sebuah acara buka puasa bersama. Saya sendiri waktu itu baru menyadari bahwasanya Buka Puasa tidak hanya sekedar membatalkan puasa, tetapi saat berbuka puasa adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Sehingga disarankan saat bedug maghrib jangan terburu nafsu untuk meminum air atau makan.
    Apalagi bila memang waktu berbuka kita dalam sebuah perjalanan. Biasanya rasa lelah membuat kita ingin segera membatalkan puasa. Meskipun memang benar kalau disunnahkan untuk menyegerakan membatalkan puasa. Namun, ada adab – adab dalam Buka Puasa yang bisa kita lakukan. Karena ga sampai lima menit kok untuk melakukannya.


Adab – Adab dalam Buka Puasa


    Berdzikir sambil menunggu Adzan Maghrib
    Untuk Tegal sendiri biasanya 10 menit menjelang waktu berbuka, masyarakat akan menyetel radi0 Sebayu FM sebagai salah satu radio partner pemerintah. Pada menjelang maghrib Radio Sebayu akan menyiarkan dzikir dari Masjid Agung Kota Tegal. Dzikir tersebut memang  disarankan agar lebih sering kita ucapkan di bulan Ramadhan yaitu doa Lailatul Qadar. Tapi sebelumnya dimulai dulu dengan Istighfar dan Syahadat. Kurang lebih seperti ini Dzikirnya
Asyhaduala ilaha illallah Astaghfirullah Nas alukan Jannata wa naudzubika minannar 3x
Kemudian di lanjut dengan Doa Lailatul Qadar


    Kalau di masjid saya sendiri, biasanya doa Lailatul Qadar ini biasanya dibaca atau dijadikan dzikir saat menanti sholat Tasbih di seprtiga malam di sepuluh malam terakhir. Padahal dilihat dari artinya doa  ini mengandung makna yang dalam tentang pengampunan. Oleh karena itu baik untuk dijadikan dzikir selama bulan Ramadhan.
    Berdoa Buka Puasa
    Setelah bedug Maghrib berkumandang, jangan lupa untuk doa Buka Puasa. Untuk doa ini memang ada yang bilang berbeda ya. Tapi saya sendiri masih meyakini kalau doa ini adalah Doa Buka Puasa.
pict from google

    Berdoa Hajat kita
    Adab – adab dalam Buka Puasa selanjutnya adalah berdoa tentang hajat kita yang paling urgen. Meminta agar puasa hari ini diterima oleh Allah SWT, Meminta Rejeki yang berkah dan hajat masing – masing. Biasanya saya akan memulai doa hajat ini dengan sholawat terlebih dahulu sebagai tawassul.
    Berbukalah dengan Yang Manis
    Kayaknya Berbuka dengan yang manis sudah tidak asing lagi ya. Rasulullah sendiri membatalkan puasa dengan memakan tiga buah butir kurma. Kalau di masyarakat Tegal biasanya berbuka puasa dengan wedang poci atau Teh manis. Belum selesai dengan teh manis akan berlanjut lagi dengan kolak segala rupa. Walaupun sebenarnya dengan segelas teh manis pun sudah cukup.
    Jangan Terlalu Kenyang
    Satu hal yang penting sekali untuk diingat adalah jangan sampai perut kita terlalu kenyang saat Buka Puasa. Karena sesungguhnya bila perut terlalu kenyang nanti akan berpengaruh dalam kekhusuan sholat Taraweh. Biasanya penyakit mengantuk dan sakit perut begah akan datang saat kita berbuka puasa dengan berlebihan. Untuk masalah penyakut perut, bisa terjadi karena tentu perut akan kaget. Setelah hampir seharian berpuasa, langsung balas dendam makan saat buka puasa.
    Mudah – mudahan Adab – adab dalam Buka Puasa kali ini, bisa menambah informasi kita dalam melaksanakan ibadah di Bulan Suci Ramadan. Semoga segala doa – doa yang terpanjat selama satu bulan ke depan akan diijabah oleh Allah SWT. Karena Bulan Ramadan adalah bulan yang teramat istimewa dimana segala amalan dilipatgandakan pahalanya dan Allah sangat dekat dengan Hambanya.

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton