Amalan Ramadhan bagi Perempuan yang Haid


    Beberapa waktu yang lalu saya sempat galau karena tamu bulanan datang begitu lama. Padahal biasanya tamu bulanan hanya enam hari. cuman mungkin karena pengaruh stress atau hormone jadi kumat selama 13 hari. tentu bikin galau karena datang pas di bulan Ramadhan dimana berbagai target ramadhan sudah di buat. Tapi ternyata meskipun sedang haid, ada juga lho Amalan Ramadhan bagi Perempuan yang Haid. Amalan ini saya dengar di video telegram ustadzah Halimah Alaydruz. Kalau mau lebih lengkap bisa lihat videonya di Telegram.


    Dzikir Ramadhan dan Istighfar
    Salah satu hal yang bisa dilakukan ketika kita sedang haid adalah melakukan dzikir ramadhan. Dzikir ini biasanya di lantunkan saat berbuka puasa atau saat 10 hari terakhir. Karena disana terdapat doa Lailatul Qadar. Dzikir ini bisa kita dawamkan saat melakukan kegiatan sehari – hari. untuk ibu rumah tangga pun yang sedang haid boleh sekali melakekan dzikir ini saat menyiapkan menu berbuka dan sahur. Karena biasanya ibu rumah tangga pun memiliki waktu yang sedikit untuk berdzikir setelah sholat. Dzikir bisa lihat disini
    Sedekah
    Bulan ramadhan selain menjadi bulan Alquran, juga menjadi bulan dimana banyak orang berlomba – lomba bersedekah. Kita bisa menyalurkan via ATM untuk rumah yatim piatu yang memang sudah terorganisir ataupun bersedekah secara langsung. Saya pernah mendengar bahwa sedekah yang paling baik, dilakukan saat pagi hari.  Jadi siapkan sedekah terbaikmu ya.
   
    Memberikan Buka Puasa kepada yang Berpuasa.
    Amalan Ramadhan lainnya yaitu Memberikan buka puasa atau takjil kepada yang berpuasa merupakan salah satu amalan ramadhan bagi Perempuan yang haid. Bisa dengan memberikan takjil gratis atau membantu orang rumah dengan membuatkan takjil. Sama – sama berharganya.

    Bersholawat
    Sholawat salah satu amalan ramadhan bagi perempuan yang haid. Sama halnya seperti dzikir, kita juga bisa bersholawat sambil melakukan pekerjaan sehari – hari. Bagi ibu rumah tangga bisa memasak sambil bersholawat. Jadi jangan lupa untuk terus bersholawat sepanjang waktu saat kita beraktifitas.
    Majelis Ilmu
    Amalan selanjutnya yaitu mendatangi majelis ilmu. Karena biasanya di bulan Ramadhan ini ada banyak kajian yang tersebar untuk meramaikan bulan Ramadhan. Kalau anak pesantren mungkin akrab dengan pasaran.
    Berdoa
    Tidak masalah berdoa di saat haid, karena sepanjang ramadhan adalah waktu yang istijabah untuk berdoa. Bangun sebelum sahur menghadap kiblat, menutup aurat dan berdzikir lalu berdoa diperbolehkan.
    Berbuat Kebaikan
    Berbuat baik kepada orang lain memang bukan hanya saat Ramadhan. Akan tetapi di bulan penuh rahmat ini berbuat ke baik kepada orang lain bisa kita tingkatkan. Bisa dengan perkataan yang baik kepada orang lain, membantu orang lain yang bisa kita lakukan.
    Ustadzah Halimah pun menyampaikan bahwasanya yang berhalangan hanya lah tubuh kita, hati kita tidak. Sedangkan Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu menginginkan dari ibadah kita adalah hati kita . maka ketika kita duduk , menghadap ke arah kiblat dengan menutup aurat . Kemudian mulai memperbanyak istighfar , mengingat segala dosa – dosa kita dan emmohon ampunanNYA dengan berlelehan air mata. Maka kita akan dipandang oleh Allah SWT bahkan lebih dari yang berpuasa tapi lalai hatinya.
    Jadi ukhty sholehah jangan pernah sedih ketika tamu bulanan datang di bulan puasa. Karena banyak amalan ramadhan yang bisa kita lakukan saat tubuh kita dalam kondisi haid. Mudah – mudahan postingan Amalan Ramadhan bagi Perempuan yang Haid bisa bermanfaat untuk teman – teman yang membacanya.

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton