Tips Tunjangan Hari Raya ala Ibu Rumah Tangga


    Salah satu ritual yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat pulang kampung adalah silaturahmi. Biasanya saat lebaran akan berkunjung ke keluarga yang lebih tua. Hal yang sama juga terjadi di Tegal. Tradisi saling berkunjung ini namanya nyadran . Kayaknya sudah pernah di bahas juga di blog. Jadi kali ini ga akan bahas tradisinya, tapi bahas modal silaturahminya. Karena sebenarnya sudah kultur kan ya berkunjung bawa buah tangan. Dan biasanya modal silaturahmi ini yang kadang bikin riweuh anggaran keuangan keluarga. Tunjangan Hari Raya biasanya menjadi salah satu sumber dari modal silaturahmi. Apalagi entah kenapa kebutuhan lebaran yang membengkak mau tidak mau membuat seorang ibu jadi mikir juga.




baca juga : Tips Membuat Daging Empuk
    Sekarang lumayan banyak tips THR untuk Ibu Rumah Tangga. Jadi istri bisa mendapatkan tambahan Tunjangan Hari Raya selain dari suami. Beberapa cara ini juga bisa kok buat kepala rumah tangga yang berprofesi sebagai pedagang. Supaya bisa mendapatkan Tunjangan Hari Raya dengan cara sendiri.
    Karena di lingkungan dan keluarga saya masih ada tradisi Nyadran, maka cara untuk menabung Tunjangan Hari Raya ini disesuaikan dengan kondisi yang ada disini ya. Teman- teman bisa berkreasi dengan Tips Tunjangan Hari Raya ala Ibu Rumah Tangga di sesuaikan dengan kondisi masing – masing.
    Celengan.
    Untuk celengan ini pernah dilakukan olah salah seorang saudara saya. Jadi biasanya saat syawal, sudah ada list kembali perkiraan berapa keluarga yang akan dikunjungi dan biaya – biaya untuk lebaran yang akan datang. Setelah ketemu jumlahnya, maka dibagi lagi bisa sesuai dengan bulan atau per minggu atau bahkan per hari. Dan benar – benar dibuka menjelang lebaran agar uang benar – benar digunakan sesuai dengan rencana. Sehingga Biaya silaturahmi tidak terlalu berat. Kelemahannya adalah celengan ini bisa saja di bobol bila kita tidak tahan iman dan nafsu dunia. Jadi cara ini hanya berlaku bagi mereka yang punya komitmen kuat.
    Tabungan Berjangka
    Salah satu Tips Tunjangan Hari Raya ala Ibu Rumah Tangga lainnya adalah dengan menggunakan jas Tabungan berjangka selama satu tahun. Jadi memang kita harus tahu perkiraan kapan lebaran tahun tahun depan. Untuk jumlahnya sendiri sama seperti cara yang pertama kita list dulu perkiraan kebutuhan yang sekiranya akan di gunanakan untuk lebaran. Biasanya Tabungan berjangka akan langsung di debit di tabungan kita.  Jadi kita tinggal menabung agar bisa di debit oleh pihak bank. Pencairannya sendiri bisa dilakukan saat bulan ke 12 tetapi dengan mengkonfirmasi dulu pada ke bulan 11. Supaya tabungan berjangka tidak disertakan lagi diperiode selanjutnya. Ini kalau menggunakan BNI ya gaes.
    Paket Lebaran
    Nah,kalau cara ini adalah cara mendapatkan Tunjangan Hari Raya ala Ibu Rumah Tangga yang ada di Tegal. Seperti yang sudah pernah saya bahas di blog tentang tradisi nyadran, bahwa biasanya keluarga yang berkunjung akan membawa gula the dan juga jajanan. Bayangkan kalau kita harus bertandnag ke lebih dari 40 keluarga. Kalau dihitung sungguh menguras kantong ya.. Tapi ternyata ibu rumah tangga di lingkungan saya sungguh kreatif. Jadilah ada yang membentuk paket lebaran. Paket lebaran ini biasanya berisi beras satu karung, gula 25 kg dan kebutuhan lebaran lainnya. kita tinggal memilih mau ikut paket lebaran yang mana. Biasanya paket lebaran ini akan dibayarkan per minggu selama 45 minggu. Saya sendiri ikutan juga sech seminggu delapan belas ribu. Dapat beras satu karung, teh 2 Dos, gula kurang lebih 25 kilo. Lumayan lah buat persiapan nyadran tinggal cari kue aja buat pelengkap.
    Mungkin terkadang tradisi bikin dompet jadi terkuras lah. Cuman realita hidup di daerah maka minimal sedikit mengikuti tradisi yang ada. Terkadang memang urusan nyadran ini bisa jadi bahan berantem suami istri. Lebaran kayaknya jadi nightmare buat sebagian keluarga karena kebutuhan yang lumayan besar. Meskipun sebenarnya tak masalah juga silaturahmi tanpa membawa buah tangan. Karena terkadang tetua cukup senang dengan kehadiran anak, cucu, keponakan dan buyut yang masih mau bersilaturahmi.
    Mudah – mudahan cara di atas dapat membantu para ibu rumah tangga ataupun para bapak yang memang tidak ada Tunjangan Hari Raya tapi masih bisa menghandle pengeluaran lebaran. Mudah – mudahan Tips Tunjangan Hari Raya bisa bermanfaat buat teman – teman ya.

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton