Mau Buka Usaha? Baca Tips Ini Dulu Yuk



Mau Buka Usaha?Baca Tips ini dulu yuk Karena banyak banget yang asal buka usaha tanpa ada persiapan sama sekali. 

Lah katanya kalo mau usaha jangan banyak mikir??

Iya bener banget sist..Tapi bukan berarti kamu harus sradag srudug juga ya. Tetap ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. 

Karena Tips dibawah ini hasil dari rangkuman kegagalan usaha saya selama 10 tahun. Jadi daripada kamu merasakan kegagalan yang sama. Mending coba baca dulu pengalaman dari orang lain. Karena bukan hanya kisah sukses saja yang harus kita baca sebagai penyemangat tapi kegagalan orang lain pun harus dipelajari sebagai benteng dari kegagalan

Tips Memulai Buka Usaha

Niat
Tips Memulai Buka Usaha yang pertama adalah niat. 

Ya mesti niatlah masa bohongan

Maksudnya beneran diniatkan kalau memang mau buka usaha. Bukan hanya sekedar ikutan tren atau pun biar dibilang keren dengan sebutan owner. Karena kalau hanya ikut - ikutan dan cuman ngikutin market ya usahamu bakalan jalan di tempat bahkan ga lama bisa aja jadi bangkrut 

Kaya kemaren di Tegal hits minuman es tebu,sepanjang jalan bisa dipastikan ada 2 sampai tiga outlet minuman es tebu. Hits lagi minuman ice blend macam milk tea, green tea dll langsung dah banyak banget yang jualan.

Emang ga boleh??
Boleh boleh saja asal memang sudah niat dan bukan karena ikut arus aja. Karena kalo cuman ikut arus, bisa bisa belum dapat untung malah udah putus asa duluan.

Alasan Buka Usaha

Tips Buka Usaha yang kedua adalah Tulis Alasanmu Buka Usaha. Kenapa?karena bila usahamu goyah dan kamu diingatkan dengan alasanmu buka usaha, maka itu bisa jadi moodbooster untuk capek lagi dan kerja keras lagi.

Ada yang buka usaha karena ingin menjauh dari riba, karena pekerjaan yang lama dekat dengan riba. Tulisa dah yang gede di rumah.

Ada yang buka usaha buat mencari pintu rezeki lain untuk bayar hutang. Dan masih banyak alasan lainnya.

Usahakan sebanyak mungkin alasannya sehingga ketika kamu goyah, akan selalu ada alasan untuk kembali.

Tulis alasan itu yang gede di tempat yang biasa kamu lihat. Karena bisa menjadi semangat alam bawah sadarmu.

Baca Juga : Entreupreuner Dulu dan Sekarang

Minta Restu Orang Tua atau Pasangan.

Tips Buka Usaha yang Ketiga adalah Mintalah restu kepada Orang tua dan pasangan. Jangan sampai orang tua baru tau usaha kita dari orang lain. Mungkin ada yang bilang kalo pengen kasih surprise atau ga ingin merepotkan orang tua. Tapi percaya deh usahamu akan jauh lebih mudah bila orang tuamu merestui. Minimal orang tua paham apa yang kalian kerjakan. Apalagi kalo masih kuliah atau masih tinggal dengan orang tua.Jangan sampai orang tua menjadi orang yang terakhir tahu tentang Usahamu.

Gimana dengan pasangan?
Kalo kata buku bang ippho pasangan adalah sayap malaikat yang lain selain Orang Tua. Apa jadi nya bila kita buka usaha tapi pasangan kita sama sekali ga tahu atau mungkin ga ridho. Ini bisa jadi batu sandungan kasat mata atau pun terlihat. Apalagi kalo istri yang pengen buka usaha. Sandungan Kasat mata bisa dikarenakan support system dalam keluarga. Misal dalam pengurusan anak bila istri sedang jualan atau lainnya. Mau ga mau tentu harus dikomunikasikan dengan suami baiknya seperti apa. Kalau lah diem diem aja justru nanti akan repot sendiri.

Jadi jangan lupakan kedua sayap malaikatmu ya.

Jangan Berhutang Untuk Modal

Tips Buka Usaha yang keEmpat ini biasanya yang sering banget dilakukan. Termasuk saya sendiri yang akhirnya kepleset juga.
Jadi sister bro jangan keburu nafsu meminjam untuk modal usaha. Baik ke Bank maupun Koperasi, apalagi ke rentenir. Karena nantinya jualanmu ga akan tenang. Bukan karena Riba nya ya itu biar yang ahli membahas hal tersebut.

Tapi bayangkan kalau dalam memulai usaha modalnya dari hutang. Maka mau ga mau keuntungan yang ada buat bayar modal. Iya kalau sudah untung,kalo ternyata jualan masih sepi??bagaimana bayar angsurannya???

Coba tengok ada apa aja di rumah yang bisa dijadikan modal. Cincin pernikahan, motor,atau barang lain yang bisa dijual. Kadang kita maksa pinjam modal, padahal di tangan masih ada cincin atau gelang. Padahal masih ada motor yang bisa dijadikan modal.

Jangan takut terlihat tidak punya apa - apa. Karena itu jauh lebih baik dan lebih leluasa karena kita ga dikejar kejar angsuran. Insya Allah asal sabar kelak barang yang sudah terjual bakalan kembali lagi (yaa maksudnya beli lagi ya hehehe)


Pisahkan Uang Pribadi dan Dagang

Paling susah ini kayaknya ya,Tapi kadang urusan begini ya bikin usaha kita jadi bangkrut atau pun ga kelihatan hasilnya.

Misalnya ada modal hasil jual cincin sebanyak 3 juta rupiah. Kalau memang usaha ini menjadi satu - satunya income bolehlah untuk mengambil berapa persen untuk biaya hidup sebulan. Sisanya dibagi lagi jadi dua. Satu untuk modal dan satunya lagi untuk cadangan.

Usahakan untuk memisah dompet juga ya. Supaya lebih mudah terpisah uangnya. Jangan sesekali pinjam uang modal karena pasti ga akan dikembalikan.

agak susah memang dan perlu kerja sama antar suami istri untuk saling mengingatkan. Supaya neraca keuangan usaha bisa terjamin dan gak gulung tikar.

Catat Transaksi Keuangan

Ini sebenarnya paling berat dan paling malesin ya. Cuman memang harus di paksakan biar terbiasa.Tidak perlu yang ribet banget sampe pake neraca segala. Cukup catat pengeluaran dan pemasukan saja. Sehingga kita bisa tahu siapa saja yang sering repeat order, sudah BEP atau belum, bisa menyisihkan uang untuk modal selanjutnya, dan bisa bikin target untuk kemajuan usaha kita.

Sabar

Salah satu penyakit yang bisa bikin usaha gulung tikar adalah karena kurang sabar dalam menghadapi ritme usaha. Apalagi usaha baru yang mungkin di awal harus merasakan sepi orderan atau barang yang belum laku. Atau mungkin malah kurang sabar saat pemasukan berlimpah dan keburu nafsu pengini beli ini dan itu. Padahal pemasukan tersebut bukan seluruhnya keuntungannya. Tapi modal yang harus diputar lagi. Itulah kenapa penting banget punya jiwa sabar dalam membangun sebuah usaha.

Jadi gimana sist bro? Ada yang tertampar atau masih mangggut -manggut? Mudah - mudahan tips buka usaha ini ga bikin kamu jadi mundur teratur ya. Tapi justru jadi semangat dan amunisi untuk segera buka usaha.

Saya belum pengusaha sukses, tapi setidaknya sharing tentang tips ini mudah - mudahan membantu teman - teman terhindar dalam kegagalan berusaha. Kalau teman - teman sendiri ada kah yang punya Tips lain tentang buka usaha? Sharing yuk

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton