Keistimewaan dan Amalan Malam Nishfu Syaban




Alhamdulillah akhirnya kita sampai di Pertengahan Bulan Syaban. Nanti malam merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa yaitu Malam Nishfu Syaban. Ada banyak sekali keutamaan dan amalan yang bisa kita lakukan saat Nishfu Syaban. Postingan kali ini Insya Allah saya akan bahas beberapa keistimewaan Malam Nishfu Syaban dan amalannya yang saya ambil di Instagram Khas Kempek dan NU Chanel.


Keistimewaan Malam Nishfu Syaban


          Hadist Tentang Fadhilah Bulan Syaban dari Kitab Abwabul – Faraj yang ada di postingan NU Chanel

          Dari Aisya RA, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : Jibril datang padaku seraya berkata , “Mala mini adalah malam pertengahan dari Bulan Syaban (Nishfu Syaban). Pada mala mini Allah memerdekan hamba – NYA dari neraka sebanyak bulu anjing kikik, kecuali  Orang musyrik, Orang yang saling membeni dan memusuhi, orang yang memutuskan hubungan silaturahmi, orang yang menyeret/ menurunkan pakainnya sampai ke tanah (sombong), orang yang berani kepada orang tua, orang yang selalu minum – minuman keras (HR. Imam Baihaqi)

          Selain itu dari sumber lain ( @KhasKempek) ada beberapa keistimewaan Malam Nishfu Syaban salah satu diantaranya adalah 

Keistimewaan Malam Nishfu Syaban


  • Allah SWT Mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu.
  • Allah mengasihi orang yang minta di kasihi.
  • Allah Menjawab doa orang yang meminta.
  • Allah melapangkan penderitaan orang susah.
  • Allah membebaskan sekelompok orang dari neraka



Amalan – Amalan pada Malam Nishfu Syaban




  • ·   Memperbanyak Istighfar karena manusia tidak terlepas dari dosa –     dosa.
  • ·    Membaca yasin tiga kali setelah MAghrib di malam Nishfu Syaban.
ü  Bacaan Pertama Niat agar diberi umur panjang beserta taufi untuk taat kepada Allah SWT 

ü    Bacaan Kedua niat untuk penjagaan dari bala  dan bencana serta untuk keluasan Rizki.

ü   Bacaan Ketiga Niat agar diberi kekayaan hati dan meninggal dalam khusnul Khotimah.

Setelah baca Surat Yasin lalu membaca doa kemudian membaca surat Yasin lagi dengan niat berbeda dan doa lagi



Doa Malam Nishfu Syaban
doa malam nishfu syaban

  • ·         Perbanyak Doa
          Saat malam Nishfu Syaban disarankan untuk perbanyak dzikir, istighfar dan sholat hajat atau tobat, karena Allah akan mengampuni orang yang bertobat dan yang meminta rejeki akan di kabulkan rejekinya. Dan siangnya berpuasalah. Jangan lupa juga untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Apalagi sekarang banyak yang kekurangan karena ekonomi yang sedang goyah karena Covid 19.

          Biasanya sebelum ada covid 19 doa dan pembacaan yasin akan dipimpin di masjid berjamaah. Tapi karena situasi yang seperti ini mungkin alangkah baiknya bila di lakukan di rumah masin – masing. Bisa juga memba doa san YAsin sekeluarga. Berdoa bersama untuk ketenangan dan keberkahan dalam keluarga.

          Semoga postingan ini bisa membantu teman – teman yang mungkin sedang kesusahan dan sedang ada hajat. Bangun malam dan menangislah memohon ampunan dan berdoa. Karena sungguh nikmat ketika kita berpasrah kepada Allah SWT. Berdoa di keheningan malam tanpa sesiapun. Perbanyak istighfar dan sholawat. Karena doa tidak akan sampai bila tanpa sholawat.

          Jangan lupa juga selipkan doa agar Virus covid 19 ini segera berlalu dari dunia ini. Agar Ramadan bisa ramaikan masjid lagi. Karena sesunggunya virus ini mengajarkan kita untuk selalu bergantung kepada Allah SWT. Sekali lagi jangan lupa sisihkan waktu mala mini ya. Kita bermunajat untuk bangsa Indonesia dan juga dunia. Indonesia bisa melawan Covid 19.

Tidak ada komentar

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih