Yuk, Kenali Istilah dalam Pandemik Covid 19

Covid 19


Dulu sewaktu pertama kali virus Corona muncul di Wuhan Desember 2019, saya tidak pernah membayangkan kalau ternyata virus itu bisa tersebut di Indonesia. Iya dulu saya se naif itu menganggap kalau virus ini akan cepat usai di Wuhan setelah adanya Lockdown di wilayah tersebut. Ternyata virus itu menyebar sangat cepat ke negara tetangga dan akhirnya muncul juga di Indonesia. 



Sejak saat itu akhirnya mulai agak serius ikutin beritanya di Indonesia. Apalagi pas ketahuan ada yang positif. Dan tersebar lah isu adanya Lockdown kota Jakarta. 

Isu Lockdown juga sempat muncul di kota Tegal atas usulan dari wali kota Tegal. Tapi sebenarnya apa sech Lockdown??? Setelah pandemik ini muncul kayaknya mulai banyak istilah - istilah yang digunakan dalam pemaparan berita tentang virus corona. Kira - kira kita tahu ga ya istilah - istilahnya. 

Yuk, Kenali Istilah dalam Pandemik Covid 19

Covid 19
Corona Virus Disease 19 adalah nama ilmiah dari virus Corona. Virus ini masih satu keluarga dengan virus menular lainnya yang menyerang pernafasan yaitu Mers dan SARS. Virus ini konon di temukan di sebuah pasar di Wuhan yang menjual daging hewan liar terutama kelelawar. Karena sebagian besar pasien covid 19 bersentuhan atau mengkonsumsi daging kelelawar yang belum matang. 

Lockdown
Istilah pandemik covid 19 yang sering kita dengar adalah Lockdown. Lockdown ini adalah penutupan segala akses jalan masuk dan keluar sebuah wilayah. Dimana pemerintah harus ikut menanggung kebutuhan masyarakat. Selain itu masyarakat sangat dibatasi kegiatannya. Dan meliburkan sekolah dan instansi. Dan bila melanggar dikenakan denda yang tidak sedikit. 


PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) 
Insya Allah katanya di Tegal akan melaksanakan PSBB selama 30 hari dengan evaluasi setiap 14 haril. Masyarakat masih beraktivitas hanya saja sangat di batasi. Dan restoran masih boleh buka akan tetapi tidak melayani makan di tempat. Dilakukannya penutupan akses masuk dan keluar wilayah tersebut. 

Isolasi Mandiri
Isolasi mandiri biasanya di lakukan oleh OTG (orang tanpa gejala) yang habis bepergian dari daerah red zone. Maka untuk pencegahan dilakukan Isolasi Mandiri tidak keluar rumah dan tidak bersentuhan dengan manusia lain selama 14 hari. Karena virus ini akan terlihat setelah 14 hari. 

Social Distancing atau di rumah aja. 
Sudah pada kenal lah ya dengan istilah ini. Jadi dirumah aja adalah salah satu pencegahan agar kita tidak tertular virus ini. Dengan cara tidak berkumpul dan menjaga jarak satu sama lain agar tidak terkena droplet dari orang yang positif covid 19.

Sekarang kita akan bahas istilah yang ada dalam gambar di bawah. Ini adalah data pernah tanggal 18 April 2020 yang saya ambil di @infotegal



Orang Tanpa Gejala (OTG) 
Istilah dalam Pandemik Covid 19 ini adalah orang yang telah bepergian dari daerah Red Zone. Untuk kota Tegal sendiri Data OTG ini didapatkan dari laporan rt yang mendata warganya yang mudik atau habis pulang dinas dari daerah red zone. 

Orang Dalam Pengawasan (ODP). 
Dulu saya pikir ODP ini adalah orang yang habis bepergian dari daerah Red Zone. Tapi sempat baca di beberapa artikel bahwa ODP adalah orang yang memiliki salah satu dari gejala virus Corona. 

Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 
PDP ini adalah istilah yang diberikan kepada pasien yang memiliki gejala lebih berat dan di sertai dengan demam. Kalau sudah PDP biasanya akan dilakukan isolasi di rumah sakit. Di Tegal sendiri ada kasus PDP yang meninggal dunia dan di ketahui hasil test nya positif covid19. 

Droplet

Ada yang pernah dengar istilah ini? Istilah dalam pandemik covid 19 ini artinya adalah percikan ludah pasien yang mungkin tanpa di sadari. Itulah kenapa di haruskan memakai masker. 

Itu tadi beberapa istilah yang sering banget kita dengar dalam pandemik covid19 ini. Silahkan di koreksi bila ada kesalahan penulisan ya. 

Oiya untuk informasi resmi tentang pandemik ini bisa cek di situs resmi pemerintah Di sini

Dan mudah - mudahan tulisan yuk, kenali istilah dalam pandemik covid 19 ini bisa membantu teman - teman dalam memahami bahayanya virus ini. Semoga kita semua selalu sehat dan virus ini cepat berlalu. Amin


Via podcast

https://anchor.fm/nur-aliah-saparida/episodes/Istilah---istilah-covid-19-ed094d

No comments

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih