Pentingnya Vaksin Dewasa

 



Pentingnya vaksin dewasa rasanya memang sudah tidak bisa disepelekan lagi. Apalagi di masa pandemi seperti ini, banyak orang yang berlomba - lomba agar menjaga imunitas tubuh dan terhindar dari penyakit. Ada beberapa penyakit yang sebenarnya bisa diantisipasi dengan vaksin. Bahkan salah satu nya adalah penyakit yang sangat berbahaya dan menjadi salah satu penyakit pembunuh wanita nomer satu yaitu kanker serviks. 


Mungkin bagi sebagian orang vaksin itu hanya di peruntukkan bagi anak - anak. Tapi sesungguhnya orang dewasa pun juga membutuhkan vaksin. Bahkan ada vaksin yang harus diulang. Ada beberapa vaksin dewasa yang perlu kita ketahui


Vaksin Influenza


Vaksin ini dilakukan setiap tahun dan bisa untuk dewasa atau pun anak - anak. Vaksin ini untuk mengantisipasi penyakit influenza yang biasanya sering terjadi di musim pancaroba. Apakah ketika sudah di vaksin ini tidak kena influenza? Mungkin saja masih terkena hanya saja efek negatifnya bisa lebih ringan. 


Vaksin Hepatitis A dan Hepatitis B


Vaksin Hepatitis A dan Hepatitis B adalah salah satu vaksin dewasa yang di rekomendasikan. Apalagi bila memang kita berada di lingkungan asrama atau pesantren yang berkumpul dengan banyak orang. 

Jika memang kita berada di lingkungan seperti ini, maka di sarankan untuk melakukan vaksin Hepatitis A , karena penularannya lebih mudah dengan makanan atau peralatan makanan dll. Sedangkan hepatitis B di tularkan melalui cairan penderita. 


Vaksin HPV

Vaksin Dewasa ini sangat membantu bagi para perempuan. Karena vaksin ini untuk pencegahan penyakit kanker serviks yang merupakan salah satu penyebab kematian perempuan. Meskipun ada data yang mengatakan bahwa vaksin ini bisa untuk pria sebagai pencegahan penyakit kulit kutil. 


Vaksin HPV ini untuk melawan dari serangan virus Human papillomavirus (HPV) yang sering menyerang perempuan yang sudah aktif melakukan seks. 


Pemberian vaksin ini sebenarnya akan lebih efektif bila di lakukan sejak anak - anak dengan pengulangan sebanyak tiga kali dan tidak boleh telat dari jadwal. Tapi bila memang belum aktif melakukan seks pun bisa menyusul melakukan vaksin ini. Tentunya pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. Bisa menjadi bahan pertimbangan juga saat memiliki seorang anak perempuan. 


Untuk informasi  jenis vaksin dewasa, teman - teman bisa coba cek di halodoc. Karena di situ akan di jelaskan secara mendetail tentang vaksin dewasa yang bisa kita lakukan sesuai dengan kebutuhan. Dan ternyata buat teman - teman yang merasa bingung harus mencari informasi dimana untuk melakukan vaksin, ternyata halodoc bisa memfasilitasi untuk melakukan temu janji di rumah sakit atau rumah vaksin di sekitar daerah teman - teman. Karena saya di Tegal, Alhamdulillah bisa melakukan temu janji di RS mitra keluarga melalui halodoc. 


Mudah - mudahan dengan artikel ini kita bisa lebih aware lagi tentang Pentingnya Vaksin Dewasa, bukan cuman untuk anak - anak. Dan di era pandemi ini jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Bila dirasa tidak enak badan dan memerlukan pelayanan tenaga kesehatan, Halodoc mungkin bisa menjadi pilihan sebelum datang ke tempat fasilitas kesehatan. Karena di Halodoc kita bisa konsultasi dengan dokter sesuai spesialis yang kita butuhkan. Bahkan bisa juga sekaligus membeli resepnya. Jadi bila memang tidak terlalu berat masalah kesehatannya, semua pengobatan bisa di lakukan di rumah. 



Tidak ada komentar

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih