Monday, 22 July 2013

Kuliah Subuh #11 Ahli Surga dan Wanita Sholehah



            Kuliah subuh yang agak berat karena ngantuk yg luar biasa hehehe. Tapi harus bisa melek semelek – meleknya. Kuliah subuh hari ini (20/7/2013) gilirannya ust. Zainudin untuk memberikan ceramah. Oiya, makin hari jamaah kuliah subuh makin dikit aja. Mungkin karena yg anak sekolah udah pada masuk kali ya. Jadi yg paginya mau ngajar mungkin tidur buat stamina sama anak sekilah juga mungkin lebih milih tidur ya. Oke lah positif thinking aja ya.
            Menurut beliau ada 3 hal yang hanya bisa di lakukan oleh para ahli surga.
            1. Mencari ilmu / ngaji
Dalam hal ini bisa mencari ilmu agama bisa juga ilmu pengetahuan. Karena umat muslim harusnya haus akan pengetahuan agar tidak tertinggal. Begitu juga dengan ngaji maka akan dapat ilmu yang bermanfaat tentang agama. Menurut kitab Qibyan (mudah – mudahan ga salah ya) Rasulullah tidak suka dengan orang yg baca Al-Qur’annya di bolak – balik. Membaca Al-Qur’an haruslah urut.
            2.  Mengangkat derajat orang miskin.
Kenapa kita harus mengangkat derajat orang miskin? Karena di akhirat nanti orang – orang fakir miskin di suruh mencari dan mengingat orang – orang yg pernah memberikan makan, minum, sandang atau pun pertolongan yg lainnya. Karena setelah mengingat dan mencari akan di gandeng menuju surga. Tentu saja mereka kaum fakir miskin yg beriman. Kebayang ga kalau banyak banget kaum dhuafa yg kita tolong?subhanallah..oiya ada cerita tentang sahabat Rasul yaitu Abdurrahman bin Auf orang yang paling dermawan. Suatu saat Rasulullah pernah berucap ingin meninggal dalam keadaan miskin. Hal ini maksudnya meninggal tanpa meninggalkan hutang dan harta. Maka sahabat Abdurrahman pun juga berdoa agar bisa meninggal seperti nabi. Akhirnya Abdurrahman menjual semua asetnya dan ia sedekahkan di jalan Allah. Ia hanya menyisakan sedikit untuk sehari – hari. Namun Allah rupanya tidak mengijinkan seorang Abdurrahman miskin. Hal ini karena Allah tahu harta Abdurrahman bermanfaat selalu untuk kebaikan. Akhirnya pada suatu masa kurma mengalami gagal panen. Dan yang memiliki bibit kurma yang terbaik adalah sahabat Abdurrahman bin Auf. Maka ia pun diberi rejeki yg luar biasa. setiap ia sedekahkan hartanya, maka Allah membalasnya berkali kali lipat. Tidak di ijinkan oleh Allah Abdurrahman miskin.
3. Menyayangi kepada orang yang meninggal.
     Caranya adalah selalu dengan mengirimkan doa kepada mereka saat sehabis sholat. Karena sesungguhnya mereka yang meninggal telah terputus segala amalannya kecuali 3 perkara salah satunya adalah doa anak yang sholeh. Walau begitu sudah seharusnya kita mendoakan mereka yang sudah meninggal. Karena mendoakan orang lain akan berbalik kebaikannya kepada kita.
Setelah bahas tiga hal yang tadi, ust. Zainudin pun membahas tentang wanita sholehah.  Jadi ada enam hal yang menjadikan seorang wanita itu menjadi wanita sholehah yang sempurna, yaitu:
1.      Menjaga Sholat lima waktu.
2.      Taat kepada suami.
3.      Mencari ridho Allah SWT.
4.      Menjaga lisannya dari ghibah.
5.      Urusan dunia jangan terlalu di pentingkan (maksudnya adalah jangan sampe ngejar dunia terus lupa sama Allah)
6.      Riyadhoh ( banyakin wirid agar keluarga selalu di ridhoi Allah)

Mengenai wanita sholehah ini ada cerita tentang ibunya KH Hasyim Asy’ari salah satu pendiri NU. Jadi ibunya itu setiap hari mewiridkan kalimat Laa ilaaha ila anta subhanaka inni kuntu minadzolimin sebanyak 7 karung kedelai. Banyak banget ya. Riyadhoh inilah yang akhirnya menghantarkan anak – anaknya sukses. Kesimpulannya sech seorang ibu sangat berperan dalam hal kesuksesan anak ya. Ibu yang rajin Riyadhoh biasanya akan memudahkan anak – anaknya dalam menapaki kehidupannya.
Sekian reportase yang telat ini. Duh serius ngebut ini ngetiknya habis masih ada tanggungan lagi. habis tadi pagi ucen rewel sech..ehh malah curhat..yudah ya terima kasih banyak sudah mampir. Semoga bermanfaat. Amin

6 comments:

  1. terima kasih mba septi udah mampir ke rumahku hehehehe...salam kenal..

    ReplyDelete
  2. lalu dimanakah wanita shalihah itu? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. adaaa..pasti adalah..tinggal kamunya nyari pake mata atau hati..minta sama makhluk atau minta sama Allah..hehehhe

      Delete
  3. oh gitu tapi apa penulisnya sudah melakukannya hehe

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text