Friday, 8 November 2013

Asal Usul Tahun Baru Islam



suasana pengajian khoirunnisa
            Seperti biasa malam sabtu itu jadwalnya pengajian “Khoirunnisa” kali ini bertempat di rumah Nurul. Aku sendiri kayaknya baru dua bulanan dech ikut pengajian ini. Maklum baru tobat heheheh. Oke lah udah di niatin habis pengajian mau langsung posting isi ceramahnya. Jadi di pengajian ini ada pembacaan barzanji, tahlil (dan saya selalu ngeles kalau di suruh pimpin tahlil heheh) sama baca aqidatul awam (kalah sama anak madarasah..mereka udah hafal gituuu) terus baru dech isi ceramah. Spesial mala mini di tambah nyanyi mars IPNU – IPPNU hwakakka..gegara hari ahad koor di pelantikan debong tengah. Ntar aku bikin posting khusus tentang IPNU- IPPNU debong kidul hehehe.
 Ini Ustadz A.Fauzi


            Kali ini yang mengisi ceramah adalah ustadz A.Fauzi. kalau yang pengin tahu ceramahnya beliau bisa liat postingannya disini. Salah satu yang membuat saya suka dengan cermah beliau karena selalu bercerita tentang sejarah islam. Kali ini beliau cerita tentang awal muasal tahun baru islam.
            Seperti yang kita ketahui bahwa tahun Hijriyah di mulai saat Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Yastrib (sekarang Madinah). Nah, tau ga kenapa sampai ada tahun Hijriyah? Kebetulan cerita ini di dapatkan dari KH.Mustofa Aqiel. Jadi ada dua orang sahabat ( ustadznya lupa nama sahabatnya) sebuat saja Sahabat A dan Sahabat B. nah, sahabat A berhutang uang ke sahabat B. dia berjanji akan membayar saat bulan Haji (aku lupa bulan apa biar gampang bulan haji ya). eh pas di tagih pas bulan haji, si sahabat A ngeles bilangnya bukan Haji tahun depan lagi, begitu seterusnya. Akhirnya sahabt B mengadu ke khalifah Umar bin Khatab.
            Akhirnya Umar pun mengadakan rapat dan memutuskan sudah saatnya umat islam memiliki penanggalan. Karena saat itu masyarakat menandakan tahun dengan kejadian yang luar biasa, misalnya tahun gajah. Nah, saat rapat itu banyak sekali yang mengeluarkan usulan. Ada yang mengusulkan dimulai saat kelahiran Rasulullah,  ada yang mengusulkan saat Rasulullah menikah dengan Siti Khadijah dan terakhir sahabat Ali bin Abi Tholib yang mengusulkan di mulai saat Nabi Muhammad SAW hijrah ke Yatsrib. Kenapa? Karena saat di Mekah umat nabi di samakan dengan kaum quraisy yaitu manusia. Tetapi saat hijrah Allah mengangkat derajat kaum muslimin menjadi orang – orang yang beriman. Akhirnya usulan tersebut di sepakati bersama.
            Sebenarnya banyak juga cerita yang lain, tapi takut kepanjangan ntar hehehe. Kalau tahun baru masehi saja kita bikin resolusi harusnya Tahun Baru Hijriyah pun harus punya resolusi, missal sholat tepat waktu, istiqomah tahajud, Dhuha, sama puasa sunnahnya (self reminder heheheh)
            Itu tadi cerita saya hari ini, mana ceritamu???

6 comments:

  1. Selamat Tahun baru Islam, semoga membawa berkah untuk umat Islam di seluruh dunia Aamiin.

    ReplyDelete
  2. Amiinn,,,Terima kasih mba sudah mampir...

    ReplyDelete
  3. selamat tahun baru islam... salam buat teman teman IPPNU, bilang dari anak IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) :D ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat tahun baru islam juga mas...nanti di sampaikan...salam juga buta teman - teman di IMM ya...

      Delete
  4. ini ceritaku di awal tahun baru 1435 Hijriyah. http://cahpulokulon.blogspot.com/2013/11/polemik-awal-tahun-baru-1435-hijriyah.html

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text