Saturday, 9 May 2015

Tebus Weteng, Sebuah Tradisi dari Kota Tegal




            Beberapa waktu yang lalu saya dan suami akhirnya menyelenggarakan acara tebus weteng. Tebus Weteng ini sebuah acara empat bulanan kehamilan yang ada di kota Tegal. Padahal waktu itu kandungan usia kandungan udah mencapai 5 bulan hehehe. Kebetulan memang mencari hari libur biar keluarga yang jauh bisa datang dan kedua adik saya bisa pulang dari pondok pesantrennya.
            Salah satu yang khas dari acara Tebus Weteng adalah Tuku Rujak (beli rujak). Jadi makanan yang wajib ada di acara Tebus Weteng adalah Rujak Serut. Rujak Serut ini terdiri dari buah papaya muda, JAmbu merah, Salak, Kedondong,bengkoang,pisang klutuk semua di parut. Ditambah irisan nanas dan juga jeruk bali dan delima. Kemudian di campur bumbu – bumbu rujak. Sebenarnya sech bahan – bahan itu kita yang beli, tapi sesuai adat sebelum rujak di bagikan maka pasangan suami istri yang punya hajatb (saya dan suami) harus beli rujak ke yang buatin rujak. Waktu itu saya dan suami beli rujak seharga masing – masing sepuluh ribu. Biasanya yang membuat rujak akan mendoakan semoga anak dalam kandungan bisa sehat dan jadi anak yang sholeh sholehah.


            Makanan yang lain harus ada di acara tebus weteng adalah lolos. Lolos ini makanan tradisional yang rasanya manis banget. Lolos ini mirip dodol tapi licin berminyak. Tapi bukan berminyak kayak gorengan ya. kenapa makanan ini harus ada? Karena supaya saat kita melahirkan bisa semudah lolos yang licin. Duh, orang tua jaman dulu mah ada – ada aja yak hehehe.
            Tapi saya sendiri menikmati acara tersebut, apalagi saat sesi pengajian tausiah ustadnya tentang kehidupan rumah tangga. Yah walaupun habis itu badan rasanya capek minta ampun. Untungnya suami mau mijitin kaki yang sempat bengkak.
            Sebetulnya ada juga acara mitoni atau tujuh bulanan. Tapi di keluarga saya sendiri biasanya hanya dengan menggunakan acara empat bulanan. Sesuai selera masing – masing pasangan sech. satu hal yang penting adalah bagi ibu yang muslim untuk selalu membaca Al-Qur’an saan kehamilan.
            So, kalau di tempat kalian acara empat bulanan namanya apa?

8 comments:

  1. Ooh baru tau kalau namanya Tebus Weteng. Aku dulu gak ada 4 bulanan, cuman sekali ngadain 7 bulanan :D Semoga sehat ya ibu dan janinnya, aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinnn..makasih mba doa nya...iya disini juga ada 7 bulanan namanya mitoni...tapi aku pakenya yang 4 bulanan aja..

      Delete
  2. ya ampuuunn enak bngt kyknya glek!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pedes plus seger plus asem dikit...hihihi..enak lhooo mbaa

      Delete
  3. dulu aku pas 4 bln malah pengajian aja n malah yg 7 bln yg pke rujak serut

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai selera sech..rujaknya bisa 4 bulan bisa 7 bulan..

      Delete
  4. Aku gagal paham nih. kok malah Fokus ke Rujaknya -_-" hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga ya mba..kok fokus ke rujaknya hehehe..soalnya acaranya slametan pengajian biasa...gongnya ya di rujaknya...

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text