Monday, 13 July 2015

Tips Hidrasi Sehat bagi Ibu Hamil dengan AQUA 242




            Ramadhan sudah hampir mendekati akhir. Alhamdulillah Ramadhan kali ini sangat spesial bagi saya. Kebetulan Ramadhan tahun ini bertepatan dengan kehamilan anak pertama. Hal ini sebenarnya sempat membuat galau apakah akan puasa atau tidak? Tapi bismillah dengan keyakinan akhirnya saya memutuskan untuk puasa.
            Sayangnya puasa saya tidak selancar saat tidak hamil. Beberapa hari sempat tidak puasa dikarenakan badan saya lemas dan kepala agak ngeliyeng pusing dan pinggang lumayan pegel. Setelah diselidiki dan tanya ke tenaga kesehatan ternyata saya mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan. Duh! Penyakit lama saya memang malas minum air putih. Oiya sebenarnya apa seh hidrasi dan dehidrasi?
Hidrasi bisa dikatakan keseimbangan cairan dalam tubuh. Cairan dalam tubuh di butuhkan untuk menjamin fungsi metabolisme tubuh. Sedangkan dehidrasi berarti kebalikannya kurangnya cairan dalam tubuh karena jumlah air yang keluar lebih banyak daripada yang masuk. Misalkan : berkeringat yang berlebihan tanpa adanya asupan cairan ke dalam tubuh.
Untuk tahu apakah tubuh kita hidrasi atau dehidrasi dengan cara melihat urine. Apabila warna urine kita pucat dan tidak berbau maka kondisi hidrasi baik. Tapi apabila berwarna orange – kuning dan berbau menyengat itu tanda bahwa hidrasi kita jelek (mengalami dehidrasi).
Lalu bagaimana hidrasi yang baik buat ibu hamil?. Normalnya kebutuhan manusia adalah delapan gelas per hari. Sedangkan kebutuhan untuk ibu hamil bisa mencapai sepuluh gelas per hari (saya jauh dari itu hiks). Ada beberapa faktor yang menyebabkan ibu hamil harus terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi pada ibu hamil bisa menyebabkan adanya gangguan ringan atau kronik. Gangguan ringan secara mendadak bisa menyebabkan gangguan pada janin dan persalinan yang lama .Sedangkan gangguan kronik bisa menyebabkan adanya batu kemih. Wah! Ternyata ibu hamil harus memiliki hidrasi yang baik selama kehamilan.
Ada beberapa manfaat air putih bagi kehamilan, yaitu:
Air putih mengurangi sakit kepala saat kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan cairan dalam organ tubuh ibu hamil dan juga karena kelelahan. Alih-alih mengonsumsi obat alangkah baiknya dengan minum air putih secara teratur.
Air putih mencegah dehidrasi dan penumpukan cairan. Penumpukan cairan ini biasanya terjadi karena aliran darah yang kurang lancar. Biasanya penumpukan bisa terjadi di kaki, tangan,dan persendian. Hal ini di sebabkan janin yang menekan pembuluh darah sehingga terjadi pembengkakan.
Air putih mencegh munculnya stretch mark. Penting buat para ibu hamil! Biasanya salah satu yang menjadi keluhan ibu hamil adalah karena adanya gurat-gurat tidak rata pada perut saat kandungan mulai membesar. Rupanya kuliat yang kurang terhidrasi akan lebih mudah menimbulkan strechmark. Oleh karena itu kulit harus terhidrasi agar lentur dan kenyal. Hal ini bisa dilakukan dengan minum air putih.
Air putih menghilangkan racun. Terkadang kita berusaha agar asupan makanan terjamin kebersihannya. Namun kadang kita tidak tahu bila ada zat yang berbahaya masuk ke dalam tubuh kita dan akan berpengaruh terhadap janin. Oleh karena itu ada baiknya sebelum dan sesudah makan minum masing-masing satu gelas air putih.
Ternyata air putih itu sangat besar manfaatnya ya buat tubuh kita. Tapi bagaimana caranya supaya hidrasi sehat saat berpuasa?
Beruntungnya ibu saya menyaksikan iklan Aqua kampanye 2+4+2. Apa itu kampanye 242? Kampanye ini hadir untuk menjaga agar hidrasi tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa. Kebutuhan harus tetap terjaga delapan gelas sehari tanpa harus mengganggu ibadah Ramadhan.
Dua gelas saat berbuka. Saat berbuka minum segelas air putih. Lalu makan hidangan berbuka puasa seperti kolak dan di tutup dengan satu gelas air putih lagi.
Empat gelas saat malam. Satu gelas sebelum makan, dua gelas setalah makan dan satu gelas sebelum tidur. Kebetulan kami makan malam setelah menjalankan sholat maghrib. Jadi sebelum makan minum segelas air putih. Setelah makan malam sudah pasti lah ya minum satu gelas lagi. Supaya perut tidak terlalu penuh saat sholat taraweh. Sehabis sholat taraweh biasanya saya langsung minum satu gelas air putih. Dan sebelum tidur satu gelas air putih untuk menjaga metabolism tubuh saat tidur. Agak berbeda ya, tapi intinya empat gelas saat malam. Terkadang kalau cuaca panas ya lebih dari empat gelas.
Dua gelas saat sahur. Saat bangun tidur biasanya saya langsung minum satu gelas air putih. setelah makan sahur dan menjelang imsak masing-masing satu gelas.
Lebih dari delapan gelas yang saya penuhi untuk mencapai hidrasi sehat saat hamil. Aqua sebagai AMDK yang sudah terbukti kualitasnya. Selalu memberikan air minum dengan sumber mata air yang terpercaya dan memberikan informasi tentang hidrasi yang sehat.
Tadinya keluarga kami tidak mengetahui adanya rumus 2+4+2. Tapi berkat iklan Aqua kami jadi bisa mengetahui takaran yang pas untuk menjaga hidrasi tetap terjaga. Terima kasih Aqua. 


Sumber :
1. Manfaat air putih bagi kehamilan http://bidanku.com/manfaat-air-putih-bagi-kehamilan
2.  Berapa kebutuhan air saat hamil? http://www.anakku.net/berapa-kebutuhan-air-saat-hamil.html
3. Sudah cukupkah hidrasi anda? https://infosehat09hartonoprasetyo.wordpress.com/2010/05/23/sudah-cukupkah-hidrasi-anda/
4. http://www.aqua242.com/


           

16 comments:

  1. Wah..lagi hamil ya? Selamat ya Mak atas kehamilannya. Semoga sehat terus dan dede bayi juga bisa baik tumbuh kembangnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak..makasih Amiin..makasih doanya ya...

      Delete
  2. Iya Mak, kalau kurang minum suka pusing. Alhamdulillah, saya penyuka air putih. 1 galon AQUA dikonsumsi sendiri habis tak sampai 1 minggu. Kalau sering di rumah, cuma 3 hari..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaahhh kereenn...aku sempet kena radang ginjal mak gegara kurang minum air putih...apalagi puasa suka males..hehehe..padahal kalau kurang minum badan lemes pinggang pegel..

      Delete
  3. huhuu...waktu hamil di bln puasa saya bolong puasanya, gak bisa poll krn pusing dan lemes

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bolong dua hari mak hehehe..gegar malamnya kurang minum...badan lemes plus nggereges..

      Delete
  4. Aaaak, aku jadi pengin hamiiiil
    Doain ya maaak, biar bisa hamil lagi.
    Moga2 pas hamil, aku bisa jalankan tips sehat 2-4-2 ala AQUA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn..semoga bisa hamil lagi ya mak...ni aja lagi coba nerapin 242 kadang suka kurang kadang lebih hehehe

      Delete
  5. hidup air putih, ternyata bisa membantu mengurangi stretch mark ya mak, coba tau dari dulu hehe *kode*

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga nyesel taunya setelah garis garis itu udah mulai nampak hiks...hiks..

      Delete
  6. Moga lançar puasanya ya, Widhie. Dedenya udah belajar puasa dari dalam perut, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..makasih bunda doanya...udah bolong dua hari soalnya badan lemes suruh neneknya buat buka aja...Alhamdulillah dedek ga rewel...

      Delete
  7. Saya waktu hamil dulu, full gak puasa mak. soalnya mual muntah berat nih :D
    Good luck untuk kontesnya ya mak. Semoga kita sama-sama menang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn..juara harapan juga gpp hehehe...Alhamdulillah udah ga mual muntah jadi bisa ikutan puasa...

      Delete
  8. First thing first, congrats for your pregnancy yaaa, Mak. Ikut hepi. Kapan HPLnya? Salut nih masih kuat puasa. Nggak semua bumil bisa kuat kan ya soalnya. Semoga semua dilancarkan ya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mami grece...HPL kata bidan sech 19 september..Amin..makasih doanya ya mami...

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text