Saturday, 5 September 2015

Mitos atau Fakta : Air Es Bikin Bayi Gede



            Jadi ceritanya beberapa hari ini saya lagi doyan minum air es atau air dingin. Apalagi kalau habis aktivitas di luar ruangan. Beberapa orang tua sempat bilang ga boleh minum es nanti bayinya jadi gede. Nah! ternyata beberapa hari yang lalu saya ke dokter kandungan buat USG dan debay beratnya udah 3,3, di usia 37 minggu. Tambah galau apa iya gara-gara minum es? Etapi semalam diskusi dengan mba ila, mba zachira indah dan mba Okta. Mba Okta ini kebetulan seorang bidan yang dinas di sebuah puskesmas di kabupaten Tegal. Jadilah saya posting tentang Mitos atau Fakta : Air Es Bikin Bayi Gede
sumber disini
            Jadi menurut mba Okta, sebenarnya tidak ada hubungannya antara minum es dengan berat bayi. Akan tetapi jadi pengaruh bila es tersebut di campur dengan gula. Contohnya: minum es teh atau es campur yang ada pemanisnya. Nah! itu jadi beda perkara. Tapi kalau sekedar minum air dingin putih tidak akan menyebabkan berat bayi jadi naik.
            Kebetulan mba Zachira Indah juga mengalami masalah yang sama waktu hamil. Saat dia hamil juga sering kepanasan dan bertanya ke bidannya tentang mitos tersebut. ternyata jawabannya sama juga seperti mba Okta. Kalau menurut mba Okta biasanya seorang ibu yang mengidap diabetes akan melahirklan bayi dengan ukuran besar. Karena pengaruh gula yang ada dalam ibu. Wah kayanya kadar gula saya masih normal dech?jadi kayaknya berat bayi saya memang karena hobi bundanya yang susah berhenti makan hehehe.
            Meskipun tidak ada pegaruhnya dengan berat bayi, ada baiknya bumil tidak terlalu berlebihan mengonsumsi air dingin. Takut nanti kena pilek malah imunitas jadi lemah dan kasihan juga dede bayi dalam kandungan bisa lemah juga. Sesi terakhir ngobrol juga mba Okta ngingetin es cream bisa dengan sangat cepat menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Oalah jadi inget saudara saya yang waktu hamil memasuki usia Sembilan bulan, berat bayi cuman 2,2 kg. akhirnya disuruh obygynnya makan ice cream (yuummyy). Mulai ngemil saat terakhir hamil. Ga kaya saya yang dari bulan ke empat udah makan apa aja hehehe.
            Itu tadi obrolan singkat saya dengan teman-teman wanita di klub buku milana *tsaahh. Mudah-mudahan bermanfaat ya buat para ibu hamil ataupun yang sedang promil. Yuk, sharing disini mitos yang ada di daerahmu tentang ibu hamil.

10 comments:

  1. memang sih banyak orang percaya dg mitos itu, untuk bumil ataupun yg bukan bikin perut buncit. padahal air kan rumus kimianya H2O gaka ada yang bukin gendut dari unsur-unsurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga ya mba..aku malah ga kepikiran rumus kimianya hihihi..tapi mitosnya gitu mba...maksih udah mampir mba..

      Delete
  2. Betul banget itu.. air apa pun kalo dicampur gula ya jadi kalori :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa....adeuh lagui ngurangin minum teh manis...hihihi..kalau es biasanya cuman air putih aja kalau tegal lagi panas banget...pas lebaran aja khilaf hihii

      Delete
  3. aku tau ini cuma mitos, tapi ttp aja g bisa minum air es kebanyakan mba ;p.. cepet batuk dan pilek akunya... jd susah minum obat kalo lg hamil gitu kan... jd ditahan2in ga srg2 bgt minum yg dingin2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kemaren sempet khilaf minum dingin terus gegara cuaca panas..langsung batuk..kapok..soalnya kalo batuk agak sakit perutnya..hamil tua hehehe..sekarang mah udah jarang minum dingin..sesekali aja kalau mentok panas..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Dulu ibuku juga suka wanti2 ini, bner ga y

    ReplyDelete
    Replies
    1. tu udah di jawab mba sama komen komennya hihihi

      Delete
  5. Jadi sarannya ngurangi yang manis2 ya, mba. hihi. Moga bumil tetap sehat sampai lahiran lancar ya.

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text