Monday, 16 September 2013

Kue Balok ala Pasar Astana Anyar



                Udah lama banget ga posting di blogspot hehehe. Kangen banget dan untuk mengobati kekangenan dengan si biru ini (sebutan buat blogspot). Malam ini mau reportase tentang kue yang kayaknya cuman ada di bandung. Lebih tepatnya cuman ada di daearah pasar Astana anyar. Deket sama tegal lega dech. Jadi itu makanan favorit waktu TK. Sayangnya udah bertahun – tahun ngidam ni kue ga pernah kesampaian. Masalahnya ke bandung khan pasti pas lebaran tuch paling juga cuman empat hati paling lama. Otomatis penjual kue balok juga masih lebaran ya. nah! Seneng dech pas tanggal 1 september kemarin akhirnya bisa beli juga hehehe
                Apa sech kue balok? Jadi kue ini hampir sama kue pukis tapi lebih gede tiga kali lipatnya kali ya. dan rasanya ga terlalu manis. Biasanya sech dimakan ditemani secangkir kopi. Jadi kue baloknya di celupin gitu.  Karena kebetulan yang jual juga nyediaan kopi. Enak lah tempatnya. Sayangnya karena penuh tempat duduknya dan aku sendirian jadi aku bawa pulang juga. Padahal suasananya enak banget buat ngopi – ngopi disitu sambil ngobrol – ngobrol. Tapi kalau aku ngopi di situ ntar di sangka nenek aku kesasar lagi hehehe. Soalnya pas pagi – pagi mau pamitan ke pasar juga nenek kuatir gitu hehehe.
 Penampakan Kue Balok. keliahatan gede banget ya kuenya?
                Back to the topic. Paling unik dari kue  ini cara bikinnya. Karena buat matenginnya pake arang. Jadi cetakannya di taruh terus di bawah di kasih arang. Nah! Diatas nya itu juga kadang sebagai tempat buat bakar roti. Jadi arangya atas bawah kayak yang di gambar itu. Maaf susah ngejelasin hehehe.

Cetakannya dibawahnya arang lhoo
tempat pembakaran roti bakar di taruh di atas cetakan kue balok tadi
ini bener - bener roti bakarrr!!!!



                Roti bakarnya pun unik karena cuman dikasih mentega sama gula. Tapiiiiii ni roti tebel banget!!kayaknya makan satu roti bakar dan kue balok aja udah kenyang banget. Soalnya pas di Bandung kemarin sampe ga bisa beli lumpia gara – gara kekenyangen sama kue balok hehehe.
                Satu hal yang bikin aku kangen Bandung ya kulinernya. Agak beda sama cewe – cewe lain yang pasti nyebut surga belanja ya hehehe. Karena aku ga suka belanja jadi ya buat aku surga kuliner. Rasanya kalau ke Bandung sebentar itu rada nyesel soalnya belum nyicipin yang ada di situ. Apalagi rumah mbahku sendiri banyak banget yang jualan makanan. Suka gelap mata dech hwakakak
               

2 comments:

  1. hehe liat ini di bulan puasa jadi pingin :D

    ReplyDelete
  2. Wiih. Kayaknya kenyang banget kalau makan ini. :D

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text