Friday, 31 October 2014

Tips Perawatan Luka di Kaki



            Jadi beberapa waktu yang lalu si bontot pulang dari pondok pesantren
gara – gara kakinya kumat. Kebetulan adik punya masalah dengan korengan di kaki. Daaannn paraaaahh banget. Kakaknya juga dulu pertama kali masuk pondok pesantren ya kayak gitu.
            Akhirnya berbekal kartu BPJS aku dech yang nganter azra (si bontot) periksa. Tadinya aku pikir dokter bakalan langasung kasih rujukan ke rumah sakit eh ternyata dokternya malah ngajarin cara merawat luka di kaki. Langsung di perban sendiri. plus bonus ceramah hehehehe. Ya lumayan galak banget sech dokternya. Dokter sekaligus ustadzah namanya kalau ga salah dr.Teti. jadi begini kata beliau
            “Kalau luka di kaki itu jangan sampai terbuka. Harus tertutup! Kaki khan rawan kena debu ya lukanya ga akan kering – kering apalagi koreng kayak gini. Nih! Besok – besok kalau ada luka lagi sebelum ke luar rumah lukanya harus di bersihin dengan asepsol terus di lap sama alcohol terakhir ditutup dengan perban yang udah di kasih sama Betadine. Yang rapi masang perbannya. Allah itu suka kebersihan, kerapian jangan malas sama luka kayak gini ya! saya aja setiap sholat selalu minta sama Allah biar ga ada rasa malas. Orang malas situ mati! Oiya kalau udah nyampe rumah perbannya di buka terus di cuci lagi pake asepsol,terus kasih alcohol di olesin betadine dech. Kalau di rumah ga perlu di perban. Tapi karena ini lukanya udah parah pake cairan ini ya udah saya kasih antiseptic. Kalau cairan ini habis pake cara yang saya bilang. Rumus luka itu gampang basah lawan dengan basah. Luka basah kayak ginijangan langsung di kasih salep. Tunggu sampai kering baru kasih salep. Paham mba!”
            Dokter ngoceh sambil ngerawat luka adek. Saya cuman manggut – manggut aja dech hehehe. Walaupun bu dokter galak tapi Alhamdulillah jadi dapat ilmu baru tentang luka di kaki. Sayangnya lupa banget ga foto obatnya dan luka kaki adek. Habis ga kepikiran buat di posting di blog hehehe. Semoga bermanfaat ya….

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text