Sunday, 12 April 2015

ANC Terpadu, Pentingkah?




            Lama ga ngeposting tau – tau muncul dengan ANC terpadu hehehe. Iya soalnya beberapa hari yang lalu sempet dapat informasi dari kader PKK tentang program ini dan demi biar dede sehat ya akhirnya hari kamis yang lalu menyempatkan diri ke puskesmas.
            Apa sech ANC Terpadu? Lupa sama singkatannya apa tapi program ini merupakan program pemerintah untuk menekan angka kematian ibu melahirkan. ANC Terpadu hanya bisa di lakukan di puskesmas. Oleh karena itu bagi ibu hamil sangat di sarankan minimal satu kali melakakukan pemeriksaan di puskesmas untuk melakakun program ini.
            Program ini memang butuh waktu yang lumayan lama. Kemaren hampir setengah hari di puskesmas dari poli satu ke poli yang lain. Saya coba sharing disini ya poli apa aja yang tercakup di ANC Terpadu.
            1. Pendaftaran
            Jadi buat yang belum pernah ke puskesmas pendfataran bisa bikin kamu kaya orang ilang hehehe. Hal yang harus di lakukan adalah ambil no antrian dan tinggalkan KTP bersama no antrian di tempatnya (oiya ini buat puskesmas yang ada di Tegal Selatan ya..ga tau dech kalo yang lain hehehe). Nanti kalau sudah saatnya namamu bakalan di panggil. Saat di panggil bakalan di tanyain tuch keluhannya apa. Baru dech di masukin ke poli yang bersangkutan. Daaann poli pertama saya adalah KIA. Disinilah petualangan saya di mulai (leebaayy)
            2. Poli Kebidanan atau KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)
            Berhubung selama tiga bulan saya periksa di dokter jadi belum dapet tuch buku KIA (deuuhh map ga ke fotooo). Jadi buku ini berisikan catatan kesehatan Ibu dan anak. Di mulai dari catatan kehamilan, saat melahirkan dan KMS bagi si anak. Isinya lumayan lengkap lho dan sangat informative menurut saya sech seorang bumil baru hehehe. Di poli ini sempat di tanya kapan haid terakhir dan melakukan pemeriksaan dimana. Terus di tanya juga usia kandungan. Akhirnya di timbah dan di ukur tinggi badan (suppriiseee liat angka timbangan…sipiriiiliii naik juga berat badan hehehe). Setelah penimbangan di suruh tiduran. Perawat nya sempat menekan perut untuk mengukur janin yang di perut. Nekennya alus kok nyaman aja buat aku sech dan Alhamdulillah beneran ada isinya (ya iyaaalahhh hadeuuuhh hehehe). Setelah itu dilakukan imunisasi TT. Perawatnya udah bilang kalau habis di suntik bakalan pegel banget. Daann beneran udah tiga hari masih pegel ajaaa.
            3. Poli Gigi
            Ada kejadian menarik nech saat ke poli Gigi. Kalau kata perawatnya sech langsung ke lab buat cek darah. Eh ternyata lab nya penuh sama antrian. Daann sepintas kok ada nama panggilanku ya. akhirnya coba ke poli umum tapi kok asal suara bukan disitu. Lah siapa yang manggil??? Akhirnya pandanganku tertuju pada sebuah layar monitor. Monitor itu untuk melihat antrian dan di poli mana. Jebule nama saya di panggil dari poli gigi (hadeeeuuhhhh..apa sechhh). Pas masuk tu dokter gigi pake masker dan di liat dari matanya juuudeeessss bangeeeettttttt!!!!!!!!!!!!!! Cuman disuruh tiduran dan mangap !udah gitu aja. Mau konsultasi jadi mualesss. Yang ramah malah perawatnya nganterin ke poli selanjutnya.
            3.Poli Gizi
            Suka banget sama keramahan di poli ini. Baru masuk dan duduk sudah di doain biar kehamilan lancar dan persalinan pun selamat anak dan ibuny ..Amiinnn. poli ini lebih ke memberikan informasi tentang apa yang harus di lakukan setelah melahirkan. Seperti biasa tentang IMD pasca melahirkan. Sebenarnya udah sering denger sech. tapi mbak nya neranginnya enak jadi berasa baru denger. Salah satu informasi yang menarik adalah saat usia kandungan delapan bulan sangat di sarankan sang ibu membersihkan putingnya. Supaya saat melahirkan dan IMD putting ibu sudah bersih dari kotoran dan siap menyusui. Caranya adalah kapas di basahi sama baby oli terus temple ke putting dan bersihkan. Habis di bersihkan payudara ibu di pijat memutar dengan gerakan halus. Oiya saat pertama kali menyusui yang keluar adalah cairan bening kekuningan, cairan ini yang dinamakan kolostrum (map kalao salah nulis) cairan ini sangat baguuusss bagi bayi. Karena bisa membantu daya tahan tubuh si bayi. Setelah habis konsultasi mba perawat nganterin saya ke poli Umum. Daaannn antriannya bejubeeell.
            4. Cek Laboratorium
            Lah kok tau – tau di cek lab?khan terakhir katanya di anterin ke poli umum. Jadi karena nunggu kelamaan akhirnya aku putuskan buat ke cek lab dulu mumpung kosong. Buku KIA aku ambil dan langsung ke cek lab. Disini kita akan di cek darah untuk melihat HB, Gula Darah (bayar 15.000) dan cek HIV.
            5. Poli Umum.
            Setelah lab selesai balik lagi ke poli umum. Dan stelah penantian panjang akhirnya di panggil juga. Ketemu sama dokter umum dan ternyata saya baru ngeh kalau kaki saya termasuk bengkak. Tapi masih dalam batas normal dan biasanya karena kecapekan dan terlalu banyak duduk atau berdiri.
            Akhirnya setelah konsultasi singkat dengan dokter umum akhirnya kembali ke KIA untuk di lihat kertas ANC Terpadu (tadinya mau aku fotooo tapi malu ah isinya data kesehatan hehehehe). Setelah di lihat ada kertas yang di ambil untuk arsip dan ada kertas yang di klip ke buku KIA. Hal ini sebagai bukti kalau sudah melakukan ANC Terpadu. Dan destinasi terakhir adalah apotek.
 
cuman bisa foto pas di poli umum..antriannya...@aliah.widhie

            Secara keseluruhan sebenarnya program ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Dan aku rasa sech sebagai warga negara yang baik mari kita sukseskan usaha pemerintah untuk menekan angka kematian ibu dan anak. Caranya dengan memberikan informasi kepada saudara  atau teman kita yang sedang hamil untuk periksa ANC Terpadu. Memang bagi pekerja kantoran harus minta ijin cuti setengah hari karena memang prosesnya lumayan lama. Tapi demi kesehatan bayi dalam kandungan harusnya di usahakan.
            Oke dech semoga bermanfaat ya…dan minta doanya supaya proses kehamilan dan persalinan lancar dan sehat semua..Amiinn.

6 comments:

  1. Waah iya di RT ku juga lagi digalakkan yang semacam ini terutama untuk ibu hamil berser\siko tinggi, diimbau untuk didata dan rutin memeriksakan diri ke puskesmas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...lagi di galakkan banget keselamatan ibu hamil..

      Delete
  2. Lama juga ya, mba. Tapi jadi tahu klo ada keluhan seputar kehamilan bisa ditangani. Biar ibu dan bayi tetap sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...aku juga jadi tahu tentang keluhan kehamilan...

      Delete
  3. Eh, jarang ke rumah sakit atau puskesmas gitu, jadi gak update sama programnya. Aku aja baru tau ANC terpadu ari blog ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...kurang sosialisasi ya...aku tahu juga karena ikutan pkk hehehe

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text