Thursday, 23 April 2015

Kuliner Khas Tegal #1 : Glotak dan Rujak Teplak




            Tiba tiba lagi pengin posting tentang kuliner tempo doeloe kota tegal. Gegera kemaren datang ke festival kuliner tempo doeloe kota Tegal. Sebenarnya banyak bingit kuliner khas tegal tapiiii episode kali ini pengin bahas makanan Glotak dan Rujak Teplak. So, siapin perut yaaaa hehehe

 
glotak atau petis IG @aliah.widhie
            Makanan di atas namanya glotak atau ada yang bilang juga petis (bukan petis yang warnanya item yaaa). Bahan pembuatan glotak ini salah satunya adalah gembus dan daging sapi atau balungan. Sek, aku lagi mikir gembus itu terbuat dari apa yaaa???hehehe maklum ga ahli dalam mengurai kata – kata. Tapi kayanya gembus itu cuman ada di Tegal dech.
            Sebenarnya makanan ini lebih sedep kalau di bungkus dengan daun pisang. Aku sendiri sech lebih seneng kalau glotak di temenin sama bubur anget plus kerupuk mie…wuuiihhhh maantaaappppppp. Apalagi di makan pas cuaca gerimis bubur petis anget anget pas banget!Kalau ke Tegal cari dech makanan ini!!! Sayangnya udah jarang sech yang jual…sediihhh…

 
rujak teplak IG @aliah.widhie


            Naaahhh..kalau yang satu ini favorit banget namanya rujak teplak. Ini isinya sayuran aneka macam ada kangkung,kol,tauge,timun,nangka muda, pare (pualing enaakk), kenikir daan bunyak lagi tergantung penjualnya. Sayuran ini di siram sama sambal bodin (singkong) plus sambal kelapa warnanya putih. Maknyuuussss pisaaannnn. Sambalnya bisa pedes tapi bisa juga sedang tergantung sambal penjualnya.
            Jajanan ini masih banyak yang jual sech, apalagi di pasar. Cuman kalau favoritku sech ibu yang jual di pasar pak depan asrama polisi. Itu lengkap juga sayurannya plus uakeh wareeggg. Tapi kadang juga beli sama ibu – ibu yang lewat depan toko.
            Sebenarnya masih buanyak sech kuliner khas tegal yang ueenakkk tapi berhubung yang ada di instagram baru dua ini jadi ya bahas dua makanan ini dulu ya. well, mudah – mudahan postingan ini bisa jadi panduan juga buat yang mau ngebolang ke Tegal jadi tau kuliner apa aja yang wajib buat di buru hehehe. Selamat datang di kota Tegal Laka – laka….
           

6 comments:

  1. kalo rujak teplak biasanya aku beli di mitra mba, ada yang jual tapi bumbunya memang agak beda dikit sama yang biasa, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gosipnya di situ juga enak mba...aku mau beli males jauh sech hihihi

      Delete
  2. Ada referensi alamat warungnya gak mbak? Buat referensi kalo lagi jjs ke tegal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau rujak teplak mungkin bisa di mini market mitra katanya di situ ada..saya pribadi sech lebih sering beli di pasar atau di lingkungan desa..

      Delete
  3. Enak - enak buanget ya kayanya ..Yang di atas kaya rujak beubeuk ( dari buah tapi )

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuhh jadi pengin rujak beubeuk dech...hihihi

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text