Sunday, 14 June 2015

Ayo...Ikut Kelas Ibu Hamil : Kehamilan dan Perawatan Gigi




            Sebenarnya kegiatan ini sudah berjalan sekitar bulan April yang lalu, tapi baru bisa di tulis sekarang hehehe. Kelas ibu hamil ini gratis kebetulan yang menyelenggarakan adalah puskesmas. Kelas ibu hamil ini masuk dalam program Peningkatan Keselamatan Ibu Melahirkan dan Anak Tahun 2014. Jadi kader PKK dari tahun 2014 hunting para ibu hamil supaya bisa ikut kelas ini gratis!!! Saya sendiri sebenarnya sudah lama tahu tentang adanya kelas ibu hamil ini dari para kader PKK. Tetapi saya dapat undangan justru saat pemeriksaan UNC Terpadu baca disini. Kebetulan tempatnya di rumah tetangga saya yang kebetulan kader posyandu.
            Tujuan dari kelas ibu hamil ini adalah sebagai sarana belajar tentang kesehatan ibu hamil dan meningkatkan pengetahuan tentang kehamilan, persalinan, perawatan nifas, dan perawatan bayi baru lahir melalui praktek dengan buku KIA.
            Kelas ibu hamil ini ada tiga pertemuan dalam tiga bulan. Masing – masing pertemuan di isi materi yang berbeda. Jadi rencananya materi ini mau saya bikin jadi tiga bagian soalnya panjang banget kalau cuman di jadiin satu postingan.
            Pertemuan Pertama
            Oiya bidan yang bertanggung jawab dalam kelas hamil ini adalah bidan Ika. Pertemuan pertama membahas tentang awal mula proses kehamilan. Proses Kehamilan bisa terjadi apabila ada pertemuan antara sperma dan sel telur yang sudah matang. Trimester pertama adalah saat yang harus di perhatikan bagi seorang ibu hamil. Adanya morning sickness terkadang membuat sang ibu menjadi malas untuk makan. Padahal janin dalam tubuh bisa bertahan melalui asupan yang masuk dari ibu. Cobalah makan sedikit tapi sering. Sugesti kan dalam pikiran kita janin yang ada dalam rahim.
            Salah satu tanda bahaya kehamilan :
a.      Pendarahan pada hamil muda.
b.      Bengkak di kaki, tangan, atau wajah di sertai sakit kepala dan atau kejang. Saya pribadi pada saat usia kandungan 17 minggu mengalami kaki bengkak. Tahu kaki bengkak karena pemeriksaan UNC Terpadu. Tapi Alhamdulillah bengkaknya di karenakan kecapekan dan di sarankan pas tidur kaki di ganjal bantal. Alhamdulillah lambat laun normal lagi kakinya.
c.       Demam atau panas tinggi. Saya pernah tuh mengalami demam gara-gara dehidrasi diare ga tidur semalaman akhirnya demam. Malam hari baru deh ke dokter kandungan. Alhamdulillahnya dede ga papa.
d.      Air ketuban keluar sebelum waktunya.
e.      Bayi di kandungan gerakannya berkurang atau tidak bergerak.
f.        Muntah terus dan tidak mau makan. Alhamdulillah walaupun saya muntah terus tapi masih bisa makan. Soalnya kalau ga makan pas muntah yang keluar malah asam lambung.
            Oiya saat sharing di bahas tentang mitos dalam kehamilan, salah satunya adalah jamu. Jamu sangat dilarang bagi ibu hamil. Walaupun hanya beras kencur. Kenapa? Karena bisa menyebabkan air ketuban keruh. Ibu hamil kalau bisa menghindari makanan yang bersifat panas seperti sate kambing, nanas ataupun duren. Harus tahu lah takaran untuk makanan panas itu.
 
Bidan Ika memberikan materi
            Selain itu ada perawat bu Narni yang merupakan perawat di poli gigi. Beliau memberikan materi tentang cara merawat gigi. Biasanya salah satu masalah pada ibu hamil adalah gigi. Padahal kalau gigi sakit biasanya ada dokter yang tidak berani mencabut atau menambal gigi ibu hamil. Gigi bisa mengalami masalah karena gusi yang bengkak atau kalsium yang berkurang. So, ibu hamil harus rajin merawat gigi. Salah satu caranya adalah sikat gigi sebelum tidur.

            Oke bagian materi sudah selesai saatnya senam hamil!!!!!!oiya senam hamil ini hanya boleh dilakukan pada usia kandungan di atas 20 minggu. Berhubung usia kandungan saya 17 minggu jadi saya bisa motret para bumil yang udah gede senam hehehe. Inti dari senam hamil adalah rileks dan mengatur nafas. ini dia foto – foto senam hamil.

Bidan ika membantu gerakan senam hamil

Ibu Hamil yang usia kandungan di atas 20 minggu bersiap buat gerakan perut
        
   Oke sekian dulu postingan pertemuan pertama kelas senam ibu hamil. Insya Allah bakal berlanjut ke part selanjutnya. Mudah-mudahan bermanfaat ya…

2 comments:

  1. kalo bengkak di kaki itu lama sembuhnya, mba?

    ReplyDelete
  2. kalau bengkaknya karena kecapekan sembuhnya bentar mba asal banyak istirahat dan kakinya ganjel bantal kalau tidur. tapi ada juga kaki bengkak karena kelebihan protein. kalau itu harus cek lab dan ke dokter kandungan mba..

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text