Sunday, 21 June 2015

Mereka yang di Rindukan Surga



            Assalamualaikum wr.wb
Kuliah subuh hari Sabtu (20/6/2015) di isi oleh ust. Mansyur Abdullah. Beliau merupakan kepala sekolah MI Ihsaniyah Debong Tengah kota Tegal. Biasanya kalau beliau yang mengisi pengajian agak lama hehehe.
            Sebelum memulai materi, ada sebuah hadis yang kurang lebih isinya sebagai berikut “ Barang siapa yang bahagia karena bulan Ramadhan, maka ia di haramkan atas neraka”. Pertanyaannya kenapa kita harus bahagia karena Ramadhan? Bukankah gara-gara Ramadhan kita bangun terlalu pagi, capek masak sahur, seharian lemes dan lain sebagainya. Jawaban ini lah yang menjadi materi kuliah subuh. Ada beberapa orang yang sangat dirindukan oleh surga. Mari kita bahas satu per satu.
            Tadarus Al-Quran. Pengertian dari Tadarus Al-Qur’an adalah membaca Al-Qur’an dan ada yang menyimak dalam suatu majelis atau di masjid. Kalau membaca Al-Qur’an sendirian namanya bukan tadarusan. Hal yang penting dalam tadarusan adalah membaca secara tartil atau pelan. Hal ini dimaksudkan agar yang menyimak dapat mengikuti dengan jelas. Saya sendiri sampai hari ke tiga belum sempat ke masjid untuk tadarusan karena badan yang tidak fit hiks L
            Jaga Lisan. Lisan ternyata menjadi hal yang sangat berat untuk di jaga. Oleh karena itu ada baiknya bila selama Ramadhan diperbanyak dzikirnya agar lisan tidak mengoceh macam-macam.
            Memberi makan untuk orang sedang puasa. Pahala orang yang memberi makan orang yang sedang berpuasa sama dengan orang yang berpuasa. Di tambah lagi orang tersebut salah satu yang dirundukan surga.
            Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Inilah jawaban pertanyaan yang tadi. Karena kita ingin dirindukan oleh surga. Segala macam halangan saat berpuasa bisa kita lalui karena niat ingin beribadah.
            Sebagai umat muslim kita harus tahu asal muasal adanya puasa Ramadhan selama satu bulan. Di kisahkan Nabi adam dan Siti Hawa memakan buah kuldi. Buah kuldi tersebut bisa hancur apabila puasa dalam satu bulan. Oleh karena itu di harapkan bulan Ramadhan ini segala dosa-dosa kita bisa hancur lebur mendapatkan ampunan dari Allah SWT.
            Oiya sempet lupa, slah satu keisitimewaan Ramadhan adalah orang yang datang ke sebuah majelis pada saat Ramadhan, maka akan diberi pahala sholat setahun. Ramadhan memang ajang obral pahala ya, yuk kita sama-sama meraih pahala di bulan suci ini.
            Semoga bermanfaat kuliah subuh tadi pagi.
            Wassalamualaikum wr.wb
           

2 comments:

  1. Obral pahala banget ya, mba. Doa2 juga diijabah pas Ramadhan. Semoga bisa khatam lebih banyak di bulan ini. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...bulan penuh obrolan pahala apalagi urusan sedekah..Amin..

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text