Monday, 22 June 2015

Tanda-Tanda Orang Beriman



            Assalamualaikum wr.wb
Kuliah subuh pagi tadi (21/6/2015) di isi oleh ustad Ridwan. Beliau memberikan materi tentang tanda-tanda orang beriman. Namun seperti biasa sebelum memberikan materi ada mukadimahnya.
            Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Ramadhan merupakan bulan penuh pahala. Oleh karena itu ada baiiknya bila kita memperbanyak sholat sunah. Salah satunya adalah sebelum sahur melaksanakan sholat tahajud, hajat dan tasbih. Memang akan terasa berat bila belum terbiasa. Oleh karena itu seharusnya sebulan sebelum Ramadhan kita harus sudah membiasakan diri bangun malam. Karena bila sudah terbiasa badan pun akan menjadi alarm tersendiri.
            Salah satu keistimewaan dari Ramadhan adalah adanya malam Lailatul Qadar. Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa malam tersebut ada di sepuluh malam terakhir Ramadhan. Padahal akan lebih elok bila menghidupkan malam dari awal Ramadhan.
            Ustad Ridwan menjelaskan ada beberapa tanda-tanda orang beriman.
            Takwa. Takwa adalah menjalankan ibadah karena ikhlas. Bagi orang awam seperti kita tentu merasa sulit. Karena terkadang selalu ada embel-embel dalam beribadah. Contohnya adalah sholat Dhuha karena ingin melancarkan rejeki. Tidak menjadi masalah karena memang iman kita masih jauh dari para alim ulama.
            Menjauhi larangan Allah SWT. Terkadang ada yang mengaku islam tapi selalu menjalankan larangan Allah SWT alias islam KTP. Bahkan mengaku islam tapi justru tidak berpuasa.
            Ada tata krama dalam menjalankan syariat. Syariat yang di maksud adalah Al-Qur’an. Karena
tuntunan hidup kita adalah Al-Qur’an dan sunah Rasulullah. Ada kalanya dalam Al-Qur’an tidak ada penjelasan suatu masalah, tapi ada dalam hadis Rasulullah SAW. Oleh karena itu Al-Qur’an dan Sunah Rasulullah tidak bisa di pisahkan.
            Mengikuti Sunah Rasulullah. Dalam hal ini ucapan dan tingkah laku Rasulullah. Hal – hal sepele seperti saat masuk kamar mandi kaki kiri terlebih dahulu. Terkadang hal sepele justru tidak kita perhatikan.
            Mudah-mudahan Ramadhan kali ini kita bisa menjadi orang yang lebih beriman. Bisa menjalankan ibadah secara maksimal. Bisa memperbanyak sunah-sunah yang selama ini jarang kita lakukan.
            Mudah-mudahan postingan singkat ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text