Wednesday, 9 September 2015

Selamat Datang Minggu ke 38!



           Alhamdulillah usia kandungan saya sudah masuk 38 minggu. Wah! Perasaan baru kemaren liat test pack ada garis merah. Ternyata perjalanan kehamilan saya sudah masuk 38 minggu aja hiks. Masih ingat dalam ingatann saya betapa susahnya menghadapi morning sickness yang selalu datang all day. Siksaan terberat bagi orang yang hobi makan seperti saya. Alhamdulillah bisa melampaui masa-masa itu.Jadi postingan postingan ini lebih ke cerita selama kehamilan dari awal sampai sekarang UK 38 minggu.

Trimester Pertama. Masa-masa ini merupakan masa yang lumayan berat. Makan sama sekali ga masuk. Sekali masuk dikeluarin lagi. Badan lemes, kepala berkunang, gampang capek rasanya semua komplit! Tapi masa ini juga katanya masa paling rawan. Kandungan yang belum kuat bisa saja terjadi keguguran. Jadi mau tidak mau saya memang harus memaksakan diri untuk makan. Hal yang semakin membuat saya merasa harus makan adalah melihat ada janin yang sedang bertumbuh dalam rahim. Setelah bulan kedua Alhamdulillah saat USG janin mulai terlihat. Jadi inget kata-kata bu dokter “tuch udah ada janinnya..kalau bukan dari ibunya dia dapat nutrisi dari mana?” makjleb banget kata- katanya dokter. Dokter juga sedikit memberikan semangat “sekarang iya ga mau makan, tapi nanti akan ada masanya ga berhenti makan” yeah! Itu kejadian setelah trimester kedua hehehe. Oiya, masa ini juga merupakan masa terkucel saat kehamilan. Mandi ga pake sabun karena ga than sama baunya. Males dandan bawaannya penginnya pake daster terus tiduran di kasur.
Oiya, ada sebuah peristiwa yang membuat sauya deg-degan. Jadi waktu usia kandungan dua bulan lebih, saya sempet ngidam pedoyo. Pedoyo itu makanan tradisional khas Tegal. Terbuat dari timun yang di rebus dan di cocol sambel (cabe rawit dan garam). Entah karena cabe kebanyakan malamnya saya sempat diare sampai pagi. Badan panas, demam dan lemas. Beruntung ga ada flek. Tapi tetap saja mama khawatir dan akhirnya periksa ke dokter. Alhamdulillah tidak ada masalah dengan janin. Jadi perlu banget buat perhatiin makanan.
cerita lain tentang trimester pertama :
Trimester Kedua. Masa ini dibilang masa yang paling menyenangkan selama kehamilan. Makan mulai enak, badan pun mulai kuat bisa naik motor jadi ga boring dirumah. Dan bisa melayani suami dengan baik (hwakakaka). Serius lho! Awal kehamilan agak mengurangi hubungan suami istri. Padahal saat itu kami LDM jadi kasian juga lihat suami. Walaupun beliaunya juga tidak mempermasalahkan. Keluhan yang lain paling sesak nafas saat tidur.. Sesak nafas saat mau tidur biasanya jadi keluhan. Beberapa anggota badan mulai pegal terutama kaki dan pinggang. Mulai agak rajin merawat diri alias mandi udah bisa pake sabun, mulai bersahabat lagi sama bedak dan kawan-kawan, pake minyak wangi dikit hehehe. Bisa dibilang masa paling indahlah.
cerita lain tentang trimester kedua:
 
Trimester Ketiga. Masa ini rasanya kembali ke trimester pertama. Fisik mulai lelah walaupun ngemil tetep jalan hehehe. mungkin karena perut yang semakin membesar. Keluhannya adalah kaki bengkak. Memang seh kaki bengkak sudah saya rasakan waktu trimester kedua. Tapi menginjak usia delapan bulan kaki jadi semakin bengkak. Ada yang kasih saran untuk cek protein. Tapi kata Obsgyn dan bidan yang saya kunjungi, katanya ga usah karena tensi normal. Bisa jadi karena kecapekan. Solusinya kalau tidur kaki di ganjel sama bantal. Akhirnya saya pun berusaha seimbang antara duduk dan berdiri. Lebih sering jalan juga. Padahal tiap pagi udah jalan-jalan tapi tetep bengkak hiks.


Walaupun banyak keluhan tapi Alhamdulillah sejauh ini masih dalam posisi aman. Sekarang sudah masuk usia kandungan 38 minggu. Tidak terasa perjalanan sudah akan selesai. Rasanya sudah ga sabar buat melihat bayi yang selama ini saya rindukan *ceile. Doakan ya semoga perjalanan kehamilan ini berakhir lancar dan bahagia. Minta doanya agar proses melahirkan lancar, ibu dan anak bisa sehat semua. Jadi anak yang sholeh, sehat , dan berakhlak mulia.
Mudah-mudahan postingan kali ini bisa bermanfaat. yuk sharing pengalaman kehamilan teman teman.

20 comments:

  1. Wah bentar lagi launching. Semangat maaaak

    ReplyDelete
  2. waah kakinya bengkak banget mbak..kaya saya waktu hamil anak pertama. rendemin aer anget pake garem dikit mbak... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau tidur kalo lagi ga males biasanya rendem pake air anget tambahin garam kasar...ternyata ga cuman aku aja yang bengkak hehehe

      Delete
  3. waduh kakimu bengkak bgt mba....

    akupun skr hamil anak kedua... memang beda2 ya...hamil pertama dulu aku kyk kebo.. ga mabok samasekali, ga lemes, mwnya gerak mulu.. even hamil 1 bulan aku nekat k Beijing saat winter utk explore tembok besar China :D.. kaki ttp bengkak sampe saat lahiran..

    hamil kedua, hadeuuh, pusing, lemes, muntah2 -__-.. aku yg hobi traveling skr males kemana2... skr baru masuk 3 bln nih mba...masih mual2... moga beneran trisemester ke2 udh enakan ya... biar bs traveling lg...hrs dr dlm kandungan ni anak diajarin suka jalan biar bs nemenin emaknya traveling ntr :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah asyiknya hamil bisa traveling....mauuu!!!!keluarga ku rumahan suami juga orang rumahan hiks....nanti anakku harus doyan traveling jangan kaya emaknya hehehe
      mudah-mudahan trimester kedua udah mulai enakan ya mak...

      Delete
  4. Perjuangan bgt ya jd ibu hamil..aku bisa gak ya hihi..semoga persalinannya lancar ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah bisa mak....Amiinn makasih doanya ya mak...

      Delete
  5. Semoga semua berjalan dengan lancar mak,, bener kata mak Besty, dulu saya juga bengkak kakinya, terus saya rendem pakai air garam, hangat2 gitu. kalau tidur juga kaki agak diganjel, dan klo sebelumnya ikut senam hamil tambah bagus lagi ,, tapi ntar juga ilang sendiri after bersalin... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sudah dilakukan rendem air plus tidur ganjel bantel..lumayan sech kalau bangun tidur ga terlalu pegel...dulu pernah ikut senam hamil gratis dari puskesmas..kadang suka aku praktekin sebelum tidur...Makasih doanya ya mak...

      Delete
  6. Huwaaaa kakinya bengkak banget >.<
    Anaknya cewek ya? *sotoy*

    Semoga persalinannya lancar ya Mak, jaga kesehatan dan moodnya. Selalu berpikiran positif ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti aku kasih tau mak...supriseee....
      iya makasih doanya ya mak...biar selalu positif pelampiasan stresnya ya ngeblog mak...hehehe

      Delete
  7. kurangi makan yang berbumbuuuu...
    banyak gerak
    semoga lancar sehat aamiin
    semangatttt

    ReplyDelete
  8. Maakk semangaaatttt, semangkaaaa. Bentar lagi yaah. Ditunggu launching nya and semoga semuanya disehatkan yaaa mak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya mami ubiiii....iya semangkaaaa...Amiin....

      Delete
  9. Mak, kurangin makan yang manis-manis yaaa . Kurangi juga garamnya. Kaki bengkak itu, kata bidan karena dua itu tadi manis dan asin. Biasanya bidan menyarankan ketika masuk trimester 3 untuk ngurangin konsumsi garam dan gula.

    Semoga lancar ya persalinannya. Semoga sehat-sehat semuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya,dengan ikhlas follow balik yaa. blognya udah ku follow :)))

      Delete
    2. oiya satu lagi, Maak. Ikutan GA ku ya, pengen lihat OOTD saat hamil gede.
      http://bundadhia.blogspot.co.id/2015/09/giveaway-ootd-ala-aku.html

      Delete
    3. udah aku kurangin kok mak...maksih ya mak...siaaappp nanti aku folback...

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text