Sunday, 11 October 2015

Perawatan Tradisional Pasca Melahirkan


            Kalau kemaren saya posting tentang Pemulihan Pasca Melahirkan Caesar, sekarang bakalan cerita tentang Perawatan Tradisional Pasca Melahirkan. Jadi sesuai dengan kebiasaan adat di daearah saya, sehabis melahirkan ibu dan anak akan di rawat oleh dukun bayi (kalau sekarang bilangnya nyai urut bayi). Sehabis pulang dari Rumah Sakit sore hari jadi saya dan Umar akan mulai melakukan Perawatan Tradisional besok pagi.
          
  Idealnya perawatan tradisional pasca melahirkan, sang ibu akan di urut seluruh tubuh dan muka dengan menggunakan parem. Parem disini adalah beras kencur. Kenapa di urut? Karena ibu yang melahirkan semua bagian tubuhnya turut bekerja jadi badan pasti pegel-pege semua. Setelah proses urut, sang ibu akan di gurita dan di bengkung bersamaan dengan menggunakan tapih atau jarik. Oiya!Wajah sang ibu yang diberi parem juga di tempelin pilis di keningnya. Alasan kenapa wajah diberi parem katanya biar pangling kaya penganten baru. Itu kalau dilakuin selama 40 hari ya. Lanjut ke bengkung ya!Penggunaan bengkung agar pantat bisa kembali terangkat sehingga akan mengembalikan otot kewanitaan kencang lagi yang akan membuat senang suami (bhahahhaha).Sedangkan Gurita supaya perut bisa kembali seperti semula dan tidak bergelambir. Saya ga kebayang kalau kebelet pipis gimana ya?
putih itu namanya parem sedangkan dikening namanya pilis

            Faktanya yang terjadi pada saya adalah jauh api dari panggang hehehe. Karena saya melahirkan secara Caesar, jadi tidak ada proses urut atau pijat. Hanya di balur tangan,kaki,punggung dan wajah. Tidak ada gurita dan bengkung karena takutnya akan melukai bekas jahitan. Padahal di rumah sakit justru disuruh pake gurita lho. Perawatnya juga pasang guritanya enak jadi bekas jahitan ga sakit. Kalau pasang dirumah kok beda ya? jadi sehabis pareman dan pilisan ya saya pakai daster hehehe. pareman dan pilisan juga saya sering bolos. Masalahnya nyai nya ga mesti datang jam berapa. Kadang pas datang saya belum mandi. Giliran saya udah siap mau pareman dan pilisan, umar pengin nenen. Yasudahlah ga jadi dech cantiknya hehehe.
Pareman di kaki

            Oiya!jangan lupakan tentang jamu ya!Jamu sehabis melahirkan seabreg banyaknya. Tapi karena lagi lagi alasan operasi Caesar jadi saya hanya minum jamu wejah alias jamu untuk ASI. Sehabis 40 hari baru dech minum jamu galian singsetlah, terus jamu apalagi ya saya lupa hehehe. Tapi memang Alhamdulillah ASI saya lumayan lancar sehabis minum jamu itu. Jadi walau pahit di tahan aja lah demi menebus rasa bersalah saya sama baby umar.
            Itu tadi perawatan pasca melahirkan secara tradisional yang ada di daearah saya. Yuk sharing perawatan pasca melahirkan teman-teman yang sudah melahirkan atau tradisi di daearahnya. Mudah-mudahan bermanfaat ya postingannya.

12 comments:

  1. udah pernah tahu yang parem, tapi kalau pilis masih jarang di sini :D

    ReplyDelete
  2. parem bikin kulit gatel2 jd ngak pake deh pas abis melahirkan heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau aku ga gatel tapi males aja kalau udah kering hehehe

      Delete
  3. Imuttt bgt mb widhi hikhik
    Efekny pasti menyegarkan y mb
    Bermanfaat ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. imut apa tembem mba gusty hehehehe...
      di badan anget mba soalnya parem dicampur minyak kayu putih..
      tapi tetep aja sering bolos heheheh

      Delete
  4. aku tuh pgn mbaaaa yg tradisional gini perawatannya... apa daya, di daerah rumahku g ada yg bisa begini...smuanya perawatan abis lahiran modern yg notabene mahaaalll.. -__-... jdnya aku dibeliin tuh ama mama 1 kaleng komplit perawatan abis lahiran martha tillaar, tp jdnya make sndiri... g ada cerita si nyainya datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh emang tinggalnya dimana mbaa?disini masih banyak nyai yang biasanya buat perawatan habis melahirkan...kadang aku nya yang males hwakakak

      Delete
  5. di dunia kesehatan sendiri padahal tidak disharankan untuk memijat bagian rahim tentu dengan banyak alasan, hehe... alhamdulillah ada hikmah di balik SC ya mba, hihi.. selamat bunda umar, sun jauh buat baby umar :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba okta...kemaren sodara di pijet rahimnya nifasnya langsung banyak lagi...makasih ante oktaaa cantik...namanya sama kayak dokter yang bantuin umar lahir..

      Delete
  6. Aku malah baru tau ttg ini lho, Mak. Makasih sharing nya. Aku cuma tau perawatan yg pakai korset itu loh. Tapi toh nggak kulakukan. Gatel banget oerut kena korset, alhasil perutku mengerikan gelambirnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saaamaaaa.....dan ada cerita lucu tentang korset ituuuuu..akuu doong bikiinnn sendiri gara gara ga ada yang cukup bhuahahaha...samaaa ni perut bergelambir banget...

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text