Saturday, 3 October 2015

Tips Pemulihan Pasca Melahirkan secara Caesar



            Alhamdulillah akhirnya saya melahirkan bayi laki-laki yang lucu melalui operasi Caesar. Pengalaman pertama yang tidak akan terlupakan lah selama hidup hehehe. Jadi postingan kali ini pengin cerita tentang Pemulihan Pasca Melahirkan secara Caesar sesuai dengan pengalaman kemaren. Cekidot!
            Latihan miring kanan dan kiri.
Saya keluar dari ruang operasi Caesar malam minggu. Esok paginya ada perawat yang bertugas untuk membersihkan badan saya. Saat itu saya agak parno karena bekas jahitan Caesar yang mulai terasa sakit. Beliau bilang kalau seharusnya saya sudah mulai latihan miring kanan dan kiri. Hal ini dilakukan agar jahitan tidak kaku. Targetnya jam lima sore tepat 24 jam setelah operasi saya harus bisa duduk. Dalam hati saya agak protes soalnya masih berasa sakit dan takut jahitan caesar sobek hwakakak. Tapi perawat meyakinkan saya bahwa jahitan tidak akan sobek, justru kalau tidak latihan miring kanan dan kiri akan terasa sakit terus.
            Caranya adalah saat akan miring ke kanan, kaki sebelah kiri ditekuk untuk mendorong pantat agar miring ke kanan. Sedangkan kaki kanan tetap lurus. Begitu juga sebaliknya bila akan miring ke kiri. Awal pertama memang sakit dan linu. Tapi tekad bulat supaya bisa belajar menyusui akhirnya saya kuat-kuatin dech buat latihan miring kanan kiri.


            Latihan Duduk.
Tepat setelah 24 jam operasi Caesar, saya disuruh perawat untuk belajar duduk. Agak berkunang-kunang karena hampir dua hari saya tiduran. Duduk juga masih di tempat tidur dengan kateter yang masih terpasang. Tipsnya adalah badan miring dulu lalu berpegangan pada seseorang dan mulai lah untuk mengangkat badan untuk duduk. Saat pertama kali jahitan Caesar masih agak ngilu dan sakit. Tapi setelah berulang kali belajar duduk jadi terbiasa. Lagi pula bosen juga ya tiduran terus.
Latihan Berjalan.
Saya sendiri baru memulai latihan berjalan hari Senin pagi. Posisi badan berdiri harus tegak dan tidak boleh membungkuk. Pertama kali pasti sakit tapi ya harus di tahan. Berjalan pelan sekitar ruangan saja supaya badan tidak kaku. Oiya!kalau mata berkunang jangan dipaksakan. Pelan-pelan saja. Kalau kata perawat sech targetnya nanti sore kateter dilepas dan mulai berkemih sendiri ke kamar mandi.
Belajar Berkemih.
 Saat mulai lancar berjalan, Senin sore perawat mulai membuka kateter dan menyuruh untuk mulai berkemih di kamar mandi. Harus banyak minum agar merangsang untuk berkemih. Syukur bila sudah bisa merasakan BAB. Selama pemasangan kateter juga di cek urine yang ada disana. Perawat jadi tahu kalau saya jarang minum, hehehe.
Perbanyak Protein
Saat saya dipindahkan ke ruang perawatan, perawat sempat bilang kalau tidak ada pantangan makanan. Bahkan sangat dianjurkan makan telor enam kali sehari. Perbanyak protein supaya jahitan caesar cepat sembuh. Hal ini tentu berbeda dengan mitos jaman dulu kalau operasi caesar ga boleh makan yang amis –amis nanti basah terus jahitannya. Saya sendiri memilih percaya sama dokter dan perawat ya. Apalagi makanan juga rata-rata berprotein semua hehehe. Bahkan dokter sempat bilang kalau boleh makan yang enak-enak, ga ada pantangan sama sekali.
Itu tadi beberapa pemulihan pasca melahirkan secara Caesar yang saya alami sekitar dua minggu yang lalu. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para ibu hamil yang mungkin sedang menantikan proses melahirkan. Kita tidak akan pernah tahu ke depannya apakah melahirkan normal atau Caesar. Apapun prosesnya mudah-mudahan selalu di beri kelancaran ya.
Terima kasih ya sudah berkunjung. Mungkin ada yang mau sharing tipsnya monggo lhooo…

8 comments:

  1. cepet pulih yaaaa
    semangat ngasinya ^^

    ReplyDelete
  2. dulu lahiran sebelumnya aku jg cesar mba.. tp udh rada lupa gmn caranya aku bs akhirnya jalan lancar hahahaha... ini hamil kedua, bakal cesar lg sih... udhlah, dijalanin aja ntr gmn2 nya ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku masih agak trauma nech kalau disuruh hamil lagi hehehe...ya kata dokter memang harus di jarak sech kali aja ntar lupa hamil lagi hehehe...semangat ya mak...mudah-mudahan lancar...yang penting bayi dan ibunya selamat dan sehat wal afiat...Amiinn

      Delete
  3. Replies
    1. Amiin...Maksih ya mba..kangen naik motor lagi hwakakak

      Delete
  4. Aku 2 kali sc juga mbak.... Dulu pas anak pertama, kasusnya nggak lair2 juga. Yang kedua...mutusin sc terencana. Semangat mb...ntar juga pulih kok! Yng penting anaknya sehat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sc terencana lebih siap ya mak...kayaknya mungkin anak kedua juga sc soalnya ada bakat keturunan bayi gede...iya mba...Alhamdulillah udah lumayan pulih cuman suka kerasa linu dikit...

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text