Thursday, 31 March 2016

Pilih Resepsi atau Kandegan?



Bagi masyarakat Tegal khususnya di pedesaan tentu tidak asing dengan tradisi kandegan. Namun seiring dengan waktu, perlahan-lahan masyarakat desa mulai mengenal resepsi atau prasmanan dalam hajatan mereka baik pernikahan maupun khitanan. Jadi postingan "Pilih resepsi atau kandegan" saya ingin menjelaskan tentangn kandegan dan resepsi. Siapa tahu bisa jadi alternatif saat hajatan nanti mau pilih kandegan atau resepsi?

Kandegan
            Kandegan ini biasanya dilakukan sebelum proses acara dimulai. Misalkan akad nikah hari Jumat maka kandegan dilaksanakan kamis sore. Atau bila acara khitan, kandegan dilakukan sebelum si anak sunat. Tamu yang datang biasanya di sguhi berbagai jajanan tradisional yang hanya ada saat hajatan. Seperti dodol, pipis,lapis , jenang dan lain sebagainya. Untuk minumnya sendiri di berikan teh manis panas.

            Nah, setelah selesai tamu akan berpamitan sambil bersalaman memberikan amplop yang berisi sejumlah uang. biasanya kisaran sekitar 20-50 ribu. Tuan rumah pun akan memberikan nasi berkat. Untuk nasi berkat sendiri biasanya tuan rumah meminta tolong tukang masak untuk memasak nasi berkat. Nasi berkat sendiri terdiri dari nasi dan ditasanya diberi sudi yang diisi dengan lauk pauk. Untuk lauk pauknya sendiri tidak ada pakemnya biasanya disesuaikan dengan budget yang punya hajat. Biasanya juga ada saudara yang membantu menyiapkan nasi berkat kalau orang Tegal namanya Sinoman.

Resepsi
            Saat ini pedesaan di Tegal mulai melirik resepsi saat hajatan. Baik itu hajatan pernikahan maupun khitan. Biasanya yang menyelenggarakan resepsi bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, Guru, Perkantoran atau yang memiliki banyak relasi. Resepsi sendiri menggunakan prasmanan self service. Tamu melayani diri sendiri untuk makannya. Untuk makanan bisa dipilih dua alternatif yaitu memasak sendiri atau menggunakan jasa katering.
            Untuk jasa katering biasanya akan diberikan beberapa pilihan harga dalam satu porsi piring. Bila undangan yang di undang 300 orang maka ada baiknya bila mmesan tiga kali lipat karena terkadang tamu undangan tidak datang sendirian. Kadang membawa pasangan, anak bahkan teman. Tapi apabila ada saung sebagai tambahan dan mengenyangkan juga maka bisa porsinya bisa dikurangi. Salah satu keunggulan katering sendiri adalah praktis. Karena biasanya dari katering sudah ada tenaga yang mengambil piring kotor dan membersihkannya.
            Bila memutuskan ingin memasak sendiri maka tuan rumah harus siap untuk mendelegasikan beberapa tugas seperti menjaga stand makanan, mengambil piring kotor dan lain sebagainya. Tentu saja semuanya tergantung selera tuan rumah ya.Kalau pengalaman saat pernikahan kemaren tetap menggunakan kandegan untuk tamu desa dan Resepsi untuk relasi saya dan orang tua. masing-masing punya plus dan minusnya.
            Mudah-mudahan postingan ini bisa bermanfaat ya. Yuk barangkali ada yang mau sharing tentang kebiasaan hajatan di daerah teman-teman.

10 comments:

  1. Klo aku milih pas resepsinya aja, udah sah gitu :D

    ReplyDelete
  2. kalo inget pas aku nikah ampun dj...mba ila termasuknya kota o mba jadi semuanya bisa sekalian resepsi. kalo desa ku tamunya belum bisa. btw ada cerita lucu seputar resepsi nanti dech kalo ketemu heheh

    ReplyDelete
  3. banyak tradisi ya kalau di daerah yang masih dipertahankan, gak seperti di koat memang lebih praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau disini hajatan bisa sampai tiga hari mba..pra acara, acara sampai selesai acara juga masih ada. Apalagi pernikahan..kapan-kapan saya sharing..

      Delete
  4. OO namanya kandegan y mba kalau disini mah namanya teh lupa tp masih ada aza yg kyk kandegan gtu.
    Salam kenal Mba widi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau disini kandegan kalau daerah selatan namanya kalau ga salah njagongan...salam kenal juga mba..tunggu kunjungan saya ya hehehe

      Delete
  5. kalo widya maunya pilih resepsi aja mbak. Hehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih praktis ya mbak widya,,,salam kenal..

      Delete
  6. Mba, aku baru dengar nama kandengan. Kalau resepsi terkesan ribet tapi iitu yang lebih sering dilakukan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal aslinya lebih ribet kandegan lho mba serius dech hehehe..

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text