Tuesday, 24 May 2016

Persiapan Menyambut Ramadhan



            Bulan Sya’ban segera berlalu dan itu tandanya bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia akan segera datang yaitu Bulan Ramadhan. Bulan yang sangat istimewa karena Allah “mengobral” pahala di bulan Ramadhan. SIapapun yang melaksanakan perbuatan sunnah maka Allah akan memberinya pahala ibadah wajib. Bahkan tidurpun mendapatkan pahala karena jauh lebuh baik daripada bergunjing. Bulan Ramadhan adalah bulan dimana Allah akan mengampuni umatnya yang meminta ampunan dan akan memberikan rahmat-Nya. Oleh karena itu untuk menyambut bulan yang sangat spesial ini, tentu kita harus bersiap diri kan? Nah, saya akan menuliskan disini Persiapan Menyambut Ramadhan.

            Jaga Kesehatan.
            Bulan Ramadhan bisa dikatakan juga dengan ibadah fisik. Dimana seseorang dalam keadaan berpuasa tapi harus tetap melakukan kegiatan fisik dan juga beribadah. Ada banyak ibadah sunnah yang hanya bisa dikerjakan di bulan Ramadhan dan itu membutuhkan fisik yang kuat. Salah satunya adalah sholat Taraweh. Tentu akan sangat sayang bila kita tidak bisa mengerjakan sholat taraweh karena tidak enak badan. Ramadhan tahun yang lalu kebetulan saya sedang hamil trimester ketiga dan mengalami kaki bengkak. Tidak hanya bengkak ternyata di ibu jari kaki terdapat luka yang bernanah. Hal ini bener-benar menyiksa saya saat sholat Taraweh. Hingga akhirnya saya hanya bisa mengerjakan Sholat Taraweh di rumah. Saya pun jadi mulai bersyukur betapa nikmatnya bila bisa sholat taraweh dalam keadaan sehat. Jadi jaga kesehatan ya. teman!
            Siapkan Keuangan.
            Saya pernah mendengarkan ceramah seorang ustad, sayangnya saya lupa nama beliau. Bahwa ada salah seorang muslim pada jaman sahabat Rasulullah bekerja siang malam selama sebelas bulan. Namun saat Ramadhan datang, dia sama sekali tidak bekerja dan hanya beritikaf di masjid dan rajin bersedekah. Hal ini dia lakukan karena tidak ingin merasa sia-sia melewatkan Ramadhan begitu saja. Jadi ada baiknya selama sebelas bulan kita mencari nafkah sisihkan pendapatan kita untuk memperbanyak sedkah di bulan Ramadhan. Syukur- syukur bisa fokus beribadah. Jadi bukan hanya mengumpulkan uang buat beli baju lebaran ya, tapi juga buat memperbanyak sedekah.
            Cuci Bersih Peralatan Sholat
            Ini sbenarnya kebiasaan mama saya yang selalu mencuci semua mukena, sajadah dan sarung yang digunakan untuk sholat. Sehingga saat akan mulai sholat taraweh peralatan sholat menjadi wangi dan tidak bau. Ini juga sebagai bentuk rasa bahagia menyambut Ramadhan.
            Beberes Rumah
            Saya pernah mendengar ceramah yang mengatakan bahwa selama ini kita telah salah kaprah. Biasanya kita beberes rumah saat akan menyambut lebaran. Padahal para sahabat Rasulullah membersihkan rumah mereka saat menyambut bulan Ramadhan. Karena mereka merasa sangat bahagia dan kebersihan sebagian dari iman. Mereka justru akan sangat bersedih saat Ramadhan akan segera pergi.
            Persiapan Menu Buka Puasa dan Sahur
            Nah, kayaknya setiap ibu rumah tangga pasti biasanya mempersiapkan menu saat Ramadhan telah tiba. Biasanya akan dipersiapkan per mingguan ya. Persiapan menu juga memudahkan kita untuk berbelanja dan memasak, sehingga tidak mengurangi waktu kita untuk beribadah di bulan Ramadhan.
            Target Ibadah.
            Seperti yang disebutkan diatas bahwa Ramadhan adalah bulan dimana umat muslim berlomba-lomba mencari pahala dan rahmat Allah SWT. Oleh karena itu ada baiknya kita memiliki target dalam beribadah. Contonya : Khatam Al-qur’an selama tujuh hari dan berlanjut terus sampai Ramadhan usai, Sholat tahajud sebelum sahur, dan lain sebagainya. Dengan adanya target ibadah maka kita pun jadi bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

            Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat ya. Selamat menyambut bulan Ramadhan mohom maaf apabila saya pemilik blog www.widhie.com pernah melakukan kesalahan dalam memposting sesuatu atau kesalahan yang lain. Semoga kita semua bisa terus sehat dan dipertemukan dengan Ramadhan. Amiin. Oiya, buat teman-teman sendiri ada persiapan apa dalam menyambut Ramadhan?

14 comments:

  1. Sama2 ya mbak.. Mohon maaf juga kalau ada salah2 kata dan perbuatan. Persiapan Ramadannya hampir2 mirip, Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama ya mba yanti...mudah-mudahan sehat dalam menjalankan ibdah puasa...

      Delete
  2. Sama2, mba. Maaf lahir batin juga. btw, kita makan2 yuk sebelum puasa :D

    ReplyDelete
  3. Selamat menyambut ramadhan, mbaaak.. Nanti tetap menyusui kan mbak? Puasa juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah mba tetep menyeusui...nanti pas malam ngemil buat stok ASI heheh..udah Mpasi jadi ga terlalu berat di ASI..

      Delete
  4. Paling utama itu fokus target untuk ibadah ya, mba
    Smoga ibadah kali ini menjaid lebih penuh makna dan tak lewat begitu saja. Makaish tulisannya mba

    ReplyDelete
  5. Saya juga biasanya beres-beres rumah, menjelang hari raya .. hi..hi..
    Tapi bulan ini, akan saya ubah. Saya ikut beres-beres menjelang Ramadhan, deh!
    Semoga kita sehat terus dan bisa menjalani Ramadhan tahun ini ya.. aamiin.
    Maaf lahir bathin juga ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi menjelang Lebaran juga beres-beres lagi hehehe..Amin...Sama-sama ya mba..makasih sudah mampir..

      Delete
  6. Ramadhan sdh di ambang pintu ya, Mba? Mari bersihkan diri menyambut.bulan suci. Maaf lahir batin juga, Mba. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada umi alaika abdullah...makasih sudah mampir kesini..sama-sama umi..

      Delete
  7. Sudah bisa dihitung jari utk mnyambut ramadhan.
    Sama2 mbak. Klo mungkin ada kkhilafan dri saya mohon maklum ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sudah di depan mata...suasananya juga mulai terasa..sama-sama mba..

      Delete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text