Friday, 10 June 2016

Cegah Ruam Merah dengan Bedak Bayi

            Mom’s suka panik ga bila si kecil tiba-tiba rewel dan tidurnya tidak tenang? Saya dulu sempat bingung menghadapi Umar yang kadang rewel dan tidurnya tidak tenang. Ternyata ada ruam-ruam merah di daerah selangkangan dan juga di belakang leher. Rupanya udara panas membuat Umar berkeringat dan akhirnya lehernya menjadi gatal. Beruntung untuk masalah ruam-ruam merah ada bedak bayi yang dapat mengatasinya.
            Sebenarnya apa ya ruam-ruam merah itu?
            Mom’s ada banyak penyebab timbulnya ruam merah pada bayi. Ada yang karena alergi tapi ada juga karena penyebab lainnya. Contohnya saat ruam popok itu penyebabnya bisa karena saat buang air besar tidak langsung dibersihkan atau kurang bersih saat membersihkan. Sedangkan ruam merah lainnya bisa juga biang keringat seperti yang dialami oleh Umar. Biang keringat biasanya ada di sekitar punggung, leher dan kadang di sekitar dahi. Karena Tegal panas dan saya tidak menggunakan AC maka akan sangat mudah sekali bagi Umar untuk terkena biang keringat. Belum lagi terkadang Umar terkena ruam popok bila saya teledor lupa mengecek diapernya.
            Tapi mom’s masalah kulit tersebut sudah tidak terlalu saya khawatirkan lagi. Berikut beberapa tips mencegah biang keringat dan Ruam popok pada anak.
1. Mandi dua kali sehari.
Hal ini tentu menjadi sesuatu hal yang wajib ya mom’s. Karena mandi selain membersihkan badan juga akan memberikan kesegaran pada bayi. Biasanya saat badan Umar sudah kering maka saya akan mengusapkan bedak bayi yang dapat mencegah biang keringat. Tentu saja saya mencari yang memiliki formula tanpa bahan pewarna, talc murni dan memiliki wangi yang lembut dan menyegarkan. Formula ini terdapat di JOHNSON’S® baby powder . Sehingga Umar bisa segar dan bisa bermain tanpa harus takut biang keringat.

2. Ganti sprei seminggu sekali.
Berhubung Tegal sangat panas dan Umar gampang sekali berkeringat maka sprei harus sering diganti agar bakteri tidak bisa berkembang dengan cepat. Jangan lupa setiap mau tidur bersihkan kasur terlebih dahulu.
3. Ganti pakain saat akan tidur.
Terkadang saya mengganti pakaian Umar apabila dirasa Umar sudah berkeringat terlalu banyak. Saya akan memilih baju dengan bahan yang dapat menyerap keringat. Tidak lupa sebelum tidur saya usapkan lagi bedak bayi agar Umar tetap nyaman saat tidur. Sebenarnya akan lebih pas lagi dengan mandi sebelum tidur atau mewashlap badannya agar bersih dan segar. Namun terkadang Umar sudah keburu ngantuk jadi kadang saya skip.
4. cek suhu ruangan.
Karena Tegal termasuk panas, maka biasanya saya usahakan menyalakan kipas tanpa harus diarahkan ke Umar. Hal ini agar suhu dalam kamar tidak terlalu panas. Doakan saja mudah-mudahan segera dapat membeli AC ya mom’s J
5. Ganti diaper
Sering mengecek diaper dan menggantinya salah satu cara mencegah ruam popok. Ruam popok sendiri salah satu masalah kulit pada bayi yang lumayan menggangu sama seperti biang keringat. Untuk ruam popok biasanya setelah membersihkan Umar saya akan usapkan lagi JOHNSON’S® baby powder di bagian pantat dan selangkangan agar terhindar dari iritasi.
Mom’s jangan lupa juga perhatikan cara aman menggunakan bedak bayi ya. bedak di taruh di telapak tangan dan baru diusapkan ke kulit bayi dengan tangan. Jangan langsung di taruh di badan bayi karena takut akan terhirup oleh bayi dan menjadi batuk. Jadi selalu pastikan ada bedak bayi di peralatan si kecil ya mom’s. Karena selain mencegah iritasi juga kulit si kecil menjadi lebih lembut.

3 comments:

  1. wah makasiinfonya, anakku juga pakai bedaknya buat badan saja.

    ReplyDelete
  2. huum mba..aturannya memang demikian...makasih sudah mampir..

    ReplyDelete
  3. iya mba... bedak memang bisa ngilangin ruam, tapi sayanya jarang pakai,. he... untuk muka bayi apalagi. Bintang dan Zizi jarang sekali kami kasih bedak. Jadilah bedak hanya disentuh sesekali saat mau bepergian atau pas lagi ada nenek

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text