Thursday, 14 July 2016

Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Mudah


            Kebersihan  gigi dan mulut terkadang kurang diperhatikan oleh sebagian orang. Padahal jika kesehatan gigi dan mulut terganggu bisa berakibat fatal lho. Terkadang gigi yang berlubang meskipun sedikit dapat membuat kita tidak berdaya di tempat tidur. Karena jika sudah terkena syaraf, seluruh badan bisa ikut merasakan sakit. Sedangkan bila kita bau mulut, tentu akan mengganggu lawan bicara. Apalagi yang bekerja mengharuskan berinteraksi dengan klien dan banyak orang. Hal ini tentu sangat menggangu. Trauma dengan sakit gigi akhirnya saya belajar cara menjaga kebersihan gigi dan mulut.
            Ada banyak kebiasaan sederhana untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Ada banyak masalah yang ditimbulkan bila tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut, bukan hanya gigi berlubang, tapi juga bisa plak gigi, gigi rapuh dan lain sebagainya. Tidak harus mengeluarkan budget yang berlebih. Hanya perlu konsisten dalam menjaga pola hidup umtuk membersihkan gigi.
            Jangan Lupa Membersihkan Lidah
            Jujur dech kadang kita suka kelupaan bahwa lidah juga ternyata harus di bersihkan lho. Apalagi yang mengalami bau mulut rasanya perlu untuk mulai menyikat lidah. Membersihkan lidah bisa dengan menggunakan alat khusus atau pun dengan sikat gigi yang lembut. Kenapa harus membersihkan lidah? Karena lidah juga merupakan tempat berkumpulnya bakteri di mulut. Jadi salah satu cara untuk membersihkan mulut adalah dengan rajin membersihkan lidah.
            Hindari Makanan Manis.
            Salah satu hal yang kadang sulit ditinggalkan adalah minuman dan makanan yang manis. Teman teh manis hangat ya terkadang cemilan manis hehehe. Ternyata makanan manis lah salah satu penyebab dari plak gigi. Apalagi bila makanan manis sebelum tidur, bukan sekedar plak tapi juga bisa memicu gigi berlubang. Jadi ada baiknya bila memang harus minum atau makanan manis. Sesudahnya berkumur dengan air. Hal ini dilakukan agar sisa makanan manis tidak tertinggal di gigi.
            Berkumur dengan Mouthwash
            Saat ini membersihkan gigi dengan menyikat gigi saja tidak lah cukup. Karena terkadang ada sisa makanan yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Selain itu berkumur dengan mouthwash juga membantu dalam menjaga kebersihan gigi. Selain itu, mouthwash juga dapat menjaga kebersihan mulut sehingga tidak akan terkena bau mulut. Carilah mouthwash yang memiliki kandungan Eucalyptol, Menthol, Methyl Salicylate, Thymol, Sodium Fluoride, Zinc Chloride yang akan membantu memperkuat gigi dan melindungi dari bakteri penyebab penyebab plak dan bau mulut. Salah satu produk yang mungkin bisa menjadi alternative adalah LISTERINE® TEETH AND GUM DEFENCE. Gunakan mouthwash ini setelah sikat gigi untuk hasil yang baik dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut.

            Rajin periksa ke dentist
            Salah satu momok yang paling menakutkan adalah menemui dentist atau dokter gigi. Percaya dech bukan cuman anak kecil yang takut, bahkan laki-laki gagah perkasa pun kadang suka takut ke dokter gigi hehehe. Hal ini dikarenakan kita menemui dokter gigi saat sakit gigi dan harus melalui treatment yang kadang menyakitkan. Cobalah untuk rutin memeriksakan gigi paling tidak enam bulan sekali untuk menjaga kebersihan gigi sehingga tidak akan terjadi masalah gigi. Apalagi saat ini dokter gigi juga masuk dalam klaim BPJS, jadi tidak ada halangan untuk rutin ke dokter gigi ya.
            Jangan lupa sikat gigi sebelum tidur
           Salah satu hal yang sepele tapi terlupakan adalah membiasakan diri sikat gigi sebelum tidur. Manfaat sikat gigi sebelum tidur adalah membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi yang dapat membuat gigi berlubang. Kebiasaan ini memang seharusnya dimulai sejak kecil. Karena jika sudah terbiasa dan konsisten akan membuat gigi dan mulut bersih sehingga dapat terhindar dari permasalahan gigi dan bau mulut.
            Cara menjaga kebersihan gigi dan mulut diatas sebenarnya tidak akan efektif bila tidak ada niat dan konsisten dalam melakukan hal tersebut. Terkadang saat merasakan gigi bermasalah, kita jadi rajin membersihkan gigi dan mulut. Tapi bila gigi sudah baikan, maka pola membersihkan gigi jadi amburadul.
            Oiya, buat teman-teman sendiri punya cara yang lain kah untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut?sharing yuk. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat ya.

4 comments:

  1. Sikat gigi sebelum tidur itu penting banget ya, mba. Karena kalo udah kerasa sakit baru nyadar dampaknya, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba apalagi kalau habis sikat gigi kumur pake mouthwash lebih mantap lagi..cuman itu kalau udah sembuh lupa lagi hwakakak

      Delete
  2. Ini yang sering lupa bersihkan lidah. Jujur gak pernah banget Mbak :D makasih infonya jadi tau deh.

    ReplyDelete
  3. Ini yang sering lupa bersihkan lidah. Jujur gak pernah banget Mbak :D makasih infonya jadi tau deh.

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text