Tuesday, 27 September 2016

Tips Persiapan Untuk Melahirkan



            Setahun yang lalu di awal September 2015, saya sempet baper gara-gara bingung dalam persiapan untuk melahirkan. Karena anak pertama segala sesuatunya rasanya ada yang kurang dan harus dibeli semua. Beruntungnya ada mama yang membanu dalam mempersiapkan proses melahirkan. Jadi lumayan agak tenang. Tapi buat calon ibu rasanya juga harus tahu beberapa item yang kudu wajib ada untuk menyambut buah hati.
            Ini sharing pengalaman saya sewaktu pertama kali melahirkan ya, jadi memang semua persiapan rata-rata di beli karena ga ada yang dilungsur hehehe. saya bagi jadi dua bagian ya mom’s, kebutuhan sang ibu dan kebutuhan bayi. Karena memang kebutuhan sang ibu pun tak kalah rempong. Yuk cekidot!

            Kebutuhan sang Ibu
·         Baju Menyusui
Percayalah baju modis akan jadi ga berguna kalau ga ramah dengan ibu menyusui. Apalagi kalau masih di rumah sakit dan memang niat ASI Eksklusif. Carilah baju yang nyaman di pakai dan menyerap keringat dan juga ancing depan untuk memudahkan mom’s memberikan ASI.

·         BH khusus menyusui
Sebenarnya sewaktu melahirkan saya membeli barang ini, hanya saja entah kenapa ujung-ujungnya ya manual hehehe. Tapi ada juga beberapa ibu yang nyaman menggunakan BH ini untu menyusui bayinya agar lebih mudah dan sang bayi pun nyaman.

·         Pembalut Nifas
Pembalut nifas barang wajib yang harus ada di list persiapan melahirkan. Entah melahirkan secara normal atau SC, pasti membutuhkan pembalut nifas. Kalau pembalut biasa ga bisa?ya bisa tapi lebih nyaman menggunakan khusus nifas kalau menurut saya.

·         Gurita/Sagen
Tadinya saya pikir stagen itu ga ada dalam ilmu kedokteran. Tapi kok ya pas saya akan melahirkan SC perawat meminta untuk mempersiapkan salah satunya gurita. Ternyata menurut perawat gurita ini dimaksudkan agar perut kembali semula ga bergelambir. Dan memang dibolehkan kok. Tapi entah kenapa ga ada yang pas buat ngikat gurita yang saya pakai kecuali mba perawatnya. 
·         Penutup ASI
Saya lupa namanya tapi penutup ASI ini sangat pas bila harus menyusui sang bayi tapi masih ada tamu. Sehingga sang bayi tetap kenyang dan kita pun jadi ga risih.

·         Breast Pump
Breast Pump atau pompa ASI ini sebenarnya masih bagian kebutuhan ibu kalau menurut saya. Karena biasanya payudara akan penuh dengan ASI dan harus dikeluarkan. Pompa ASI tidak harus dimiliki oleh working mom ya. Ibu Rumah Tangga pun boleh juga memompa ASInya. Karena seorang ibu baru bisa juga kelelahan dan butuh istirahat. selagi istirahat Bayi masih bsia diberi ASI.

            Kebutuhan Bayi
·         Pakaian Bayi
Pakaian Bayi ini termasuk baju, popok kain, dan bedong ya. Kalau saran saya sech cukup sediakan dua lusin aja karena bayi tuh cepet banget gedenya. Sayang kalau beli banyakbanyak aku ga kepake juga kan.

·         Perlengkapan Mandi Bayi
Ini yang harus diperhatikan adalah kulit bayi itu lembut dan ada yang sensisiif luar biasa. hal sepele memang tapi ada baiknya mom’s cari tahu tentang perlengkapan mandi bayi. Mungkin mom’s bisa gunakan JOHNSON’S® baby 2in1 TOP-TO-TOE® agar kuli bayi yang baru lahir tetap terjaga kelembutannya. Umar anak saya pun sampai usia dua belas bulan menggunakan produk Johnson untuk sabun mandinya karena wanginya lembut dan kulit baby jadi lembut. 

·         Tempat Tidur Bayi
Ini mungkin bisa dijadikan alternative saja ya. Bisa menggunakan box bayi atau satu kasur dengan sang ibu. Walaupun sau kasur pastilah bayi harus memiliki empat tidur khusus yang bisa diletakan di kasur utama agar tetap terjaga kebersihannya dan juga memudahkan sang ibu dalam menyusui.
            Itu tadi beberapa tips persiapan untuk melahirkan bai ibu dan baby. Semoga postingan ini bisa membantu para calon ibu yang sedang menanti kelahiran buah hati atau pun juga bisa menjadi pengetahuan bagi yang lainnya. Semoga bermanfaat ya…oiya kalau persiapan melahirkan mom’s yang lain apa aja?
Baca : Disclosure
             

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text